Fasilitas ICT KTT APEC Bali Setara Olimpiade London

Nusa Dua, Bali - Panitia penyelenggara KTT APEC 2013 benar-benar ingin membuat event dunia yang digelar di Bali ini berkesan dan lebih baik dari hajatan-hajatan sebelumnya. Fasilitas mentereng pun disiapkan, termasuk dari infrastruktur ICT.

Untuk mengawal KTT APEC, Telkom membangun tiga jaringan broadband dengan tiga jalur yang berbeda, antara lain jaringan WiFi, LTE Telkomsel dan layanan voice.


Semua jaringan tersebut telah mencakup berbagai kebutuhan seperti penguatan sinyal Telkomsel, fixed wireline, bandwidth internet, Metro Ethernet/VPN IP, Local Area Network (LAN) hingga mobile SNG. Telkom juga mengandalkan Indonesia Digital Network (IDN) Bali, Ngurah Rai yang bakal selalu terhubung (always connected).


Di samping tiga jalur akses yang berbeda menuju BTDC, Telkom meningkatkan kualitas jaringan di lokasi utama pelaksanaan APEC dengan membuat jaringan dalam gedung dengan 2 jalur yang berbeda dengan menggunakan teknologi fiber optik.


Adapun bandwith internet yang akan disalurkan ke area APEC tersebut mencapai 2x10 Gbps. Bandwidth ini jauh lebih besar dibandingkan dengan penyelenggaran APEC 2012 yang berlangsung di Vladivostok Russia. Di Rusia bandwith yang disediakan baru sebesar 6 Gbps. Sementara itu, Telkom juga telah menyediakan 270 titik jairngan LAN dan 500 SST sambungan telepon free international call (VoIP).


Infrastruktur dan layanan ICT di media center APEC 2013 yang berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center ini dapat dikatakan setara dengan event perhelatan Olimpiade 2012 di London, Mobile World Congress 2013 di Barcelona dan Seibu Dome Tokyo, Jepang.


Wakil Ketua Panitia APEC 2013 Chairul Tanjung (CT) mengatakan saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di KTT APEC tahun lalu di Rusia, SBY berpesan agar KTT APEC di Indonesia bisa lebih baik dari Rusia.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!