Benahi 3G, Indosat Belum Berani Jor-joran di 4G

Balikpapan - Dibandingkan para kompetitornya, Indosat kelihatan yang paling kalem menggelar layanan konektivitas 4G. Meski demikian, anak usaha Ooredoo dari Qatar itu mengaku sudah sangat siap.

"Kita sudah mulai modernisasi jaringan dari 2012. Dari sisi kesiapan kita paling siap. Kenapa gak jor-joran karena kita fokus dulu di 3G," kata Adrian Prasanto Division Head of Public Relation Indosat saat drive test jaringan Indosat di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Dikatakan Pras, demikian dia biasa disapa, Indosat memilih tak memaksakan diri karena dalam jaringan 900 MHz, kecepatan maksimal yang bisa didapat hanya 35 Mbps. Sementara dengan jaringan 3G berteknologi U900 dan DC-HSPA+ miliknya diklaim Indosat tembus sampai 42 Mbps.


"Di 4G barriernya antara lain handsetnya harus kompatibel, SIM card-nya ganti, kemudian di 1.800 MHz itu baru mau ditata. Kita lihat dulu. Begitu 1.800 MHz selesai ditata, sesegera mungkin kita roll out. Kita Insya Allah siap," ujar Pras mantap.


Indosat juga memastikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi besar-besaran ke jaringan 4G LTE saat frekuensi 1.800 MHz bisa digunakan. Setelah menggelar 4G LTE di Jakarta Desember tahun lalu, Indosat pun siap merangkul sebanyak-banyaknya pengguna untuk beralih ke konektivitas generasi keempat tersebut.


"Kuartal dua ini kita akan gelar di Bali dan Jogja. Sekitar dekat-dekat bulan depan kita sudah siapkan," kata Pras lagi.


Desember lalu, saat resmi mengkomersilkan 4G LTE, President Director sekaligus CEO Indosat Alexander Rusli memastikan kesiapan jaringannya.Next


(rns/rou)