Google Now Tampil di Semua Aplikasi Android

Jakarta - Pengguna Android pasti sudah tak asing lagi dengan fitur Google Now. Asisten pribadi digital milik Google ini bisa membantu pengguna mencari informasi yang dibutuhkan hanya dengan berbicara. Nah, ke depannya fitur ini disebut bakal tertanam di semua aplikasi Android.

Dikatakan demikian karena Google kabarnya baru saja merilis developer kit yang memungkinkan hal tersebut. Jadi dengan developer kit baru dari Google ini, pengembang aplikasi bakal bisa menambahkan informasi soal aplikasinya di fitur Google Now.


Keuntungannya adalah pengguna jadi bisa membuka aplikasi hanya dengan mengucapkannya lewat Google Now. Kelebihan lainnya adalah kotak isian Google Now dimungkinkan tampil di layar aplikasi. Sayang belum ada kepastian kapan kira-kira fitur ini bakal hadir di Android.


Tapi bila akhirnya terwujud, Google Now bisa jadi semacam one stop shop yang bisa menjawab semua kebutuhan pengguna untuk mencari informasi apapun. Tinggal sebut keyword yang diinginkan, Google Now akan langsung mencarinya, apakah itu aplikasi yang sudah terinstal, atau mencari informasinya ke internet bila tak ditemukan.


Google Now sendiri sejatinya adalah jawaban Google terhadap asisten pribadi digital Siri milik Apple. Tapi seiring waktu Microsoft juga mengembangkan hal serupa yang dinamai Cortana. Bahkan Cortana dianggap sebagai asisten digital pribadi terbaik karena pengenalan natural language yang jauh lebih baik dibanding kedua pesaingnya yang duluan hadir.


Sementara itu BlackBerry juga tak mau kalah, perusahaan Kanada ini belum lama mengumumkan asisten pribadi digital buatannya yang diberi nama BlackBerry Assistant.


(yud/ash)