Firewall Fortinet Diklaim Ampuh Tangkis Serangan Hacker

Jakarta - Makin seringnya serangan cyber terjadi memacu para pelaku industri keamananan internet untuk berinvonasi, seperti yang dilakukan Fortinet. Konon produk terbaru mereka ini ampuh untuk menangkis serangan hacker.

Para penjahat cyber biasanya menggunakan berbagai cara untuk melakukan aksinya, namun teknik yang paling sulit dihindari adalah serangan berbasis Distributed Denial of Service Attacks (DDoS).


Jenis serangan ini biasanya dipakai untuk melumpuhkan sebuah sistem. Bahkan belum lama ini ada seorang peretas pintar yang berhasil mengacaukan jaringan internet di Eropa dengan teknik tersebut, uniknya lagi ia melakukan aksinya hanya dengan bermodal laptop dan smartphone di dalam mobil.


Melihat risiko yang begitu besar dari kasus tersebut Fortinet merasa perlu ada tindak lanjut nyata untuk mencegah aksi serupa terjadi, misalnya dengan menggelontorkan produk terbaru mereka yang diklaim bisa menangkis serangan DDOS.


FortiWeb 5, merupakan sistem operasi dengan berbagai fitur keamanan terkini, termasuk kemampuan untuk melakukan identifikasi sumber traffic dari sebuah aplikasi jaringan.


Hal ini dipercaya sangat berguna untuk membedakan antara sumber yang resmi dengan sumber yang berbahaya, sehingga para administrator bisa melakukan tindak pencegahan saat ada penjahat yang berupaya menyusup.


Selain itu FortiWeb memiliki kemampuan untuk mendeteksi keabsahan permintaan mesin pencari yang sudah dikenal, scanner, crawler, dan perangkat lainnya yang berbasis threshold.


Kemampuan ini dibuat untuk memperluas identifikasi bot dan cakupan analisa yang sebelumnya ada pada FortiGuard IP Reputation service, sistem untuk mengawasi jenis-jenis IP yang tercemar atau menunjukkan kejanggalan.


"Tidak hanya memperkenalkan perlindungan lebih cerdas terhadap 10 ancaman teratas Open Web Application Secuirty Project (OWASP), kami juga memberikan perangkat baru yang mengunggulkan mesin penyeimbang beban aplikasi untuk mendistribusikan traffic dan muatan route di seluruh penyedia jaringan," ujar John Maddison, vice president of marketing Fortinet.


Nah, berikut adalah 3 fitur kunci FortiWeb 5 yang dijanjikan bisa menangkis berbagai teknik serangan hacker. Seperti yang tertulis dalam keterangan yang diterima detikINET, Minggu (26/5/2013).


Identifikasi Mesin Pencari

Sekitar 30% lalu lintas permintaan data di aplikasi jaringan berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain, ditambah dengan proliferasi serangan otomatis, botnet, zombie dan serangan DDoS terencana.


Dilihat dari itu maka kebutuhan untuk dapat mengidentifikasi sumber serta tujuan beragam aplikasi tersebut menjadi sangat penting. FortiWeb 5 memiliki kemampuan tersebut sehingga perusahaan dapat melindungi dan mengoptimalisasi aplikasi jaringan mereka.


Fitur ini juga terhubung dengan lapisan identifikasi kendali bot terbaru, yang secara proaktif mengidentifikasi apakah sebuah in-bound traffic berasal dari mesin pencari resmi atau botnet, proxy anonim, sumber jahat atau serangan otomatis berskala besar.


Bot Dashboard

Sebagai pelengkap untuk lapisan kendali bot, bot dashboard baru ini akan menyediakan visualisasi bagi para administrator mengenai traffic yang menyerang aplikasi jaringan mereka sehingga dapat segera diidentifikasi apakah bot yang menyusupi aplikasi tersebut adalah mesin pencari yang dikenal atau pemindai yang berbahaya.


Real Browser Enforcement

Sebagai bentuk peningkatan perlindungan DoS pada lapisan aplikasi, FortiWeb 5 meningkatkan kemampuan respon Real Browser Enforcement agar dapat memberi validasi permintaan dengan lebih baik, memastikan keabsahan pengguna serta menyingkirkan perangkat untuk melakukan serangan DDoS secara otomatis.


(eno/eno)



readmore »»  

NetApp-Citrix Jabat Tangan untuk Komputasi Awan

Jakarta - Makin besarnya permintaan terhadap solusi komputasi awan di dunia membuat kedua produsen raksasa ini bersatu. NetApp dan Citrix, keduanya sepakat untuk menginterasikan berbagai solusi berbasis cloud computing.

Kerjasama yang dimaksud termasuk menyatukan teknologi virtualisasi desktop dan aplikasi, yakni penggabungan rancangan dalam sebuah plug-in agar pelanggan dengan cepat menggunakan solusi virtualisasi desktop yang lengkap. Solusi ini bisa mengantarkan aplikasi secara instan, sekaligus mengurangi pengeluaran biaya keseluruhan.


Kemudian ada juga kerjasama dalam bentuk kolaborasi mobile. NetApp dan Citrix sepakat untuk membantu karyawan untuk tetap terhubung dengan Citrix ShareFile, teknologi yang memungkinkan divisi TI untuk menyediakan layanan terkait mobilitas kerja.


Selain itu di dalamnya juga ada NetApp Recovery Manager for Citrix ShareFile. Software baru ini secara sepenuhnya mengotomasi pemulihan berkas dan folder pengguna dari salinan SnapshotTM berbasis storage NetApp langsung dari dalam antarmuka pengguna ShareFile.


Teknologi cloud juga tak luput dari perhatian NetApp dan Citrix, karena mereka sependapat bahwa komputasi awan kian dibutuhkan bagi para pekerja mobile.


Maka dengan Citrix CloudBridge, para pengguna dijanjikan dapat mencapai tingkat replikasi data yang lebih cepat untuk solusi storage NetApp. Bersama-sama, NetApp dan Citrix CloudBridge menawarkan lingkungan storage berbasis cloud.


Kerjasama dalam menyediakan tiga teknologi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan efiesiensi storage sekaligus menjawab tantangan soal oprasional tanpa henti.


"Perusahaan kelas enterprise sedang berada dalam tekanan luar biasa. Lewat kerjasama dengan NetApp, kami mendorong visi untuk mengubah cara pelanggan kami mengelola layanan TI dengan kolaborasi," kata Bob Schultz, Group Vice President and General Manager, Enterprise Desktops and Applications, Citrix. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Minggu (26/5/2013).


(eno/eno)



readmore »»  

Asus Geber Kartu Grafis Geforce GTX 780

Jakarta - Asus memperkenalkan kartu grafis GeForce GTX 780, menggunakan GPU 28nm Nvidia GK 110-300 dengan 2304 Cura core dan 3 GB GDDR5 384-bit memory interface, dengan core clock 902 MHz dan video memori pada frekuensi 6008 MHz.

Dengan kemampuan komputasi sekitar 50% lebih banyak dibanding GTX 680, GeForce GTX 780 diklaim menghadirkan kemampuan terbaik untuk gaming dan multimedia DirectX 11. Kartu grafis ini juga mendukung TXAA dan FXAA advanced anti-aliasing untuk menghadirkan kualitas gambar dan grafis game yang lebih tajam.


Asus mengklaim bahwa pengguna dapat memaksimalkan kinerja dengan menyertakan graphic tuning utility GPU Tweak. Ia dapat melengkapi keseimbangan antara kinerja dan penghematan konsumsi daya pada kartu grafis berkat Nvidia GPU Boost 2.0 dengan smart graphic processor frequency management.


Produsen perangkat komputer asal Taiwan itu juga akan memperlihatkan kartu grafis GeForce GTX 780 DirectCU II dengan pendingin yang didesain ulang pada Computex Taipei 2013.


GPU Tweak


Utility Asus GPU Tweak terbaru ini dikatakan mumpuni untuk memaksimalkan kemampuan dari GeForce GTX 780. Dengan antarmuka grafis yang intuitif, GPU Tweak memungkinkan pengguna dapat memodifikasi kecepatan core dan memory, fan RPM, juga menentukan target batas temperatur dan konsumsi daya.


Pengguna juga dapat membuat profile khusus untuk game tertentu yang dapat disimpan dan digunakan dengan mudah.


Nvidia GPU Boost 2.0 Dynamic Clock Speed Adjustment


Melanjutkan diperkenalkannya teknologi GPU Boost pada kartu grafis seri GeForce GTX 600, kini GPU Boost 2.0 dilengkapi dengan fitur tambahan yang dapat mengatur core clock frequency secara cerdas.


Menyesuaikan dengan aplikasi dan beban kerja, GPU otomatis akan mengatur core clock untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi konsumsi daya. GPU Boost 2.0 juga telah ditambah dengan dukungan pengaturan batasan temperatur, sehingga menambah potensi untuk melakukan overvolting, dan overclocking dengan liquid cooling.


(ash/eno)



readmore »»  

Penggila Lensa Manual se-Indonesia Kumpul di Surabaya

Surabaya - Penggemar jeprat-jepret kian berjibun. Komunitas dengan segala style maupun karakteristik pun tumbuh subur di berbagai kota.

Tak terkecuali, Komunitas Lensa Manual (KLM). Komunitas yang anggotanya tersebar di berbagai daerah di Tanah Air ini berkumpul di Kota Pahlawan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-4.


Pada kegiatan yang bertema 'Motret Sak Cangruke' itu diikuti 130 orang yang masing-masing tentunya 'bersenjata' kamera dengan lensa manual.


Di era serba digital atau otomatis, tentu komunitas ini menjadi unik. Sebab mereka lebih memilih bersusah payah dengan gelang diafragma maupun pemfokusan subyeknya secara manual.


Alasan komunitas ini menggeluti lensa manual dengan dalih untuk memperdalam filosofi diafragma dan fokus dalam upaya menghasilkan karya seni yang bercita rasa tinggi.


"Asyiknya di situ sesuai motto kita For the art soul who love to focus manually," kata Irfan Tachir, sambil mempraktekkan jemari kirinya memutar lensa manual pada kamera medium formatnya saat ditemui di sela hunting di gereja legendaris di kawasan Kepanjen, Surabaya, Sabtu (25/5/2013).


Di ulang tahunnya kali ini, anggota KLM yang diikuti peserta dari Jakarta, Kendari, Balikpapan, Makassar, Bandung, Semarang, Jogja, Bali, Surabaya serta dari daerah-daerah lain mengunjungi beberapa spot heritage yang tersebar di Kota Pahlawan.


Di antaranya adalah kawasan wisata Monumen Kapal Selam (Monkasel), Kantor Gubernur Jalan Pahlawan, Makam Sunan Ampel, Pabrik Sirup Telasih, Makam Peneleh, Balai Pamuda, Balai Kota Surabaya dan Tugu Pahlawan.


Tak ada diskrimansi merek maupun format kamera pada KLM. Semua berbaur dan sama tinggi dalam huntingnya. Termasuk saat mereka tinggal di kamp Asrama Haji Sukolilo.


Termasuk di antara peserta ada yang usianya termuda, Jason Samuel Wattimena (10). Bocah kelas 5 SD ini memegang kamera Canon Canonet QL17 yang masih berbahan baku film atau negatif.


"Kamera dengan lensa manual memang lebih berat daripada yang auto. Tapi saya suka dan sedang belajar. Hasil jepretannya bagus, terang dan gambarnya tajam sesuai dengan fokus," tutur Samuel.


Samuel mengaku, kegemarannya terhadap kamera dengan lensa manual ini ditularkan oleh orang tuanya yang juga gabung di KLM. Samuel bahkan pernah diajak hunting kamera jadul dan lensa-lensa manual keluaran beberapa puluh tahun yang lalu.


Aktivitas semacam ini rupanya juga akrab dilakukan oleh anggota KLM lainnya. Bukan hal asing bagi mereka untuk berburu lensa manual ke pasar loak maupun para kolektor di kota-kota terpencil di Indonesia.


Sebelum di Surabaya, terang seorang founder KLM Fadjar HF, ulang tahun digelar setiap tahunnya di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.


"Di Jatim sendiri anggotanya tidak sampai 100 orang, di Indonesia ya ribuan," kata Fadjar yang didampingi Ketua Komunitas Lensa Manual Indonesia Robert Tang Tarunodjojo.


