Siapa yang Kangen? Yuk, Nonton Tayangan TV Jadul

Jakarta - Bentuk dan teknologi televisi terus berubah dari masa ke masa. Hingga tahun 2007, televisi CRT atau sering disebut dengan TV tabung masih merajai penjualan televisi, hingga akhirnya disalip oleh LCD, yang lebih langsing dan hemat daya.

Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan televisi jadul, dengan bentuk antik nan unik, sepertinya mydecadetv.com adalah situs yang layak untuk dicoba. My Decade TV adalah sebuah situs yang mensimulasikan pengalaman menonton video menggunakan televisi jadul.


My Decade TV terdiri dari tiga situs, yaitu my70stv, my80stv, dan my90stv. Ketiganya merepresentasikan pengalaman menonton televisi dari zaman yang berbeda, '70an, '80an, dan '90an.


Tak sekadar tampilan televisinya yang jadul, konten videonya yang berasal dari YouTube pun disesuaikan dengan zaman yang dipilih. Bahkan setiap perpindahan antara channel televisi pun diselingi dengan efek noise ala TV jadul.


Untuk bernavigasi di situs ini, pengguna bisa menekan huruf-huruf tertentu di keyboard, ataupun menggunakan mouse. Dan khusus untuk versi tahun 70an, penggunanya bisa memilih antara tayangan berwarna ataupun hitam putih dengan menekan tombol BW.


Pembuatnya adalah Joey Cato, yang juga bekerja sebagai enginering antarmuka Netflix. Cato, di situsnya, menulis bahwa My Decade TV dibuat untuk menghormati memori pop culture yang terjadi di masa lampau.


Sayangnya untuk saat ini situs ini baru bisa diakses menggunakan browser desktop, dan belum mendukung browser perangkat mobile.


(asj/ash)