Microsoft Bujuk HTC Demi Windows Phone

Jakarta - Dengan diakusisinya Nokia oleh Microsoft muncul beberapa pertanyaan, bagaimanakah nasib para produsen ponsel Windows Phone lainnya?

Di luar Nokia, HTC, Samsung dan Huawei adalah tiga merek besar yang selama ini menyokong eksistensi Windows Phone. Namun ketiga kini disinyalir mulai mengurangi pasokan Windows Phone mereka.


Meski sudah memiliki Nokia, namun Microsoft belum mau kehilangan para rekanan mereka yang juga ikut memasarkan Windows Phone. Laporan terbaru bahkan menyebutkan bahwa perusahaan asal Redmond itu tengah membujuk HTC untuk terus memproduksi Windows Phone.


Sebagai konpensasi ketersediaan HTC, Microsoft rela untuk membebaskan vendor asal Taiwan itu dari fee penggunaan lisensi Windows Phone.


Seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Sabtu (5/10/2013), Microsoft juga dilaporkan meminta HTC untuk menempatkan Windows Phone sebagai pilihan kedua setelah Android.


Artinya, bisa saja HTC One yang selama ini memakai Android akan tersedia varian lain yang menggunakan Windows Phone. Sistem operasi besutan Microsoft tersebut sejauh ini hanya memiliki sekitar 3,7% dari total market share smartphone. Jauh dibandingkan dengan Android yang menyentuh angka 79% dan iOS 13%.


(eno/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!