Pantauan Detikcom yang ikut hunting bersama, para anggota KLM ini cukup berbeda dibanding komunitas lain. Mereka beberapa di antaranya menenteng jenis format medium dengan brand yang luar biasa. Namun tak sedikit pula yang membawa kamera brand-brand umum keluaran terbaru.


Setelah puas jeprat-jepret di Surabaya, sebagian dari anggota KLM melanjutkan huntingnya ke Gunung Bromo. "Malam nanti berangkat, tidak semua ikut kok," kata Irfan Tachrir, penggila kamera lensa manual asal Jakarta yang datang dengan membawa lebih dari empat unit kamera ini.


(nrm/ash)



readmore »»  

Adobe Creative Cloud Terbaru 'Mendarat' di Indonesia

Jakarta - Adobe mengumumkan peluncuran Adobe Creative Cloud versi terbaru kepada para pekerja kreatif di Tanah Air.

Creative Cloud untuk perseorangan dan perusahaan ini melengkapi Creative Cloud untuk tim (Creative Cloud for teams), yang diluncurkan pada Februari 2013, sehingga opsi kanggotaan Adobe Creative Cloud yang lengkap kini tersedia di Indonesia.


Adobe Creative Cloud adalah layanan berlangganan yang mencakup lebih dari 30 tools dan layanan yang mendukung kreasi dan penyebaran konten kelas profesional dan melalui wahana cetak, web, aplikasi mobile, video dan fotografi.


Pada saat yang bersamaan, dalam acara Adobe MAX, Konferensi Kreativitas yang diadakan minggu ini di Los Angeles, AS, Adobe mengumumkan update-update penting untuk Creative Cloud.


Di antaranya memperkenalkan aplikasi-aplikasi desktop Adobe generasi berikutnya yang meliputi Adobe Photoshop CC, InDesign CC, Illustrator CC, Dreamweaver CC dan Premiere Pro CC.


Tools desktop Adobe, yang sebelumnya dikenal sebagai Creative Suite (CS), kini hadir dengan brand CC untuk menyatakan bahwa mereka merupakan bagian integral dari Creative Cloud dan telah diciptakan ulang untuk mendukung proses kreasi melalui koneksi internet yang lebih intuitif.


Selain itu, Behance, komunitas kreatif online terkemuka di dunia, kini terintegrasi dengan Creative Cloud. Sehingga para pelanggan dapat menampilkan karya, mendapatkan umpan balik mengenai proyek mereka dan proyek tersebut juga dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia.


"Kemampuan canggih dari Adobe Creative Cloud menjadikannya terkenal di kalangan komunitas kreatif di seluruh dunia. Lebih dari setengah juta anggota berbayar dan lebih dari dua juta anggota tidak berbayar telah mendaftar di Creative Cloud sejak peluncurannya di seluruh dunia pada bulan April 2012," kata Vicky Skipp, Regional Director Adobe South East Asia, dalam keterangannya.


"Creative Cloud secara dramatis mengubah cara pekerja kreatif profesional dan bisnis mempublikasikan pekerjaan yang telah rampung, dan menghadirkan layanan-layanan canggih yang membangun dan memperkuat website, aplikasi mobile, publikasi tablet, portofolio online, dan konten untuk hampir semua media dan perangkat," lanjutnya.


(ash/ash)



readmore »»  

Direksi Telkomsel Terjun Layani Pelanggan di GraPARI

Jakarta - Kapan lagi dilayani oleh jajaran direksi Telkomsel saat mengunjungi GraPARI? Ya, ini tentu menjadi kesempatan yang jarang-jarang didapatkan pelanggan Telkomsel.

Untuk merebut hati pelanggan dan menegaskan kembali fokus anak usaha Telkom ini untuk selalu melayani kebutuhan 120 juta pelanggan, seluruh jajaran Direksi Telkomsel akhirnya dikerahkan langsung untuk melayani pelanggan di GraPARI pada Jumat (24/5/2013).


Para Direksi Telkomsel yang disebar melayani langsung pelanggan adalah Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga didampingi Direktur Sales Mas’ud Khamid di GraPARI Wisma Mulia.


Direktur Planning dan Transformasi Telkomsel Edward Ying di GraPARI Gandaria City, Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief di GraPARI Central Park, Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi dan Direktur Teknologi Informasi Telkomsel Ng Soo Kee berada di GraPARI 24 Jam Alia serta Direktur Human Capital Management Telkomsel Herdy R. Harman di GraPARI Bandung.


"Kegiatan Direksi Melayani ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk semakin dekat dengan pelanggan. Sebagai operator selular nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, kami sadar bahwa customer satisfaction merupakan kata kunci untuk menjadi yang terbaik dalam menjalankan industri jasa telekomunikasi," papar Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkomsel.


Pada kesempatan yang sama, Telkomsel juga membuka channel pelayanan terbaru yakni GraPARI Mobile, uji coba layanan paperless formulir jasa berlangganan post paid, serta memperkenalkan Buku Panduan Broadband untuk pelanggan.


Sebagai bagian dari inovasi di bidang pelayanan sekaligus Good Corporate Citizenships, Telkomsel ikut ambil bagian dalam usaha pelestarian lingkungan, dengan menghadirkan uji coba layanan paperless untuk menggantikan formulir kertas yang selama ini digunakan untuk melayani pelanggan pada saat datang ke GraPARI.


Dengan layanan paperless ini maka nantinya tidak akan ada lagi penggunaan kertas untuk segala formulir baik untuk berlangganan kartuHalo, permintaan blokir dan sebagainya.


Hingga saat ini Telkomsel memiliki 410 pusat pelayanan pelanggan atau GraPARI di seluruh Indonesia, termasuk di dalamnya GraPARI mobile lifestyle terbesar di Gandaria City, serta GraPARI 24/7 yang buka 24 jam 7 hari seminggu di Selecta–Medan, Wisma Alia–Jakarta, Dago–Bandung dan Pemuda–Surabaya.


(ash/ash)



readmore »»  

Teknologi Bikin Pertumbuhan Ekonomi Korsel Melesat

Seoul - Korea Selatan (Korsel) saat ini mengandalkan sektor teknologi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi negaranya. Kontribusi sektor teknologi kepada produk domestik bruto (PDB) sudah mencapai 12%.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung, yang sedang berkunjung ke Korsel, menyatakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) menjadi basis utama dari kemajuan Korsel.


"Saya ambil contoh bahwa kontribusi ICT itu sudah 12% dari total GDP (PDB) Korea. Sementara di Indonesia baru 0,5%. Oleh karena itu Korea berhasil mengembangkan negara dengan penetrasi broadband. Dan kecepatan broadband yang paling tinggi di dunia," katanya kepada detikFinance, Jumat (24/5/2013) malam waktu setempat.


"Ini menyebabkan proses transformasi di mana ICT tidak digunakan sebagai tujuan tapi ICT digunakan sebagai alat untuk membuat kemajuan negara dan kesejahteraan bagi rakyatnya," tambahnya.


Menurut CT, pergerakan, efisiensi, peningkatan produktivitas, kesejahteraan rakyat Korsel semua menggunakan parameter ICT. Sehingga terjadilah proses efisiensi dan produktivitas yang maksimal.


"Sekarang Korea tidak puas hanya sampai di situ. Korea sekarang telah masuk lagi ke new era daripada ekonominya. Mereka memasukan future of economy," jelasnya.


Inti dari future of economy Korsel ini, kata dia, berbasis kepada ICT untuk yang pertama, sedangkan yang kedua berbasis ekonomi kreatif. Basis kedua ini adalah yang selama ini kita kenal, yaitu K-Pop, drama Korea, film Korea, dan lain sebagainya.


"Selain itu science and technology dengan berbasis riset dan development itu juga menjadi core dari future economy of Korea," CT menandaskan.


(kak/ash)



readmore »»  

Perilaku Pintar Berponsel Pintar

Jakarta - Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi tak bisa dibendung. Hanya saja, hal ini juga harus diimbangi dengan kesiapan pengguna untuk mencerna dan menggunakan teknologi tersebut. Jangan lantas terbawa arus liar teknologi.

Arus liar di sini tentunya diarikan sebagai sisi negatif dari teknologi itu sendiri. Contoh paling mudah adalah ketika kita berbicara tentang smartphone.


Smartphone sering dianalogikan sebagai ponsel pintar. Sayang, penggunaan perangkat ini masih banyak yang tidak diiringi dengan perilaku pintar.


Jika membuka arsip media di sejumlah daerah, cukup mudah untuk mencari contoh nyata penyalahgunaan smartphone, terutama yang dilakukan oleh para remaja.


Seperti kasus video mesum sepasang remaja yang menghebohkan di Banyuwangi, kemudian menyebar melalui bluetooth dari ponsel ke ponsel.


Ada pula soal kisah pilu tentang remaja yang menjadi korban Facebook. Modus yang dilakukan pelaku sebenarnya sederhana. Berkenalan singkat di dunia maya -- dalam hal ini jejaring sosial seperti Facebook -- merayu korban dengan bahasa manis, mengajak kopi darat, dan terjadilah aksi kejahatan tersebut.


Internet di sini sejatinya berperan sebagai medium perkenalan korban dengan pelaku kejahatan. Sekali lagi, andai saja korban dapat lebih pintar dan bijak menggunakan kemajuan teknologi, tentu hal yang tidak diinginkan itu tak akan sampai terjadi.


Contoh lainnya melanda seorang remaja berusia 18 tahun yang divonis bersalah oleh pengadilan negeri Kota Bogor karena dianggap menghina temannya melalui jejaring sosial Facebook.


Sebegitu mudahnya kah jalan untuk melakukan kejahatan? Entah, yang pasti jangan salahkan teknologi. Tapi tanya lagi kepada diri sendiri, bagaimana Anda menggunakan teknologi tersebut?


Internet memang sudah bukan barang mewah, orang-orang tak perlu lagi mencari warung internet (warnet) untuk bisa terkoneksi ke dunia maya. Cuma lewat telapak tangan alias menggunakan smartphone, Anda kini sudah bisa online.


Menurut psikolog Tika Bisono, fenomena penyalahgunaan smartphone tidak lepas dari kurang pahamnya remaja terhadap fungsionalitas smartphone.


"Antara keinginan memiliki smartphone tidak berbanding lurus dengan kebutuhan dan fungsionalitas," lanjutnya.


Nah, kondisi ini pula yang mengusik hati vendor ponsel merek lokal Cross Mobilephone membuat program Pagar Hati untuk dapat mendorong penggunaan ponsel pintar secara pintar.


Janto Djojo, Chief Marketing Officer CROSS Mobilephone mengatakan, Pagar Hati adalah gerakan yang mendorong penggunaan smartphone ke arah positif serta membuat pagar mental dalam hati pengguna untuk mengenali dan menghindari penggunaan smartphone kepada aktivitas yang kurang terpuji.


"Kami sadar bahwa teknologi tidak dapat dibendung, karenanya kami berusaha mendampingi masyarakat dalam menikmati perkembangan teknologi smartphone yang kami hadirkan, dengan tetap memagari hati mereka," tegas Janto, dalam keterangannya, Sabtu (25/3/2013).


Cross menyadari bahwa kebanyakan pengguna smartphone di usia remaja terfokus pada penggunaan smartphone dan aplikasi yang ada untuk senang-senang alias entertainment. Namun banyak dari mereka tidak melihat lebih jauh mengenai batasan-batasan penggunaan aplikasi tersebut dan dampak yang ditimbulkan, baik positif ataupun negatif.


Pagar Hati berharap dapat menginformasikan pengguna smartphone mengenai batasan yang ada, agar dapat memagari hati mereka dan menggunakan smartphone secara lebih pintar dan bijak.


Berikut beberapa modul panduan dari program Pagar Hati:


A. Untuk Murid

A.1. DOs

1. Kunci smartphone menggunakan password.

2. Mendownload applikasi yang kamu perlukan

3. Mengetahui dengan jelas kegunaan dan fungsi aplikasi yang akan kamu download dan gunakan.

4. Gunakan smartphone hanya ketika perlu atau tidak sedang berinteraksi dengan orang lain.

5. Ketahui dengan jelas arti dari istilah yang digunakan masing-masing aplikasi (contoh; tag, hashtag, trending topic, timeline, mention, dll)

6. Terhubung (follow, friends) dengan orang yang benar-benar kamu tahu atau kenal di kehidupan nyata.

7. Tunjukkan foto orang yang kamu ambil kepada orang tersebut, jangan langsung taruh sebagai wallpaper di smartphone kamu.


