Axis Santai Soal Isu Mau Diakuisisi XL

Jakarta - Industri telekomunikasi yang lagi adem ayem tiba-tiba dipanaskan oleh isu rencana akuisisi Axiata Group Bhd, induk usaha XL Axiata, terhadap Axis Telekom Indonesia. Menanggapi isu ini, Axis pun santai.

Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis menyatakan, pihaknya sejauh ini masih menjalankan bisnis seperti biasanya meski diterpa isu akuisisi tersebut.


"Di internal sendiri, tidak ada informasi terkait dengan hal yang ditanyakan (isu akuisisi-red.)," tukas Anita kepada detikINET, Jumat (24/5/2013).


Bahkan, ia memaparkan, Axis saat ini malah sedang fokus menyiapkan program-program untuk bulan Ramadan yang akan mulai diimplementasikan dalam waktu dekat.


"Jadi kami masih melihat kabar tersebut sekedar rumor atau spekulasi," lanjut Anita.


Pun demikian, Axis menegaskan jika operator GSM tersebut tetap membuka diri untuk konsolidasi dengan pihak lain dalam mengarungi bisnis telekomunikasi Tanah Air.


"Kami terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun. Tentunya yang bisa memberikan value untuk stakeholder," ia menandaskan.


Sebelumnya, Axiata Group Bhd diisukan tertarik untuk melakukan aksi akuisisi terhadap Axis Telekom Indonesia. Rencana ini konon bakal dilakukan melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, XL Axiata.


Pihak XL sendiri, diwakili Vice President Corporate Communication Turina Farouk, tidak mengamini secara tegas soal isu akuisisi tersebut.


Ia hanya menuturkan bahwa berbagai kemungkinan konsolidasi di industri telekomunikasi begitu terbuka, dan jika dilihat itu sebagai langkah tepat tentu bisa saja dilakukan oleh XL.


"Banyak yang harus dipertimbangkan, tidak cuma terkait strategi perusahaan, tetapi juga soal posisi keuangan," lanjut Turina.


(ash/fyk)