Apa Hebatnya Prosesor 14nm Galaxy S6?

Barcelona - Galaxy S6 tak cuma menggebrak dari segi desain, ponsel jagoan Samsung ini juga menjadi ponsel pertama yang menggunakan prosesor mobile dengan fabrikasi 14nm berplatform 64 bit.

Pemilihan prosesor tersebut tentunya bukan sekadar rayuan iklan. Sebab bakal ada pengaruhnya pada penggunaan keseharian.


Menurut Gadget Enthusiast Lucky Sebastian, otomatis Galaxy S6 membawa era baru dalam prosesor mobile. Sebab sebelumnya, perangkat genggam masih dibenamkan oleh prosesor dengan fabrikasi 20nm dan 28nm.


"Dengan arsitektur yang lebih kecil (14nm), maka tempat yang digunakan untuk prosesor ini juga lebih kecil dan maksimal," kata Lucky saat ditemui detikINET di sela peluncuran Galaxy S6 di Centre de Convencions Internacional de Barcelona.


Imbasnya adalah penggunaan baterai bakal lebih irit. Jadi misalnya kalau dibandingkan ada baterai yang sama-sama menggunakan kapsitas 2.000 mAh tetapi punya dua fabrikasi prosesor berbeda -- misalkan 14nm dan 20nm -- maka yang bakal lebih irit adalah yang 14nm.


Peningkatan juga termasuk untuk urusan performa ponsel. Lucky memberikan analogi yaitu ketika kita coba berjalan dari ruangan A ke ruangan B. Nah, kalau ruangannya lebih kecil maka jalannya juga lebih cepat.


"Sama seperti prosesor berasitektur 14nm maka performanya bakal lebih meningkat karena jarak yang lebih pendek untuk berpindah dari A ke B, sehingga proses komputasi jadi lebih cepat," papar Lucky. Next


(ash/asj)