A.2. DON'Ts

1. Mengambil foto/video orang lain tanpa permisi

2. Mengambil foto/video kamu sendiri atau orang lain, yang tidak pantas atau tidak senonoh.

3. Menggunakan smartphone ketika kamu sedang berinteraksi secara langsung (face to face) dengan orang lain.

4. Menggunakan terlalu banyak hastag (#) tanpa fungsi yang jelas.

5. Sembarangan memberikan kontak detail/informasi personal kepada orang melalui aplikasi social media yang bisa dilihat banyak orang.

6. Menggunakan smartphone untuk merekam/mengambil gambar kegiatan orang lain yang tidak pantas

7. Mengirim gambar yang tidak pantas atau porno.

8. Membuat kata-kata yang tidak pantas atau kasar di aplikasi yang dapat dilihat semua orang (contoh: Facebook, Twitter, Google+, dll)

9. Memberitahukan password smartphone mu kepada orang lain selain orangtua


B. Orang Tua & Guru

B.1 DOs untuk orang tua & guru:

1. Mengetahui fungsi dan kegunaan aplikasi yang di gunakan secara jelas.

2. Memahami dengan jelas istilah-istilah yang digunakan di dalam masing - masing aplikasi (contoh post, timeline, publish, etc).

3. Mempelajari aplikasi bersama-sama dengan anak/murid.

4. Menggunakan aplikasi yang dalam digunakan untuk menjadi media penghubung dengan anak/murid.

5. Menginformasikan penggunaan aplikasi yang benar kepada anak/murid.

6. Menjadi role model untuk anak/murid dalam menggunakan aplikasi di dalam smartphone Anda.

7. Mengetahui sistem parental lock di smartphone anak/murid Anda.


B.2 DON'Ts untuk orang tua & guru:

1. Merasa bahwa Anda tidak begitu paham mengenai aplikasi dan teknologi dibandingkan dengan anak/murid Anda.

2. Menggurui anak/murid melalui aplikasi yang menghubungkan Anda dengan mereka, tetapi lebih mengarahkan mereka (contoh di Facebook atau Twitter).

3. Memberitahukan kesalahan anak/murid dalam menggunakan aplikasi smartphone di depan teman-temannya (contoh mem-post-kan di Facebook).

4. Menggunakan aplikasi smartphone untuk hal-hal negatif di sebuah aplikasi yang dapat dilihat oleh murid-murid lain.

5. Menyimpan image/video/link/shortcut/aplikasi dewasa di smartphone Anda yang dapat diakses oleh anak/murid.


(ash/ash)



readmore »»  

Hitachi Data Systems Segarkan Layanan Cloud

Jakarta - Hitachi Data Systems (HDS) meluncurkan solusi dan layanan yang memungkinkan enterprise untuk mengadopsi cloud computing lebih mudah, membuat tenaga kerja mobile mereka lebih aman, dan memberikan pengalaman TI yang lebih baik kepada pengguna akhir.

Layanan dan solusi cloud keluarga Hitachi Data Systems diklaim menawarkan pilihan untuk membantu mengelola berbagai tuntutan TI.


Tuntutan ini termasuk ledakan pertumbuhan data yang tidak terstruktur, keinginan pengguna untuk mengakses informasi dari mana saja, dan kebutuhan untuk menjamin keamanan, kesederhanaan dan perlindungan dari semua data di mana pun ia 'hidup'.


Berikut layanan baru dari HDS:


-. Hitachi Content Platform Anywhere: Diklaim pertama di industri, solusi sinkronisasi dan berbagi file yang dibangun, dijual dan didukung untuk enterprise seluruhnya oleh satu vendor.


Hal ini memungkinkan pengguna mengakses data dan berkolaborasi pada perangkat apapun, dari lokasi manapun setiap saat dan mudah berbagi file.


TI menyimpan data dalam kontrol, keamanan dan praktik kepatuhan, tidak seperti layanan berbagi file kelas konsumer yang berjuang untuk mendapatkan kepercayaan dari kelompok TI enterprise.


HCP Anywhere dibangun untuk enterprise dan melompat di depan alternatif-alternatif industri dalam hal kemudahan pelaksanaan dan pengendalian penting masalah enkripsi, kepemilikan kunci dan persyaratan layanan.


-. Versi baru Hitachi Content Platform (HCP): Satu platform cloud storage untuk perlindungan data, mobilitas enterprise dan awan konten, menampilkan fitur manajemen metadata dan menetapkan dasar untuk big data dan analisa.


-. Hitachi Cloud Services Connection (HCSC): menawarkan public cloud dibangun di infrastruktur cloud dan solusi HDS dan dikelola oleh HDS untuk para mitra untuk dijual kembali.


"Meskipun opsi sinkronisasi dan berbagi file konsumer telah tersedia sejak beberapa waktu lalu, opsi untuk enterprise masih tetap berkembang," kata Terri McClure, analis senior ESG.


"Dengan paket cloud baru ini, HDS meningkatkan kekuatan penyedia solusi enterprise pada intinya dan telah melakukan pekerjaan dengan baik memberikan pengalaman seperti konsumer," lanjutnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2013).


John Mansfield, Executive Vice President Global Solutions Strategy & Development Hitachi Data Systems menambahkan, pendekatan unik HDS ke cloud memungkinkan pelanggan untuk memilih solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka dan dengan cara yang masuk akal bagi bisnis mereka.


"Portofolio cloud kami lebih dari sekadar memecahkan tantangan yang dihadapi pelanggan hari ini -- itu termasuk mempersiapkan mereka untuk apa yang akan datang selanjutnya. Tren seperti big data, bring your own device (BYOD), layanan file generasi berikutnya, cloud yang aman, TI terdistribusi, dan otomatisasi metadata, manajemen dan analisis akan cepat menyebar," pungkasnya.


(ash/ash)



readmore »»  

Indonesia Masih Bergelut di 3G, Korsel Sudah Bersiap 5G

Seoul - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung memuji kemajuan teknologi informasi dan komunikasi Korea Selatan yang sangat pesat. Tak lama lagi, Korsel bahkan akan memiliki jaringan 5G, bukan 4G atau hanya 3G seperti di Indonesia.

Pria yang akrab disapa CT itu sudah melakukan pertemuan dengan salah satu perusahaan telekomunikasi Korsel setelah sebelumnya berkunjung ke markas Samsung Technology. Pertemuan itu secara spesifik membahas perkembangan ICT Korsel.


"Yang kami dapat adalah, mereka melakukan kemajuan di ICT jauh lebih cepat dari negara-negara di dunia," ujar CT kepada detikFinance di Seoul, Sabtu (25/5/2013).


"Apa yang mereka lakukan 20 tahun yang lalu menerima hasilnya. Saya ambil contoh, orang langkah 1-2-3, mereka sudah melangkah 1-2-4-6," katanya.


CT menambahkan, saat ini Indonesia masih memakai jaringan 3G untuk koneksi paling cepat, dan masih siap-siap untuk menggunakan jaringan 4G. Sementara Korsel malah sudah bersiap-siap untuk membuka jaringan 5G


"Informasi yang saya terima, mereka akan masuk 5G, kurang lima tahun dari sekarang. Lima puluh kali lebih cepat 4G. Bisa dibayangkan bagaimana kemajuan ICT mereka, buat sebuah perubahan, gaya hidup dan kemajuan negara mereka," tandasnya.


(kak/ash)



readmore »»  

Sony Umbar Strategi Kunci di Bisnis Imaging

Jakarta - Sony baru saja mengeluarkan keterangan resmi yang memuat strategi kunci perusahaan di tahun fiskal 2013. Dari berbagai bisnis, Sony juga membeberkan strategi untuk bisnis imagingnya.

Pertama berbicara mengenai image sensor, Sony mengaku masih akan berfokus pada bisnis inti ini, selagi menggali aplikasi-aplikasi baru untuk teknologi imagingnya.


Mereka juga akan melanjutkan untuk memasarkan teknologi sensor baru yang pada akhirnya mempu mendiferensiasi setiap produk. Pihaknya turut mengakui bahwa tengah melakukan pengembangan sensor yang mampu mendeteksi dan mengkategorisasikan berbagai tipe informasi.


Nah, untuk market profesional, mereka akan lebih agresif di sektor kamera yang memiliki kemampuan perekaman 4K serta kamera untuk keperluan sinematografi.


Lantas, untuk membangkitkan gairah di bisnis kamera kompak digital, raksasa elektronik asal Jepang ini akan menghadirkan teknologi image sensor yang lebih baik. Mereka juga berambisi membuat kamera dengan ukuran yang lebih ringkas, bobot yang lebih ringan serta kemampuan zoom yang mumpuni.


Dengan semua strategi kunci itu, Sony mengatakan mereka akan berupaya mempertahankan posisi yang diklaim pertama dalam kategori kamera mirrorless lens. Sony menargetkan, akan mampu memenuhi target penjualan sebesar 1,3 triliun yen di seluruh kategori image sensor, profesional dan konsumer pada tahun fiskal 2014.


(sha/ash)



readmore »»  

Konser Digital Indosat Sabet Rekor MURI

Jakarta - Pertama di Indonesia, Indosat menggelar konser digital dengan mengajak seluruh pelanggannya untuk berkompetisi dalam permainan membuat panggung secara virtual untuk konser JKT48 yang bertajuk 'Demi Konser JKT48', yang dimulai sejak 17 April 2013 lalu.

Konser digital yang mengusung JKT48 sebagai brand ambasador Indosat IM3 ini pun mendapat sambutan luar biasa, diikuti lebih dari 5.000 pelanggan yang berpartisipasi di microsite www.murahituim3.com/demikonserJKT48.


Kompetisi ini bahkan sampai mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai konser dengan kru terbanyak yang diikuti oleh pelanggan via digital.


Konser digital ini melibatkan user atau pelanggan peserta kompetisi sebagai kru, dimana mereka berkontribusi dalam persiapan hingga terwujudnya konser big bang sesungguhnya, seperti menyiapkan lighting, speaker, sound, dan perlengkapan konser lainnya, hanya saja dalam format digital yang ada di dalam microsite.


Mekanisme untuk ikut dalam permainan ini dilakukan melalui beberapa cara antara lain SMS ke 0857-75678830, Twitter @indosatmania, Radio di 6 kota (Jakarta,Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan Makasar) serta game box (Planet monstar, Kota games, Indosat care dan ngobrol bareng) untuk mengumpulkan Genki/point. Pemenang ditentukan berdasarkan genki/point terbanyak dan minimal harus mengikuti 1 kali games melalui radio.


Sebagai puncak acara, 100 pemenang yang berhasil mengumpulkan point/genki terbanyak yang telah mengikuti permainan berhak mengikuti konser sesungguhnya bertajuk 'Demi Konser JKT48' yang digelar Jumat 24 Mei 2013 di Theater JKT48-FX Senayan Jakarta.


Director & Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer mengatakan, konser digital ini merupakan apresiasi bagi pelanggan Indosat sekaligus menjadi user experience tersendiri bagi pelanggan untuk dilibatkan dalam persiapan konser secara digital.


"Menjadi bagian dari sebuah konser besar adalah suatu hal & pengalaman yang baru serta unik yang bisa dijadikan kegiatan positif untuk anak muda Indonesia dalam berkreasi, khususnya via digital. Kami akan terus menghadirkan inovasi produk dan layanan untuk masyarakat Indonesia," lanjut Erik, dalam keterangannya, Sabtu (25/5/2013).


(ash/ash)



readmore »»  

Konsel Digital Indosat Sabet Rekor MURI

Jakarta - Pertama di Indonesia, Indosat menggelar konser digital dengan mengajak seluruh pelanggannya untuk berkompetisi dalam permainan membuat panggung secara virtual untuk konser JKT48 yang bertajuk 'Demi Konser JKT48', yang dimulai sejak 17 April 2013 lalu.

Konser digital yang mengusung JKT48 sebagai brand ambasador Indosat IM3 ini pun mendapat sambutan luar biasa, diikuti lebih dari 5.000 pelanggan yang berpartisipasi di microsite www.murahituim3.com/demikonserJKT48.


Kompetisi ini bahkan sampai mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai konser dengan kru terbanyak yang diikuti oleh pelanggan via digital.


