Diuji Benchmark, HTC One M9 Paling Panas

Jakarta - Isu suhu berlebih yang mendera prosesor Snapdragon 810 mungkin ada benarnya. HTC One M9 -- yang menggunakan prosesor buatan Qualcomm itu -- mencapai suhu 55,4 derajat celcius dalam sebuah uji benchmark.

Pengujinya adalah orang-orang di balik situs asal Belanda bernama Tweakers, yang menyatakan bahwa mereka mem-benchmark dan melakukan stress test terhadap sejumlah ponsel flagship yang ada di pasaran.


Dalam pengujian itu, One M9 menjadi ponsel yang paling panas dengan suhu 55,4 derajat celcius. Itu 13 derajat Celcius lebih panas dibanding LG G3, yang ada di posisi kedua.


Sementara yang paling adem adalah Galaxy Note 4 dengan suhu 37,8 derajat celcius. Meski tak disebutkan Galaxy Note 4 versi prosesor mana yang digunakan dalam pengujian tersebut.


Namun perlu dicatat, dalam pengujian seperti ini, ponsel-ponsel tersebut menjalankan aplikasi GFXBench. Aplikasi tersebut bisa memaksa ponsel untuk mencapai titik performa tertingginya -- termasuk suhu maksimal tentunya.


Titik tersebut tak akan bisa dicapai oleh aplikasi yang dijalankan sehari-hari dalam pemakaian normal, termasuk game berat 3D seperti Asphalt 8 atau Assassin's Creed: Pirates.


HTC One M9 -- masih dalam pengujian yang sama -- hanya menyentuh suhu 38 derajat celcius ketika dipakai memainkan game tersebut.


Menanggapi hal ini, Jeff Gordon, Senior Global Online Communications Manager HTC, melalui akun Twitternya menyatakan bahwa saat ini software yang digunakan oleh ponsel teranyarnya itu belumlah final.


"Software HTC One M9 belum final, tak peduli berapa banyak uji benchmark pre rilis yang kamu lakukan," kicau Gordon melalui akun @urbanstrata, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Selasa (17/3/2015).


Pernyataan Gordon ini sejalan dengan kabar terbaru mengenai waktu perilisan ponsel berbodi metal itu, yang kabarnya akan tertunda karena ada permasalahan di segi software.

(asj/ash)