Apple Beli Perusahaan Sensor Kinect Rp 4,2 Triliun

Jakarta - Rumor itu jadi kenyataan. Apple akhirnya membeli PrimeSense, perusahaan yang memasok komponen sensor gerak Kinect, dengan mahar akuisisi senilai USD 350 juta hingga USD 360 juta, atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 4,2 triliun.

Seperti diketahui, sensor gerak besutan PrimeSense yang digunakan oleh Kinect memungkinkan gamer pengguna Xbox 360 memainkan game dengan hanya mengandalkan gerakan tubuhnya.


Belum jelas apa yang bakal dilakukan Apple pada teknologi penangkap gerak ini, namun seperti detikINET kutip dari The Register, Senin (25/11/2103), dugaan mengarah pada Smart TV terbaru yang tengah dikembangkannya.


Selain sensor gerak, PrimeSense juga memiliki sebuah teknologi 3D motion-sensing yang dikemasnya dalam SoC (System on Chip) dengan sebutan Capri. Layaknya fitur Air Gesture milik Samsung, Capri juga memungkinkan pengguna iPad misalnya, untuk mengoperasikan perangkatnya tanpa menyentuhnya.


Mengingat butuh kurang-lebih setahun bagi Apple untuk menyematkan teknologi pemindai sidik jari pada iPhone 5S hasil akuisisinya terhadap AuthenTec,--Juli 2012 silam, Capri diprediksi baru akan hadir pada perangkat terbaru Apple sekitar akhir 2104.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!