Konser digital ini melibatkan user atau pelanggan peserta kompetisi sebagai kru, dimana mereka berkontribusi dalam persiapan hingga terwujudnya konser big bang sesungguhnya, seperti menyiapkan lighting, speaker, sound, dan perlengkapan konser lainnya, hanya saja dalam format digital yang ada di dalam microsite.


Mekanisme untuk ikut dalam permainan ini dilakukan melalui beberapa cara antara lain SMS ke 0857-75678830, Twitter @indosatmania, Radio di 6 kota (Jakarta,Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan Makasar) serta game box (Planet monstar, Kota games, Indosat care dan ngobrol bareng) untuk mengumpulkan Genki/point. Pemenang ditentukan berdasarkan genki/point terbanyak dan minimal harus mengikuti 1 kali games melalui radio.


Sebagai puncak acara, 100 pemenang yang berhasil mengumpulkan point/genki terbanyak yang telah mengikuti permainan berhak mengikuti konser sesungguhnya bertajuk 'Demi Konser JKT48' yang digelar Jumat 24 Mei 2013 di Theater JKT48-FX Senayan Jakarta.


Director & Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer mengatakan, konser digital ini merupakan apresiasi bagi pelanggan Indosat sekaligus menjadi user experience tersendiri bagi pelanggan untuk dilibatkan dalam persiapan konser secara digital.


"Menjadi bagian dari sebuah konser besar adalah suatu hal & pengalaman yang baru serta unik yang bisa dijadikan kegiatan positif untuk anak muda Indonesia dalam berkreasi, khususnya via digital. Kami akan terus menghadirkan inovasi produk dan layanan untuk masyarakat Indonesia," lanjut Erik, dalam keterangannya, Sabtu (25/5/2013).


(ash/ash)



readmore »»  

Cara Mudah Backup Data dengan WD Smartware Pro

Jakarta - Kapasitas hardisk drive (HDD) eksternal yang melimpah terkadang membuat penggunanya terlena. Sampai suatu ketika HDD eksternal yang digunakan bermasalah, risiko kehilangan data pun pasti bakal menghantui pengguna.

Tak ingin hal tersebut terjadi pada pengguna yang mempercayakan data pribadinya pada sebuah HDD eksternal, Western Digital (WD) pun meluncurkan software Smartware Pro.


Kegunaan aplikasi ini adalah mampu membantu pengguna melakukan proses backup data secara mudah berkat tampilan user-friendly yang diusungnya.


"Dengan kemampuan backup data yang diusungnya, Smartware Pro menghadirkan kemudahan bagi pemilik HDD eksternal yang khawatir akan keselamatan data," ujar Tirtasaputra Salim, Sales Manager WD Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta.


Cara penggunaannya pun mudah, sesaat setelah menancapkan HDD eksternal, pengguna tinggal menjalankan Smartware Pro yang telah diinstal sebelumnya.


Namun awalnya, pengguna diwajibkan mengisi data account Dropbox yang dimilikinya. Nantinya account Dropbox tersebut akan menjadi lokasi penyimpanan backup HDD eksternal milik pengguna.


Selanjutnya pengguna akan menemukan tampilan file explorer bersebelahan yang masing-masing menunjukan isi HDD eksternal pengguna dan juga isi konten Dropbox pengguna.


Untuk melakukan backup dari HDD eksternal ke Dropbox miliknya, pengguna hanya perlu mencentang folder ataupun file yang ingin di-backup, selanjutnya data tersebut akan secara otomatis di-backup menuju Dropbox pengguna.


Smartware Pro dijajakan WD dalam dua versi yakni standar yang dibanderol USD 30, dengan harga itu pengguna akan mendapatkan lisensi untuk 3 komputer. Sedangkan yang versi premium dibanderol dengan harga USD 50 dan mendapatkan lisensi hingga 10 komputer.


(ash/ash)



readmore »»  

Ini Jawara Kompetisi BlackBerry Innovation Center

Bandung - BlackBerry Innovation Center bersama Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengumumkan para pemenang kompetisi ICT Business Plan Technopreneurship Competion dan National Innovation Competition on Smart Mobile Ecosystem.

Pengumuman pemenang dari kompetisi yang berhadiah total USD 115.000 itu dilakukan di sela acara ICT for Smart Society, e-Indonesia Initiatives Forum 2013 di aula barat ITB, Bandung, Jumat (24/5/2013).


"Kerjasama BlackBerry dan ITB dengan membuat program BIC sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu. Di antaranya dengan memberikan beasiswa, penelitian dan membuat kompetisi tingkat nasional," ujar Ketua LPIK ITB Suhono Harso Supangkat.


Ia menuturkan, para peserta telah menunjukkan potensi dan bakat mereka. Tujuan kompetisi ini adalah untuk memberi inspirasi pada generasi muda lainnya untuk menjadi pengusaha dan pencipta lapangan kerja serta membantu pertumbuhan ekonomi.


Managing Director BlackBerry Indonesia Maspiyono Handoyo menambahkan, BlackBerry akan mendukung generasi muda berbakat di Tanah Air untuk mempercepat pertumbuhan industri aplikasi mobile.


"Dengan kompetisi ini kami berharap akan tercipta landasan kuat untuk memobilisasi para pengusaha di bidang ICT untuk membantu pertumbuhan di sektor mobile computing," lanjutnya.


Untuk kategori kompetisi ICT Business Plan Technopreneurship Competion, para peserta diminta untuk membuat startup business yang meliputi kesempatan, latar belakang, deskripsi perusahaan, deskripsi produk atau layanan, pasar sasaran, teknologi yang digunakan, manajemen operasional, manajemen umum, analisis risiko dan prediksi keuangan. Pemenang kategori ini mendapat hadiah Rp 50 juta.


Lima produk pemenang yaitu EUIS (Electricity Intelligent System), Pasbaru (e-commerce khusus Pasar Baru Bandung), buSpot (Mobile Application khusus Trans Jakarta), Smart Ranch (Game Edukasi) dan Electronsole (Home automation system).


Sementara untuk kategori National Innovation Competition on Smart Mobile Ecosystem, para peserta yang merupakan tingkat pelajar atau mahasiswa ini ditantang untuk membuat proposal riset dan pengembangan aplikasi perangkat mobile inovarif yang akan memberikan pengaruh signifikan terhadap masyarakat dan lingkungan. Sebanyak 10 pemenang mendapatkan hadiah sebesar USD 10.000.


Berikut daftar para pemenangnya:


1. Fluid RMX: Real Time Simulation Framework for Mobile Interactive Application karya Dody Dharma, Sakina Fathiana dari ITB.

2. Aplikasi Cerdas Identifikasi Kebutuhan Nitrogen Padi melalui Citra Daun karya Muhammad Baidowi, Hendrik, Irma Lasmiana, Wildam Novebiyatno, Tri Budiarto dari IPB.

3. Integrasi Aliran Informasi dalam Implementasi Aplikasi Perangkat Bergerak 'MEETME' karya Arcan Taurus Rendy Yudha, Demas Haryo Bismantoko, Tridoyo, Nabil Putra Adam dari Universita Diponegoro.

4. Desain dan Implementasi Sistem Penyediaan Konten Mobile untuk Proses Blended Learning karya Tri Apriyanto Sundara, Lathifah Arief dari Universitas Putra Indonesia-YPTK.

5. Smart Building pada Existing Building karya Mirza Adipradhana dari ITB.

6. Optimal Path Finding based on Traffic Information from Twitter karya Muhammad Hasby, Masayu Leylia Khodra dari ITB.

7. Pengembangan Augmented Reality sebagai Visualisasi dalam Pembelajaran Candi-candi di Buku Mata Pelajaran Sejarah karya Yahya Nursidik dari ITB.

8. Smart Laboratory karya Hendra Jaya, Muhammad Arafah, Sapto Haryoko dari STMIK AKBA.

9. Mobile e-CRM with Social Media Integration: Dashboard for Executive and Manager karya Ventje Jeremias Lewi Engel, Tezza Lantika Riyanto, Dhani Eka Saputra dari ITB.

10. Sistem Registrasi, Reservasi dan Antrean pada praktek dokter di Rumah Sakit karya Indra Kharisma Raharjana dari Universitas Airlangga.


(tya/ash)



readmore »»  

Kominfo Tidak Kaget Jika XL Jadi Beli Axis

Jakarta - Spekulasi tentang XL Axiata yang dikabarkan akan membeli Axis Telekomunikasi Indonesia sejatinya bukan cerita baru. Isu lama ini kembali hangat setelah salah satu media asing melempar wacana dari sumber internal sang operator.

Rumor hangat ini pun sudah sampai ke telinga para petinggi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Faktanya, Kominfo tidak kaget mendengar kabar ini karena telah jauh-jauh hari memprediksi hal semacam ini bakal terjadi.


"Sejak 2006 kami sudah memprediksi, cepat atau lambat para operator telekomunikasi akan mengalami konsolidasi akibat persaingan bisnis telekomunikasi yang makin ketat," kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, kepada detikINET, Jumat (24/5/2013).


Perlu diketahui, Indonesia dalam hal industri telekomunikasi memang sangat berbeda dengan negara lain pada umumnya. Meskipun hanya memiliki populasi 250 juta penduduk, jumlah operator yang memiliki izin telekomunikasi mencapai 11 perusahaan.


Bandingkan dengan negara-negara lainnya. Mayoritas rata-rata hanya memiliki tiga operator. Bahkan untuk negara sebesar China, India, bahkan Amerika Serikat. Mereka tetap menjaga jumlah operator tak terlalu banyak agar spektrum frekuensi yang tersedia tetap besar.


Masalah ini belum dipahami Indonesia saat awal-awal menghapuskan rezim duopoli yang digantikan rezim oligopoli. Dampak dari kompetisi bebas dengan membuka peluang sebesar-besarnya untuk menambah operator agar tarif bisa terus ditekan turun ternyata kebablasan.


Imbasnya, cash flow operator tak lagi sehat dan harus berdarah-darah dalam memenangkan kompetisi, atau setidaknya agar bisa tetap eksis bertahan. Jika pada akhirnya kalah dan menyerah, maka jalan terakhir yang mungkin bisa ditempuh adalah menyelamatkan diri lewat aksi merger maupun akuisisi.


Dibandingkan cuma merger, operator yang duitnya lebih banyak, tentu dalam posisi yang lebih menguntungkan untuk akuisisi. Tujuannya jelas, mereka butuh tambahan spektrum frekuensi untuk terus ekspansi. Namun sayangnya, akuisisi pun tak semudah itu. Ada ribuan karyawan yang harus ditanggung nasibnya, dan itu jelas jadi beban tambahan di kemudian hari.


Kominfo sendiri mengharamkan jika akuisisi ini hanya akan jadi alat transaksi jual-beli frekuensi. "UU Telekomunikasi tidak memperbolehkan pemindahtanganan kepemilikan izinnya kepada pihak lain," tegas Gatot.


Dengan demikian, lanjut dia, cara yang sering diantisipasi oleh dua operator yang ingin merger ini hanya sebatas merger di level holding company saja. "Karena ada pasal yang harus mereka hindari," tutur juru bicara Kominfo tersebut.


Belum Lapor


Sejauh ini, ditegaskan oleh Gatot, Kominfo dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) belum mendapat laporan dari kedua belah pihak, baik XL maupun Axis, terkait kabar soal akuisisi ini.


"Seharusnya mereka kirim surat pemberitahuan resmi soal itu, dan juga ke KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Isinya adalah latar belakang, tujuan merger akuisisi, dan bagaimana pengaturan alokasi frekuensinya," tukasnya.


Surat itu juga harus menjelaskan konfigurasi proporsi kepemilikan sahamnya. Sebab, hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo (Permen) tentang Penyelenggaraan Jaringan telekomunikasi.


"Saat ini BRTI sedang menyusun RPM (Rancangan Permen) yang mengatur tentang merger dan akuisisi. Namun meski RPM itu belum selesai, tidak ada halangan bagi operator untuk melakukannya. Boleh jalan asal tidak melanggar ketentuan yang ada. Kurang lebih seperti Mobile-8 Telecom dan Smart Telecom," pungkas Gatot.


Isu Hangat


Rencana XL membeli Axis sejatinya sudah santer terdengar sejak beberapa tahun lalu. Namun isu itu sempat tenggelam hingga beberapa hari lalu, Bloomberg menerbitkan kabar yang membuat geger industri.


