Perlu Memori Besar di Ponsel? Nih, Ada MicroSD 200 GB

Barcelona - Kapasitas memori internal ponsel Anda masih terasa kurang besar? Tak perlu khawatir, sekarang ada kartu microSD yang sanggup menampung data seukuran rata-rata hardisk komputer saat ini.

Sandisk baru saja mengumumkan kartu microSD dengan kapasitas terbesar di dunia hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, kartu microSD yang dirilis oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki kapasitas 200 GB.


Pengumuman microSD yang bernama SanDisk Ultra microSDXC UHS-I ini dilakukan bertepatan dengan ajang Mobile World Congress 2015 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.


Masih hangat dalam ingatan kita ketika di tahun lalu, SanDisk berhasil memecahkan rekor dengan merilis kartu microSD dengan kapasitas terbesar di kala itu, yakni 128 GB SanDisk Ultra MicroSDXC.


Di zaman serba canggih seperti saat ini, kebutuhan data pun semakin meningkat. Tak heran banyak pengguna smartphone yang lantas membutuhkan kartu microSD dengan kapasitas yang besar. Dari 128 GB tadi, SanDisk kemudian meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 56% pada kartu microSD terbarunya ini.


"Kartu microSD edisi premium ini menggabungkan kapasitas tertinggi di dunia dengan kecepatan transfer hingga 90 MB/s untuk menghadirkan performa yang menganggumkan. Dengan kecepatan transfer yang ditawarkan, pengguna bisa memindahkan 1.200 foto per menit," demikian SanDisk seperti detikINET kutip dari keterangannya, Selasa (3/3/2015).


Pun punya kapasitas yang sangat besar, namun sepertinya SanDisk terlalu terburu-buru untuk merilis microSD ini. Ya, pasalnya smartphone yang beredar di pasaran saat ini hanya mampu mendukung kartu microSD up to 128 GB saja. Kalau pun ada, mungkin hanya beberapa smartphone saja yang mendukung.


Kendati demikian, bagi Anda yang penasaran dan ingin menjajal kartu microSD 200 GB terbaru SanDisk ini, Anda cukup merogoh kocek USD 399 atau sekitar Rp 5,2 juta. Rencananya SanDisk akan merilis kartu microSD 200 GB-nya secara global pada kuartal kedua 2015 ini.


(rou/rou)