Startup Ini Jadi Rebutan Google dan Facebook

Jakarta - Waze, sebuah layanan peta berbasis jejaring sosial, kemungkinan akan menjadi startup bernilai fantastis. Bahkan, kabarnya dua raksasa internet, Facebook dan Google berebut untuk mendapatkannya.

Waze tentu bukan aplikasi peta biasa, karena ia bisa menampilkan keadaan lalu lintas begitu up to date. Ini tidak terlepas dari informasi dari anggotanya, yang mana paling banyak menuliskan akan mendapatkan 'hadiah' seperti 'lencana'.


Nah, kabarnya Google ingin mengakuisisi layanan ini untuk memperkuat Google Maps.


Tapi Google tak sendiri, karena Facebook juga tak mau kalah. Bahkan kabarnya, situs jejaring sosial ini sudah menawar US D1 miliar atau sekitar Rp 9 triliun. Demikian dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (24/5/2013).


Jadi bukan tidak mungkin jika nantinya Waze akan menjadi startup berniliai lebih dari USD 1 miliar. Apalagi, melihat jumlah anggota yang berinteraksi sudah cukup banyak.


Hadir secara gratis, Waze sampai saat ini sudah memiliki setidaknya 30 juta anggota. Mereka begitu senang berinteraksi dan bertukar informasi, bahkan terkadang bisa saling mengobrol.


Sebelumnya, Apple pun dikabarkan menaruh minat terhadap startup asal Israel tersebut. Ketertarikan mereka terhadap layanan ini untuk 'menebus dosa' atas kegagalan debut Apple Maps.


(tyo/ash)