Disebutkan, Axiata Group Berhad, perusahaan telekomunikasi asal Malaysia yang memiliki XL, tengah mengevaluasi rencana membeli Axis. Penawaran pembelian terhadap Axis ini akan dilakukan langsung melalui XL.


Axiata Group sendiri mempunyai anak-anak usaha di banyak negara di Asia. Selain memiliki XL di Indonesia, kelompok usaha ini juga memiliki saham mayoritas operator Celcom di Malaysia, operator Robi (Bangladesh), Helllo (Kamboja), dan Idea (India).


Perusahaan ini juga memiliki saham operator MTCE di Iran, Multinet (Pakistan), M1 (Singapura), SIM (Thailand), dan Dialog (Srilanka). Pada 2012, Axiata Group mencatat pendapatan usaha 17,7 miliar ringgit Malaysia, dengan laba bersih 2,5 miliar ringgit. XL dan Celcom tercatat memberikan kontribusi terbesar atas kinerja Axiata Group.


Sementara itu, kepemilikan Axis 84% dikuasai Saudi Telecom Company (STC). Sisanya dimiliki oleh Maxis Communications Berhad. Saudi Fransi Capital memperkirakan nilai Axis sebesar USD 1 miliar, sementara saham Saudi Telecom diperkirakan bernilai USD 880 juta.


Sementara pada 2012, Axis juga mencatat pendapatan usaha sekitar Rp 2,4 triliun, naik 70% dari pendapatan 2011 yang Rp 1,4 triliun. Jumlah pelanggannya mencapai 17 juta nomor dengan jumlah Base Transceiver Stations (BTS) 9.700 unit.


Menurut sumber Axiata Group yang dituliskan Bloomberg, pembelian Axis akan menguntungkan bagi XL Axiata, sebab perseroan dapat menambah jumlah frekuensi yang dibutuhkan untuk melakukan ekspansi layanan selulernya.


Tambahan spektrum frekuensi akan memperkuat posisi XL Axiata untuk menambah layanan dan memperluas jangkauan layanan. Apalagi pada kuartal pertama 2013, laba XL Axiata turun 52% menjadi Rp 315 miliar dari periode sama 2012.


Sumber tersebut juga mengatakan bahwa konsolidasi XL Axiata dan Axis harus membutuhkan persetujuan dari pemerintah Indonesia.


Membantah


Saat dikonfirmasi langsung oleh detikINET, kedua belah pihak, baik XL maupun Axis, membantah kabar yang beredar tentang isu rencana akuisisi tersebut.


Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis menyatakan, pihaknya sejauh ini masih menjalankan bisnis seperti biasanya meski diterpa isu akuisisi tersebut.


"Di internal sendiri, tidak ada informasi terkait dengan hal yang ditanyakan. Jadi kami masih melihat kabar tersebut sekedar rumor atau spekulasi," kata Anita kepada detikINET, Jumat (24/5/2013).


Pun demikian, Axis menegaskan jika operator GSM tersebut tetap membuka diri untuk konsolidasi dengan pihak lain dalam mengarungi bisnis telekomunikasi Tanah Air.


"Kami terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun. Tentunya yang bisa memberikan value untuk stakeholder," imbuh Anita.


Dari pihak XL sendiri, yang diwakili Vice President Corporate Communication Turina Farouk, tidak mengamini secara tegas soal isu akuisisi tersebut.


Ia hanya menuturkan bahwa berbagai kemungkinan konsolidasi di industri telekomunikasi begitu terbuka, dan jika dilihat itu sebagai langkah tepat tentu bisa saja dilakukan oleh XL.


"Banyak yang harus dipertimbangkan, tidak cuma terkait strategi perusahaan, tetapi juga soal posisi keuangan," ujar Turina menandaskan.


(rou/ash)



readmore »»  

Dibeli Yahoo Rp 10 Triliun, Karyawan Tumblr Kaya Mendadak

Jakarta - Yahoo baru saja mengakuisisi Tumblr, sebuah situs blogging populer senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 10 triliun. Tidak hanya sang pendiri yang kaya raya, para karyawan Tumblr pun mendadak jadi jutawan.

David Karp, pendiri dan CEO Tumblr, diestimasi mendapatkan USD 253 juta dan saham Yahoo dari hasil akuisisi tersebut. Setelah dipotong pajak, Karp kira-kira dapat meraup USD 190 juta.


Adapun 30 karyawan pertama Tumblr diperkirakan masing-masing meraih USD 3,6 juta. Meski tidak semuanya masih menjadi karyawan Tumblr, mereka tetap kebagian karena punya saham.


Adapun 178 karyawan Tumblr yang mempunyai saham perusahaan akan meraih bagian dari jumlah USD 66 juta. Demikian estimasi yang dikeluarkan PrivCo, sebuah biro riset yang berbasis di New York.


Salah satu yang kebagian jatah cukup besar adalah Marco Ament, developer pertama di Tumblr. Apa yang akan dilakukannya setelah menjadi jutawan?


"Aku tidak akan membeli kapal atau helikopter. Jika aku bisa mengontrolnya dengan baik, aku bisa bebas mengerjakan apapun," kata dia yang detikINET kutip dari DailyMail, Jumat (24/5/2013).


Lalu, apa yang akan dilakukan David Karp yang meraup ratusan juta dolar? Saat ini, pemuda drop out saat SMA yang kini berusia 26 tahun itu belum berencana membeli apa-apa. Dia masih akan tinggal di apartemen satu kamarnya bersama sang pacar, Rachel Eakley.


(fyk/ash)



readmore »»  

WD Passport Ultra Ingin Jadi Pasangan Ultrabook

Jakarta - Desain notebook ramping atau lebih populer dengan sebutan ultrabook mulai mendominasi tren komputer jinjing. Tak ingin kalah, hardisk eksternal yang kerap hadir sebagai pasangan notebook pun mengalami evolusi bentuk yang semakin tipis.

Salah satunya dihadirkan oleh Western Digital (WD) yang baru saja mengumumkan hardisk eksternal berdesain seksi bernama WD Passport Ultra. Penyematan nama 'Ultra' di sini tentu diartikan sama dengan ultrabook yang sama-sama mengusung desain tipis.


"Mengusung desain yang sama-sama tipis, WD Passport Ultra sangat harmonis bila digunakan oleh pengguna yang mengandalkan ultrabook sebagai teman beraktivitas," tutur Tirtasaputra Salim, Sales Manager WD Indonesia di Jakarta, Jumat (24/5/2013).


Semakin menarik karena WD Passport Ultra yang digaransi selama 3 tahun tersebut menawarkan 4 warna, yakni biru, merah, titanium silver, dan hitam.


Sedangkan kapasitas yang ditawarkannya tersedia dalam dua pilihan, versi 500 GB yang dibanderol Rp 689 ribu dan 1 TB yang dibanderol Rp 925 ribu.


Di dalamnya, WD juga sudah membekali Passport Ultra dengan sebuah software yang disebut Smartware Pro. Fungsi software ini untuk memudahkan pengguna melakukan backup data menuju layanan penyimpanan file berbasis cloud, Dropbox.


(ash/ash)



readmore »»  

Kinect Xbox One Bisa Dipakai di Komputer

Jakarta - Microsoft telah memamerkan Xbox One beserta sensor gerak versi terbaru, Kinect. Perangkat itu pun ternyata juga dirancang agar bisa dipakai pada komputer berbasis Windows.

Kinect memang bisa dikatakan sebagai kontroler game yang revolusioner. Perangkat ini mampu mengenali gerak pemainnya untuk kemudian ditranmisikan ke dalam bentuk permainan.


Versi awal Kinect memiliki beberapa keterbatasan, seperti hanya mampu mengenali dua pemain dan tingkat responsif yang masih rendah. Inilah yang masih banyak dikeluhkan para pemain Xbox 360.


Namun Microsoft memberikan upgrade besar-besaran pada versi kedua sensor gerak tersebut. Saat memamerkannya bersama Xbox One, Kinect versi terbaru punya beberapa keunggulan, misalnya kemampuan mengenali hingga 5 pemain, dan tingkat responsifnya pun kini lebih cekatan dibanding versi sebelumnya.


Kontroler tersebut kabarnya akan dipaketkan ke dalam penjualan Xbox One. Tapi selain itu, Microsoft juga ternyata telah menyiapkan Kinect terbaru ini untuk komputer Windows.


Hal itu dipaparkan Microsoft melalui blog resmi mereka. Di situ dituliskan bahwa Microsoft tengah menyiapkan Software Development Kit (SDK) agar para developer bisa membuat Kinect berjalan di komputer.


Seperti dikutip detikINET dari cnet, Jumat (24/5/2013), Kinect untuk Windows dan Xbox One diperkirakan punya tampilan yang identik, baik itu dari segi spesifiksi, fitur, atau sensor yang digunakan. Perangkat ini diperkirakan meluncur pada 2014 mendatang.


Baca juga:

-. Ini Fitur Unggulan Xbox One

-. FotoINET: Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game

-. Mengintip 'Dapur' Xbox One

(eno/ash)



readmore »»  

Sony Usung Gaya RX100 di Kamera Ponsel Honami?

Jakarta - Sony memang diketahui tak main-main dalam menggarap kamera di jajaran ponselnya. Rumor yang belakangan ini beredar mengatakan bahwa Sony tengah mempersiapkan ponsel dengan kamera ampuh dengan nama sandi Honami.

Makin ke sini, rumor mengenai Honami makin merebak, salah satunya dari sektor kamera. Sebelumnya, disebut-sebut Honami akan dibenamkan dengan sensor 2/3 inch beresolusi 20MP.

Kini, ada tambahan prediksi bahwa Sony akan makin memanjakan pengguna flagshipnya itu dengan kontrol manual seperti yang ada di RX100, sebuah kamera compact papan atas Sony.


Entah apakah kontrol manual yang dimaksud berwujud fisik atau fitur software, namun jka rumor ini terbukti benar, maka bersiaplah menyambut ponsel dengan kamera menjanjikan tersebut.


Masih berupa dugaan, Sony akan mempertahankan lensa Carl Zeiss, sedang untuk flash, akan memakai jenis Xenon, demikian seperti dikutip dari UberGizmo, Jumat (24/5/2013). Xenon flash sendiri mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan LED.


Adapun di luar sektor kamera, bocoran spesifikasi Honami yang lain adalah prosesor quadcore terbaik Qualcomm yakni Snapdragon S800 yang akan berjalan pada clock 2,3 GHz, layar full HD 1920x1080 pixel dalam layar ukuran 5 inch, dan kapasitas RAM berukuran 2 GB. Sedangkan pemasok dayanya kabarnya dipercayakan pada baterai dengan kapasitas 3000 mAh.


(sha/ash)



readmore »»  

Inspirasi BBM Channel Ternyata dari Indonesia

Orlando - Diakui BlackBerry, perjudian mereka membuka akses BlackBerry Messenger (BBM) ke iOS dan Android merupakan siasat untuk menambah jumlah pengguna BBM ke depannya. Dengan begitu, BlackBerry bisa menambah pundi-pundi pendapatannya dari BBM.

Apalagi dengan adanya fitur BlackBerry Channel yang mencoba merangkul berbagai macam brand product, semakin mempermudah untuk melakukan monetisasi. Hal itu diamini Alec Saunders, Vice President Developer Relations BlackBerry.


"BlackBerry terus mengembangkan BBM yang menjadi fitur andalannya. Setelah BBM Voice dan BBM Video kini kami menghadirkan BlackBerry Channel," paparnya dalam wawancara media terbatas di Orlando, AS.


Diakui oleh Alec, langkah mereka merilis BBM Channel tak lain karena melihat fenomena BBM di Indonesia yang kerap dijadikan lapak jualan lewat ponsel penggunanya. Selain kerap memamerkan barang dagangan lewat status dan profil pengguna, barang dagangan tersebut juga kerap diperjualbelikan via BBM Group.



"BBM Channel ini sebenarnya ekstensi dari BBM Group yang sudah kita kenal. Di Indonesia BBM, sangat diminati. Kami banyak menemukan pengguna yang berjualan lewat status dan profile picture, dan juga lewat BBM Group," tuturnya.


Maka menurutnya, tak ada salahnya inspirasi dari kebiasaan pengguna ini dikembangkan lagi ke dalam fitur yang lebih luas di dalam satu wadah, BBM Channel. Seperti apa?


