Orang Indonesia Rata-rata Habis Rp 825 Ribu Buat Belanja Online

Jakarta - Industri e-commerce di Indonesia kian tumbuh pesat dan sedang hangat-hangatnya. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 88,1 juta orang, pasar e-commerce di Tanah Air tentunya menjadi ceruk yang sangat menggoda.

Pertumbuhan ini didukung dengan sebuah riset yang belum lama ini dilakukan perusahaan riset Brand & Marketing Institute (BMI) Research di Indonesia.
Riset ini dilakukan di 10 kota dengan 1.213 responden berusia 18 hingga 45 tahun.

Hasilnya, BMI Research mencatat bahwa rata-rata pengeluaran belanja online orang Indonesia dalam setahun mencapai Rp 825.000 per orang. Angka ini diproyeksi masih akan terus bertambah.

Tahun lalu, nilai transaksi belanja online orang Indonesia mencapai Rp 21 triliun. Angka ini diproyeksi akan meningkat di tahun 2015 hingga mencapai Rp 50 triliun atau melonjak lebih dari dua kali lipat.

Sementara penelitian yang diprakarsai oleh Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres), nilai pasar e-commerce di Indonesia dari yang tadinya cuma sekitar Rp 94,5 triliun pada 2013 bisa melonjak tiga kali lipat mencapai Rp 295 triliun pada 2016.

Pembanding Harga

Meskipun nilai transaksinya terbilang besar, namun menurut data yang diungkap Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 46,7% konsumen online di Indonesia melakukan penelitian terlebih dulu sebelum membeli produk di toko online. Next

(rou/rou)