AMD Mantle Bikin Kartu Grafis Lebih Bertenaga

Bogor - Kabar baik bagi para gamer yang berkantong pas-pasan. AMD tengah mengembangkan platform untuk membuat kartu grafis lebih bertenaga, meskipun kartu itu bukan yang tercanggih di pasaran saat ini.

"Bahkan pada kartu grafis mid-end pun, peningkatan kinerjanya terasa sangat signifikan dengan implementasi AMD Mantle," kata Alva Jonathan, PC Tech Entusiast yang dihadirkan AMD dalam acara AMD Media Day di Highland Park Resort, Bogor.


Seperti diketahui AMD Mantle merupakan platform API (Aplication Programming Interface) terbaru besutan AMD yang disebut-sebut mampu meningkatkan kinerja kartu grafis saat menjalankan game. Meski begitu AMD Mantle ternyata memberikan syarat agar platform API ini dapat berjalan.


Seperti dijelaskan Alva, platform API AMD Mantle saat ini hanya dapat dijalankan oleh kartu grafis berteknologi GCN (Graphics Core Next). Dalam hal ini adalah kartu grafis seri HD 7000 serta generasi terbaru R7 dan R9.


Itupun tidak semua kartu grafis seri HD 7000 yang didukung, tercatat hanya yang telah berbasis GCN yakni seri HD7700 keatas saja yang mendukung. Sedangkan untuk Radeon seri R, hanya didukung oleh tipe R7 260X ke atas.


"Platform API AMD Mantle saat ini hanya akan berjalan optimal pada kartu grafis berteknologi GCN. Peningkatan yang mampu disuguhkannya mencapai 20% hingga 100% lebih baik dibandingkan tanpa mengandalkan AMD Mantle," ujarnya.


Alva juga menambahkan peningkatan performa 20% hingga 100% sifatnya masih tentatif, karena semuanya kembali pada pengembang game yang dapat memanfaatkan kelebihan AMD Mantle secara optimal dalam engine game yang digunakannya.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!