Tentu sebagian besar dari kita mengenal Facebook Fan Page atau Twitter dengan fitur follow-nya. Nah, kira-kira seperti itulah gambaran BBM Channel yang dimaksudkan Alec.


BlackBerry akan menyediakan kanal khusus pada BBM bagi perusahaan atau selebriti yang ingin berkomunikasi langsung dengan para pengikutnya. Pengguna yang tertarik pada produk tertentu bisa bergabung pada kanal khusus.


Misalnya saja, penggemar Mercedes Benz bisa mendaftar ke kanal produsen mobil itu. Di sana pengguna bisa mendapatkan info ter-update hingga melakukan chatting dengan representatif dari perusahaan tersebut.


Di sisi lain perusahaan bisa menjadikan fitur ini sebagai media untuk mendekatkan diri ke konsumen. Saat ini BlackBerry Channel masih dalam versi beta. Dan beberapa kanal yang sudah tersedia antara lain, Mercedes Bens, grup band Goo Goo Dolls, dan Alicia Keys.


"Nantinya, antara brand dan user bisa saling engaged. Brand bisa tahu apakah penawarannya lewat channel ini sudah dibaca atau belum. Sama seperti saat kita chat dengan BBM, akan ada tanda D untuk pesan yang delivered (terkirim), dan R untuk yang sudah read (dibaca)," jelasnya.


Dari interaksi itu pula, BlackBerry dan seluruh brand yang terdaftar di channel bisa hitung-hitungan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar akses promosi langsung ke tangan para pengguna BBM.


Seperti diungkapkan Alec, saat ini ada 60 juta pengguna aktif BBM. Dan 51 juta di antaranya saling bertukar pesan dengan temannya paling tidak selama 1,5 jam per hari setiap hari. Dan ada 10 milliar pesan yang terkirim setiap harinya.


Dengan dilepasnya BBM ke iOS dan Android, dan prospek BBM Channel ke depan, tentu saja BlackBerry berharap penggunanya bisa menyaingi para kompetitor seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, WeChat, dan sejenisnya yang telah lebih dulu menggurita karena multiplatform.


"Kalau ditanya berapa target kami, tentu saja sebanyak-banyaknya. Kalian bisa hitung sendiri berapa jumlah ponsel yang beredar saat ini," pungkasnya.


Baca juga:

-. Q5, BlackBerry 10 Manis Versi Ekonomis


-. FotoINET: Gemerlap Pesta BlackBerry Live

-. FotoINET: Alicia Keys, Si Direktur Cantik BlackBerry

(rou/ash)



readmore »»  

VIA Akhirnya Terjun ke Pasar Ponsel

Jakarta - Nama Via mungkin sudah familiar di telinga penggila komputer. Namun di segmen smartphone ataupun tablet PC, produsen yang dikenal dengan berbagai produk terjangkau itu belum ada gaungnya.

Setelah Intel, sepertinya VIA malah lebih dulu menyalip AMD dalam segmen perangkat mobile. Dibuktikan lewat prosesor SoC (System on Chip) WM8880 berbasis ARM Cortex-A9 yang baru diumumkannya, produsen asal Taiwan itu siap mengincar segmen entry level, seperti yang biasa dilakukannya pada segmen PC.


Namun meski mengincar kelas pemula, berdasarkan bocoran yang dilansir VR-Zone, hasil benchmark WM8880 cukup menjanjikan karena hanya sedikit di bawah Galaxy S III dan HTC One X. Pada pengujian menggunakan AnTuTu, WM8880 meraih skor sebesar 11612 poin.


Diuji menggunakan Nenamark2, prosesor SoC garapan VIA cukup menjanjikan dengan raihan skor sebesar 43,3 fps (frame per second).


Diikuti oleh pengujian menggunakan Vellamo (HTML5) yang juga menuai hasil memuaskan dengan skor sebesar 1517 poin, selisih tidak banyak dibanding skor yang mampu diraih Galaxy S III dan HTC One X.


Namun meski memiliki kinerja lumayan, WM8880 yang telah mengusung pengolah grafis dual core Mali400 MP2 tersebut seperti dikutip oleh detikINET, Kamis (23/5/2013), awalnya hanya akan berkompetisi langsung melawan MediaTek yang telah populer di segmen smartphone dan tablet entry level.


Sedangkan untuk berkompetisi dengan Qualcomm dan Nvidia, konon VIA masih belum percaya diri.



(ash/ash)



readmore »»  

Axis Santai Soal Isu Mau Diakuisisi XL

Jakarta - Industri telekomunikasi yang lagi adem ayem tiba-tiba dipanaskan oleh isu rencana akuisisi Axiata Group Bhd, induk usaha XL Axiata, terhadap Axis Telekom Indonesia. Menanggapi isu ini, Axis pun santai.

Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis menyatakan, pihaknya sejauh ini masih menjalankan bisnis seperti biasanya meski diterpa isu akuisisi tersebut.


"Di internal sendiri, tidak ada informasi terkait dengan hal yang ditanyakan (isu akuisisi-red.)," tukas Anita kepada detikINET, Jumat (24/5/2013).


Bahkan, ia memaparkan, Axis saat ini malah sedang fokus menyiapkan program-program untuk bulan Ramadan yang akan mulai diimplementasikan dalam waktu dekat.


"Jadi kami masih melihat kabar tersebut sekedar rumor atau spekulasi," lanjut Anita.


Pun demikian, Axis menegaskan jika operator GSM tersebut tetap membuka diri untuk konsolidasi dengan pihak lain dalam mengarungi bisnis telekomunikasi Tanah Air.


"Kami terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun. Tentunya yang bisa memberikan value untuk stakeholder," ia menandaskan.


Sebelumnya, Axiata Group Bhd diisukan tertarik untuk melakukan aksi akuisisi terhadap Axis Telekom Indonesia. Rencana ini konon bakal dilakukan melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, XL Axiata.


Pihak XL sendiri, diwakili Vice President Corporate Communication Turina Farouk, tidak mengamini secara tegas soal isu akuisisi tersebut.


Ia hanya menuturkan bahwa berbagai kemungkinan konsolidasi di industri telekomunikasi begitu terbuka, dan jika dilihat itu sebagai langkah tepat tentu bisa saja dilakukan oleh XL.


"Banyak yang harus dipertimbangkan, tidak cuma terkait strategi perusahaan, tetapi juga soal posisi keuangan," lanjut Turina.


(ash/fyk)



readmore »»  

Galaxy S4 'Menyala' dengan Warna Merah

Jakarta - Galaxy S4, ponsel Android flaghsip Samsung, awalnya cuma tersedia dalam dua warna, hitam Black Mist dan putih White Forst. Kini, tersedia juga Galaxy S4 warna merah Aurora Red.

Namun saat ini, seperti dikutip detikINET dari UnwiredView, Jumat (24/4/2013), Galaxy S4 versi Aurora Red hanya tersedia secara eksklusif di Amerika Serikat melalui operator AT&T.


Konsumen yang menginginkannya bisa memesan ke AT&T. Di salah satu operator terbesar di Amerika Serikat ini, Galaxy S4 dijual USD 199,99 dengan catatan konsumen terikat kontrak layanan seluler selama 2 tahun.


Belum jelas apakah versi warna merah ini akan dijual juga di luar AS. Kabarnya, Samsung memang akan menambah pilihan warna Galaxy S4 di masa depan.


Galaxy S4 telah mencetak rekor sebagai ponsel Samsung terlaris. Dengan jumlah pengapalan diumumkan menembus 10 juta unit hanya dalam bulan pertama pemasarannya.


Baca Juga:

-. Review Galaxy S4, Android Bertenaga yang Serba Ada

-. FotoINET: Galaxy S4 'Tancap Gas' di Indonesia

-. VideoINET: Sensasi 'Sihir' Galaxy 4

(fyk/ash)



readmore »»  

Nokia EOS dengan Kamera 41 MP Dilepas Juni?

Jakarta - Nokia EOS, yang disebut sebagai smartphone dengan kamera 41 megapixel berbasis Windows Phone akan diumumkan dalam waktu yang tak lama lagi. Benarkah?

Menurut sumber dekat di Nokia, perusahaan tersebut telah menentukan bulan yang akan dipilih sebagai waktu 'kelahiran' EOS, tepatnya pada bulan Juni 2013.


Dipastikan Nokia EOS akan menggunakan sensor 41 megapiksel PureView dengan Xenon dan LED flash, serta stabilisasi gambar optik.


Kelebihan lain yang mungkin ditambahkan di Nokia EOS adalah kemampuannya merekam video 2K dan 4K, demikian yang dikutip detikINET dari Boy Genius Report, Jumat (24/5/2013).


Informasi ini dilansir Mynokiablog yang mendapat bocoran dari sumber yang dekat dengan pengerjaan ponsel itu. Menurutnya, Nokia EOS mungkin akan dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 800 quad core.


Tapi Nokia menguji dengan versi lainnya, yakni dengan chip dapur pacu dual core. Ini sebagai bentuk antisipasi bila Nokia EOS kalau-kalau menyedot energi dengan cepat.


Hal yang sama juga untuk RAM-nya. Dimana Nokia menguji dua versi, yakni dengan RAM 512 MB dan 1 GB. Besar kemungkinan opsi terakhir menjadi pilihan untuk Nokia EOS.


Nah, untuk menunjang daya tahan baterainya, rencananya Nokia EOS akan memiliki baterai 2.000 mAh dan resolusi yang sama dengan Lumia 920, namun dengan layar Amoled.


Nokia sangat dimintai konfirmasi mengenai hal ini, menolak memberikan komentar terkait informasi yang beredar tersebut.


(tyo/ash)



readmore »»  

Hisense Buat 'Kloningan' Tablet Google Nexus 7

Qingdao - Hisense, pabrikan gadget asal China memasuki pasar tablet dengan merilis dua tablet seri Sero 7. Dibuat eksklusif untuk retailer Walmart, tablet ini dipasarkan di Amerika Serikat (AS) dengan harga terjangkau.

Seperti dikutip dari Tom's Hardware, Jumat (24/5/2013), tablet ini menyasar segmen middle end, yakni konsumen yang menginginkan performa dan kualitas cukup memuaskan, namun dengan harga terjangkau.


Hisense Sero 7 PRO dibanderol seharga USD 149 dan Sero 7 LT USD 99. Keduanya sudah tersedia di toko Walmart di AS, dan bisa juga dipesan via internet di situs Walmart sejak 24 Mei.


"Hisense bangga memperkenalkan tablet berteknologi canggih yang bisa dijangkau oleh demografi yang lebih luas," kata Jonathan Frank, Vice President of Marketing, Hisense AS.


"Tablet Sero 7 kami akan menghadirkan hiburan, komunikasi serta tool produktivitas yang powerful," lanjutnya berpromosi.


Yang menarik, Hisense Sero 7 PRO boleh dibilang seperti kloningan tablet Google Nexus 7. Mengusung prosesor quad-core Tegra 3 SoC 1,3 GHz, layar sentuh HD IPS 7 inch dengan resolusi 1.280x800, RAM 1 GB dan internal storage 8 GB.


Terdapat kamera 2 MP di bagian depan, kamera belakang 5 MP, teknologi NFC serta Bluetooth 3.0+EDR. Meski internal storage tablet berbasis Jelly Bean ini kecil, tablet ini menawarkan mini-HDMI output yang tidak ada di Nexus 7 dan slot SD card untuk penambahan kapasitas storage.


Sementara itu, Sero 7 LT yang lebih murah, spesifikasinya memang berada di bawah Sero 7 PRO. Dibekali layar 7 inch dengan resolusi 1.024x600, prosesor dual-core SoC 1,6 GHz (Rockchip RK3066), RAM 1 GB, internal storage 4 GB dan slot SD card untuk tambah kapasitas storage.


Fitur lainnya adalah mini-HDMI output, micro USB ports, konektivitas wireless, kamera depan 0,3 MP, dan baterai 3400 mAh. Sistem operasi yang digunakan sama dengan Sero 7 PRO yakni Android Jelly Bean.


(rns/ash)



readmore »»  

Temash, Kabini, dan Richland: Trio Jagoan AMD di Jagat Mobile

Jakarta - AMD baru saja meluncurkan jajaran prosesor terbarunya. Disiapkan untuk mengisi seluruh lini, AMD memposisikan varian baru prosesornya tersebut untuk mengincar segmen mobile.

