Nvidia 'Persenjatai' Citrix dengan Virtual Grafis

Jakarta - Nvidia mulai serius merambah pasar enterprise. Hal ini dibuktikan saat mengumumkan kehadiran teknologi virtual grafis bagi Citrix XenDesktop 7.

Sedangkan yang menangani teknologi virtual grafisnya dipastikan adalah Nvidia Grid vGPU, terdiri dari Nvidia Grid VGX yang disiapkan bagi enterprise dan Nvidia Grid VCA (Visual Computing Appliance) untuk small medium business.


Seperti diketahui, Citrix populer di kalangan enterprise sebagai penyedia solusi virtualisasi desktop. Umumnya pengguna enterprise mengandalkan Citrix XenDesktop 7 untuk menjalankan aplikasi non-grafis bagi staf pekerja di perusahaannya, seperti misalnya modul bisnis.


Kini, berkat kehadiran teknologi virtual grafis dari Nvidia, tidak hanya aplikasi non-grafis, Citrix juga bakal mampu menghadirkan aplikasi berbasis grafis (graphics-intense application).


Kemampuan yang diklaim sebagai yang pertama di dunia oleh Nvidia dan Citrix ini dipastikan mewajibkan pengguna enterprise maupun small medium business untuk menggunakan platform server Nvidia Grid vGPU.


"Nvidia Grid vGPU menghadirkan virtualisasi desktop dengan stabilitas berikut kemampuan grafis-accelerated hardware," tutur Jeff Brown, VP dan GM Grid business unit Nvidia, seperti dikutip detikINET dari PC Mag, Kamis (23/5/2013).


"Dalam edisi terbaru XenDesktop, Citrix juga telah memiliki kemampuan HDX GPU dengan teknik kompresi mendalam, yang bila dikombinasikan dengan Windows Server RDSH memungkinkan virtualisasi GPU sesungguhnya," tambahnya.


Kombinasi Nvidia Grid dan Citrix diklaim optimal bila pengguna menggunakan virtualisasi desktop untuk menjalankan aplikasi berbasis grafis seperti computer-aided design (CAD), picture archiving and communication system (PACS), PLM tools for manufacturing, serta aplikasi video dan photo editing.


(ash/ash)