Tak sekadar teknologi baru, AMD makin percaya diri berkat penyematan Radeon HD 8000 sebagai pengolah grafisnya.


Adalah Temash, Kabini, dan Richland yang dipercaya AMD untuk makin mengukuhkan posisinya pada segmen mobile. Ketiga prosesor tersebut diklaim siap menghadirkan kinerja mumpuni bagi kelas entry level, mainstream, dan juga elite.


AMD Temash


Disiapkan untuk mengisi kelas entry-level, AMD Temash yang hadir dengan seri A4-1200, A4-1250, dan A6-1450 siap mengincar produk komputer tablet dan netbook berlayar sentuh dengan kinerja lumayan namun berdaya rendah yang dimilikinya.


Pada varian terendah yang dihuni oleh A4-1200, AMD membekalinya prosesor dual core ini dengan kecepatan clock 1 GHz dengan L2 Cache sebesar 1 MB.


Namun berkat kecepatan clock rendah yang dimilikinya, A4-1200 hanya membutuhkan daya sebesar 3,9W. Lebih kecil bahkan bila dibandingkan dengan daya yang dibutuhkan sebuah lampu.


A4-1200 dibekali pengolah Radeon HD 8180 dengan clock hanya 225 MHz dan 128 Radeon Cores. Terlihat biasa memang, namun hal tersebut wajar mengingat A4-1200 memang sengaja diposisikan sebagai varian terendah.


Seri A4-1250 tidak berbeda jauh, sama-sama mengusung kecepatan clock 1 GHz, namun daya yang dibutuhkannya sedikit lebih tinggi yakni 8W. Sedangkan pengolah grafisnya dipercayakan oleh Radeon HD 8210 yang juga mengadopsi 128 Radeon Cores, namun dengan kecepatan clock 300 MHz.


A6-1450 merupakan varian tertinggi, prosesor SoC ini selain telah mengandalkan teknologi quadcore, juga hadir dalam dua kecepatan clock yakni 1,4 GHz dan 1 GHz dengan L2 cache sebesar 2 MB dan konsumsi daya juga 8W.


Sedangkan pengolah grafisnya dipercayakan pada Radeon HD 8250 yang hadir dengan 128 Radeon Cores dan kecepatan clock 400 MHz ataupun 300 MHz.


AMD Kabini


Mengisi kelas mainstream AMD Kabini dipastikan memiliki kinerja lumayan untuk menjalankan game kelas ringan hingga multimedia aktif. Pada kelas ini AMD menyiapkan hingga 6 seri, antara lain adalah A6-5200, A4-5000, E2-3000, E1-2500, dan E1-2100.


Ketiga varian terakhir merupakan varian terendah bagi kelas mainstream. Memiliki kecepatan clock masing-masing 1,65 GHz, 1,4 GHz, dan 1 GHz, ketiga prosesor dual core tersebut sama-sama mengusung L2 cache sebesar 1 MB.


Sedangkan bagian pengolah grafisnya mengandalkan Radeon HD 8280, HD 8240 dan HD 8210. Ketiganya juga dipersenjatai 128 Radeon Cores dan kecepatan clock masing-masing 450 MHz, 400 MHz, dan 300 MHz.


Sebagai varian yang lebih tinggi A6-5200 dan A4-5000 memiliki spesifikasi yang lebih baik karena telah mengusung teknologi quad core dan memiliki kecepatan clock 2 GHz dan 1,5 GHz serta L2 Cache sebesar 2 MB.


Sedangkan pengolah grafisnya mengandalkan Radeon HD 8400 dan HD 8330 yang dibekali kecepatan clock sebesar 600 MHz dan 550 MHz.


AMD Richland


Diposisikan sebagai varian tertinggi, AMD Richland memiliki spesifikasi yang mumpuni terutama bila digunakan untuk memainkan game kelas menengah.


Platform Richland diwakilkan hingga 7 varian, dimana A10-5757M, A8-5557M disiapkan untuk mengisi kelas tertinggi, sedangkan A10-5745M, A8-5545M, A6-5345M dan A4-5145M mengisi kelas di bawahnya.


Sebagai varian tertinggi A10-5757M yang telah mengusung teknologi quad core dibekali kecepatan clock 3,5GHz dengan L2 cache sebesar 4 MB. Sedangkan pengolah grafisnya dipercayakan oleh Radeon HD 8650G yang telah dipersenjatai oleh 384 Radeon Core dan kecepatan clock 720 MHz.


(ash/ash)



readmore »»  

Startup Ini Jadi Rebutan Google dan Facebook

Jakarta - Waze, sebuah layanan peta berbasis jejaring sosial, kemungkinan akan menjadi startup bernilai fantastis. Bahkan, kabarnya dua raksasa internet, Facebook dan Google berebut untuk mendapatkannya.

Waze tentu bukan aplikasi peta biasa, karena ia bisa menampilkan keadaan lalu lintas begitu up to date. Ini tidak terlepas dari informasi dari anggotanya, yang mana paling banyak menuliskan akan mendapatkan 'hadiah' seperti 'lencana'.


Nah, kabarnya Google ingin mengakuisisi layanan ini untuk memperkuat Google Maps.


Tapi Google tak sendiri, karena Facebook juga tak mau kalah. Bahkan kabarnya, situs jejaring sosial ini sudah menawar US D1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Demikian dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (24/5/2013).


Jadi bukan tidak mungkin jika nantinya Waze akan menjadi startup berniliai lebih dari USD 1 miliar. Apalagi, melihat jumlah anggota yang berinteraksi sudah cukup banyak.


Hadir secara gratis, Waze sampai saat ini sudah memiliki setidaknya 30 juta anggota. Mereka begitu senang berinteraksi dan bertukar informasi, bahkan terkadang bisa saling mengobrol.


Sebelumnya, Apple pun dikabarkan menaruh minat terhadap startup asal Israel tersebut. Ketertarikan mereka terhadap layanan ini untuk 'menebus dosa' atas kegagalan debut Apple Maps.


(tyo/ash)



readmore »»  

Leica Mini M Mulai Menggoda

Jakarta - Leica siap menyegarkan jajaran kameranya dalam hitungan minggu. Di situs resminya, brand legendaris ini memberikan teaser yang menggoda publik akan produk anyarnya itu.

Di foto, model yang dimaksud hanya direpresentasikan dengan kotak berwarna hitam, menyisakan penasaran bagi pecinta kamera mewah ini. Situs Leica Rumors memperkirakan, piranti itu akan menjadi model mirrorless pertama mereka.


Tidak ada petunjuk lebih lanjut lagi, namun yang pasti kamera tersebut diposisikan di antara Leica M dan Leica X2 Micro M. Dan menilik pada tulisan Mini M yang dipajang, ada kemungkinan kamera yang dimaksud akan mengusung bodi yang lebih kecil dari Leica M

Leica Mini M juga diharapkan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Leica M sendiri merupakan digital rangefinder, flagship perusahaan asal Jerman tersebut yang yang memulai debutnya pada 2012 silam.


Leica mengatakan M mini itu akan hadir pada 11 Juni 2013 nanti. Seperti dikutip dari PetaPixel, Jumat (24/5/2013), kamera baru tersebut dilaporkan dirakit di Jerman dan bukanlah bagian dari re-badged Panasonic Lumix.


(sha/ash)



readmore »»  

Ini 10 Perusahaan Paling Bernilai

Amerika Serikat - Marketing Week merilis daftar valuable brand tahunan terbarunya. Dari 100 perusahaan Amerika Serikat (AS) yang masuk dalam daftar ini, Google berada di urutan kedua. Tebak, siapa di urutan pertama?

Selama beberapa bulan terakhir, penjualan saham Google cukup baik. Pekan lalu, penjualan sahamnya bahkan melampaui milestone USD 900 per lembar. Ini adalah pencapaian tertinggi yang pernah diraih perusahaan teknologi.


Dikutip detikINET dari Softpedia, Jumat (24/5/2013), saat ini saham Google diperdagangkan pada level USD 880, menempatkan kapitalisasi pasar sang raksasa internet tersebut pada nilai lebih dari USD 295 miliar.


Google juga terus bertumbuh mengingat layanannnya menjadi dipakai banyak orang di seluruh dunia. Selain itu, Google juga terus mengembangkan produknya. Ini adalah bentuk dedikasi sebuah perusahaan yang sangat disukai para investor.


Dibandingkan tahun lalu, posisi Google naik satu tingkat. Adapun peningkatan brand value-nya adalah sebesar 5 persen. Nah, masih penasaran siapa yang duduk di posisi pertama?


Urutan puncak masih ditempati pesaing terkuat Google. Siapa lagi kalau bukan Apple. Posisi Apple tidak berubah dari daftar urutan valuable brand tahun lalu. Apple bercokol di urutan pertama selama tiga tahun berturut-turut. Meski demikian, peningkatan brand value-nya tidak sebesar Google, hanya naik 1 persen dari tahun lalu.


Setelah Apple dan Google, menyusul berikutnya di posisi 5 besar adalah IBM, McDonald’s dan Coca-Cola. Urutan 10 besar, ada AT&T, Microsoft, Marlboro, Visa dan China Mobile.


(rns/ash)



readmore »»  

Mirasol, Layar Andalan Qualcomm di Gadget Mobile

Jakarta - Qualcomm boleh saja lebih dikenal sebagai produsen chip, namun vendor bermarkas di San Diego, AS, itu pun kian agresif merambah teknologi layar smartphone.

Pada event Society for Information Display (SID) 2013, Qualcomm memamerkan layar smartphone andalannya bernama Mirasol.


Kelebihan yang dimiliki Mirasol terletak pada sisi resolusi. Kebanyakan smartphone high end menawarkan resolusi Full HD (1920x1080 pixel) pada layar, Mirasol lebih canggih lagi karena sanggup menampilkan resolusi 2560x1440 pixel pada ukuran layar 5,1 inch.


Tidak cuma itu, dibandingkan smartphone yang rata-rata memiliki kerapatan layar 441 ppi, Mirasol jauh lebih baik karena kerapatan layarnya mencapai 577 ppi.


Bahkan dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Qualcomm mengklaim Mirasol 6 kali lebih hemat daya dibanding layar berteknologi LCD dan OLED yang banyak digunakan oleh smartphone saat ini.


Seperti dikutip detikINET dari Guru3D, Jumat (24/5/2013), meski kecanggihan yang dimilikinya menawarkan tampilan layar yang tajam namun adem.


Sayangnya, layer terluar Mirasol yang belum anti glare membuat kecerahan warna Mirasol dirasa kurang 'keluar'. Masih kalah dibandingkan layar smartphone high end saat ini yang kecerahan warnanya lebih hidup dan menonjol.


(ash/ash)



readmore »»  

Flickr akan Merilis Fitur Cetak Foto

Jakarta - Yahoo kembali menemukan cara untuk 'menguangkan' situs berbagi foto Flickr. Setelah melakukan perubahan dalam hal berlangganan dan iklan di minggu ini, Flickr dikabarkan bakal merilis fitur baru yang berhubungan dengan cetak foto.

Flickr sebelumnya memang sudah menjalin kerja sama dengan layanan printing Snapfish di tahun 2009. Kerja sama ini memudahkan user untuk memesan foto yang dicetak baik di atas kerta maupun di mug atau baju.


Namun di bawah kepemimpinan Marissa Mayer, ada kemungkinan Flickr akan melaunching fitur printing sendiri meski tetap mempertahankan Snapfish. Penawaran ini menyasar pengguna ponsel yang menginginkan pemesanan lewar gadget mereka, demikian seperti dikutip detikINET dari LATimes, Kamis (25/3/2013).


Adapun Snapfish yang dimiliki oleh Hewlett-Packard memiliki share sebsar 6% dari pasar online photo printing yang bernilai USD 2 miliar per tahun.


Di bawah kepemimpinan Mayer, Flickr memang mendapat sejumlah perubahan, mengingat di ranah photo sharing, persaingan makin ketat.


Bulan lalu, Facebook merilis fitur Home yang memungkinan user menjadikan foto yang diupload temannya sebagai love wallpaper. Sedang di minggu ini pula, Google juga mendandani aplikasi Google+ yang salah satu fokusnya adalah foto.


(sha/ash)



readmore »»  

Jajal BlackBerry Q5, Menelusuri Bodi Hingga Mengetik Cepat

Jakarta - Di ajang BlackBerry Live 2013, CEO BlackBerry Thorsten Heins memperkenalkan smartphone terbaru yang diberi nama Q5. Inilah handset berbasis BlackBerry 10 untuk emerging market.

Kendati ditujukan untuk negara berkembang, BlackBerry Q5 bukanlah sembarang ponsel 'murah'. Karena selain sistem operasi paling baru, piranti ini ditanamkan dengan prosesor dan RAM lumayan tinggi.


Q5 sendiri boleh dibilang masuk kategori BlackBerry Curve yang memang dikhususkan bagi segmen menengah ke bawah.


Nah, pada saat di acara BlackBerry Live kemarin, detikINET berkesempatan menjajal secara singkat BlackBerry Q5, mulai dari menelusuri bodi hingga mengetik cepat dengan papan ketik qwerty.


Penasaran seperti apa? Simak hasil video singkatnya berikut.




(tyo/ash)



readmore »»  

Lepas BBM, Ponsel BlackBerry Masih Laku?

Orlando - Masa depan BlackBerry sempat diragukan setelah membebaskan salah satu fitur andalannya untuk dinikmati para pesaingnya. Mampukah produsen asal Kanada ini bertahan?

Banyak yang menyebut BlackBerry telah salah langkah melepas BlackBerry Messenger (BBM) ke iOS dan Android. Namun nyatanya, BlackBerry sendiri masih optimistis ponselnya tetap akan laris manis di pasaran.


"Tentu kami masih optimistis. Meskipun BBM kami buka untuk yang lain, kami juga masih punya fitur andalan seperti flowing hub yang cuma ada di ponsel BlackBerry 10 kami," kata Alec Saunders, Vice President Developer Relations BlackBerry.



"Lagipula, sekarang kami sudah punya lebih dari 120 ribu aplikasi hanya dalam waktu empat bulan. Ini pertumbuhan tercepat dibanding semua kompetitor kami," tuturnya dalam wawancara terbatas di Orlando, AS.


Dalam kesempatan ini, Alec Saunders menjelaskan, user saat ini telah banyak berkomunikasi secara multiplatform, dan BlackBerry juga ingin ikut menyediakan layanan tersebut di platform lainnya meski hingga saat ini ponsel BlackBerry sudah terjual sebanyak 200 juta unit di seluruh dunia.


"Saat ini ada 60 juta pengguna aktif BBM. Dan 51 juta di antaranya saling bertukar pesan dengan temannya paling tidak selama 1,5 jam per hari setiap hari. Dan ada 10 milliar pesan yang terkirim setiap harinya," kata dia.


Seperti diketahui, BlackBerry telah mengumumkan kejutan bahwa aplikasi ВВМ tak lama lagi sudah bisa dinikmati di perangkat berbasis iOS (versi 6 ke atas) dan Android (Ice Cream Sandwich ke atas).


Tepatnya sekitar Juli nanti pengguna handset BlackBerry sudah bisa chatting dengan pengguna handset dengan platform iOS dan Android melalui layanan ВВМ versi beta.


Aplikasi BBM ini akan tersedia gratis di App Store dan Google Play Store. Untuk tahap awal baru fitur Chat dan Group yang bisa dinikmati. Baru pada akhir tahun semua fitur layanan yang ada di BBM bisa dinikmati pada handset iOS dan Android.


Sistem PIN juga akan diterapkan pada handset iOS dan Android meskipun pengguna juga bisa menggunakan alamat email untuk menambah teman (invite friends) di daftar kontaknya.



"Dengan penuh percaya diri kami memutuskan bahwa ini saatnya BBM menjadi platform messaging yang berdiri sendiri," demikian kata Thorsten Heins, CEO BlackBerry saat keynote speech pembukaan BlackBerry Live 2013.


Namun begitu, pasti ada efek samping yang mau tidak mau dirasakan BlackBerry. Yaitu dampaknya pada penjualan handset BlackBerry sendiri. Masih diminati, atau justru bakal ditinggalkan?


Sempat Grogi


Seperti diketahui, BlackBerry berencana melepas enam jenis ponsel dengan platform BlackBerry 10 hingga akhir 2013 nanti. Tiga sudah diperkenalkan, yakni seri Z10, Q10, dan terakhir Q5. Sementara tiga lainnya masih dirahasiakan oleh vendor asal Kanada tersebut.


Untuk seri Z10 telah dijual bebas di Indonesia sejak Maret lalu dengan banderol Rp 6,99 juta. Sementara Q10 baru akan dipasarkan Juni nanti dengan harga Rp 7,5 juta, dan Q5 baru meluncur Agustus dengan banderol Rp 4,2 juta.




Distributor sekelas Teletama Artha Mandiri (TAM) saja yang kini berada di bawah manajemen Erajaya, pun sempat ketar-ketir saat mendengar BBM akan dilepas bebas ke iOS dan Android.


Djatmiko Wardoyo, Direktur Erajaya, sempat khawatir penjualan ponsel BlackBerry akan tergerus penjualan ponsel-ponsel Android yang berharga murah. Misalnya saja ponsel yang dijual dengan harga sekitar Rp 1 jutaan.


"Tapi karena kita pegang 13 brand, selain BlackBerry, ya jadinya sama saja. Kalau ada yang turun (penjualannya), pasti ada yang naik. Kita juga yang menikmati hasilnya," kata pria yang akrab disapa Koko ini saat berbincang santai dengan detikINET.


Setali tiga uang dengan distributor, Indosat selaku mitra operator BlackBerry juga mengaku tidak khawatir dengan dilepasnya fitur BBM ke iOS dan Android.



"Memang tak bisa dipungkiri ini perjudian BlackBerry. Saat bertemu Thorsten, dia sendiri sempat mengaku nerveous (grogi) saat memutuskan untuk melepas BBM. Tapi langkah ini pasti sudah dipikirkan matang-matang karena peluang di pasar messaging juga menggiurkan," kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.


Bagi Indosat, gebrakan ini harus diakui revolusioner dan tetap akan menguntungkan, setidaknya bagi operator. Karena apapun handset yang digunakan pelanggan untuk saling berkirim pesan lewat instant messaging, dampaknya tetap positif terhadap peningkatan penggunaan data seluler operator.


Meski begitu, dari penelusuran detikINET ke sejumlah toko ritel ponsel di Jakarta, harga BlackBerry diakui oleh sejumlah pedagang ponsel langsung drop begitu BBM diumumkan bakal dilepas ke iOS dan Android.


"Sekarang harga BlackBerry terjun bebas. Q10 BM (black market) yang sempat dijual Rp 13 juta sekarang mulai dijual cuma Rp 7 juta. Sedangkan Z10 second paling bagus bisa laku di harga Rp 5 jutaan," ungkap salah seorang pedagang yang tak mau disebut namanya.


(rou/ash)



readmore »»  

Galaxy S4 Terjual 10 Juta Unit, Kalau HTC One?

Jakarta - Samsung baru saja mengumumkan jumlah penjualan Galaxy S4 telah menembus 10 juta unit hanya dalam waktu satu bulan sejak pemasarannya. Apa kabar para pesaingnya seperti HTC One?

Begitu Samsung mengumumkan jumlah penjualan Galaxy S4, HTC segera tanggap. Vendor asal Taiwan ini mengklaim penjualan HTC One sudah mencapai sekitar 5 juta unit di seluruh dunia.


Seorang sumber eksekutif HTC menyebutkan jumlah tersebut kepada media Wall Street Journal. "Pemesanannya cukup bagus sejauh ini dan lebih banyak dari suplai yang ada," katanya.


Jumlah penjualan HTC One tersebut dinilai cukup impresif meski kalah cukup jauh dari Galaxy S4. Apalagi pada awalnya terjadi penundaan pemasaran di beberapa wilayah terkait kelangkaan komponen dan faktor lainnya.


Penerimaan pasar yang positif pada HTC One menjadi kabar baik. Terlebih HTC tengah mengalami eksodus sejumlah pejabat tingginya. Demikian seperti dikutip detikINET dari BGR, Jumat (24/5/2013).


Review Produk: HTC One, Nyaris Tanpa Cela

FotoINET: Mengintip Keelokan HTC One

(fyk/ash)



readmore »»  

Isu Caplok Axis, XL: Kita Terbuka untuk Konsolidasi

Jakarta - Isu ketertarikan Axiata Group Bhd, induk perusahaan XL Axiata, terhadap Axis Telekom Indonesia bergulir panas. XL sendiri memastikan pihaknya selalu terbuka untuk peluang konsolidasi.

Menurut Turina Farouk, Vice President Corporate Communication XL, seperti yang dipaparkan oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi bahwa pihaknya tidak dapat memberi tanggapan terhadap Axis secara spesifik.


"Namun yang pasti kita terbuka untuk peluang konsolidasi di industri (telekomunikasi) ini," kata Turina kepada detikINET, Jumat (24/5/2013).


Pun demikian, ia menambahkan jika berbagai peluang tersebut masih dalam tahap kajian yang tengah digodok.


"Banyak yang harus dipertimbangkan, tidak cuma terkait strategi perusahaan, tetapi juga soal posisi keuangan," lanjut Turina.


Sebelumnya, isu rencana pembelian Axiata Group Bhd terhadap Axis Telekom Indonesia konon bakal dilakukan melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, XL Axiata.


XL sendiri baru saja melaporkan raihan laba bersih Rp 316 miliar di akhir Maret 2013. Labanya berkurang 52% dari perolehan laba periode yang sama tahun sebelumnya Rp 667 miliar. Salah satu penyebabnya adalah beban rugi kurs.


Emiten berkode EXCL itu mencatat pertumbuhan pendapatan tipis 2% menjadi Rp 5,05 triliun, yang dipicu oleh kenaikan pendapatan layanan Data sebesar 16%.


Hingga triwulan I 2013, XL telah punya 39.819 BTS, termasuk 13.295 Node B untuk mendukung peningkatan pengalaman menggunakan Data pada para pelanggan.


Adapun jumlah pelanggan hingga kuartal I 2013 sudah menyentuh angka 49,1 juta pelanggan.


Sementara kepemilikan mayoritas Axis dikuasai oleh Saudi Telecom Company (STC). Operator GSM itu meluncurkan layanannya di Indonesia pada April 2008 dan kini telah tersedia di pulau-pulau besar Tanah Air, termasuk Jawa, Bali, Lombok. Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Riau.


Berkantor pusat di Jakarta, Axis merupakan operator seluler 2G dan 3G dan melayani lebih dari 17 juta pelanggan telepon seluler dan didukung oleh lebih dari 800 pegawai.


(ash/eno)



readmore »»  

Xbox One Lebih Murah dari Xbox 360?

Amerika Serikat - Hingga kini harga Xbox One masih menjadi misteri. Tapi menurut salah satu penjual konsol game ternama, produk tersebut akan dijual tak lebih mahal dari Xbox 360.

Sebelumnya bocoran mengenai harga Xbox One memang telah beredar, yakni dari salah satu retailer asal Inggris yang menyebutkan bahwa konsol itu akan dibanderol 400 poundsterling atau sekitar Rp 6 juta.


Tapi Gamestop punya prediksi yang berbeda. Retailer game terbesar di Amerika Serika itu memperkirakan bahwa Xbox One akan dijual di bawah Rp 6 juta.


"Saya percaya bahwa harga Xbox One nanti akan lebih murah dibandingkan dengan Xbox 360," prediksi Robert Lloyd, Chief Financial Officer Gamestop. Seperti dikutip detikINET dari pcworld, Jumat (24/5/2013).


Sebagai catatan, versi termahal Xbox 360 saat ini di Amerika Serikat dijual pada kisaran harga USD 399, itu belum termasuk Kinect yang dibanderol USD 149. Jadi digabungkan kedua perangkat itu bisa ditebus dengan USD 548 atau setara dengan Rp 5,3 juta.


Nah, jika prediksi bos Gamestop itu benar, maka kemungkinan Xbox One akan dijual di bawah Rp 5,3 juta. Itu dengan asumsi bahwa penjualan konsol tersebut dibundling dengan Microsoft Kinect generasi terbaru.


Baca juga:

-. Ini Fitur Unggulan Xbox One

-. FotoINET: Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game

-. Mengintip 'Dapur' Xbox One

(eno/ash)



readmore »»