Unik! Kamera Gifty Ciptakan Flipbook dengan Instan

Jakarta - Konsep menarik datang dari seorang pelajar bernama Jiho Jang. Pelajar ini membesut sebuah kamera yang memadukan konsep kamera instan seperti Polaroid, flipbook dan Gif.

Ya, sesuai namanya yakni Gif-ty, piranti berwarna kuning tersebut mampu menghasilkan animasi Gif, namun dalam bentuk fisik. Caranya?


Meski sekilas menyerupai mainan, Gifty sebenarnya memiliki kemampuan merekam video dengan durasi 1 sampai 5 detik. Nah, dipadukan dengan teknologi Zero Ink di dalamnya, alat ini bisa langsung mencetak video pendek tadi dalam bentuk foto, demikian seperti dikutip detikINET dari Dpreview, Kamis (23/5/2013).


Karena foto yang keluar berupa sambungan per frame, maka pengguna harus menyobeknya satu-satu dan menyatukannya sehingga menjadi seperti album foto mini.


Inilah yang dsebut pembesutnya sebagai physical GIF animation. Tentunya, pengguna harus membalik album foto tersebut dengan cepat untuk merasakan efeknya.


Jang membesut kamera ini sebagai bagian dari thesis. Dan sejauh ini Gifty masih berupa prototype dan hanya ada 1 unit saja. Tidak diketahui apakah nantinya ia berencana memproduksi karyanya secara masal. Berikut video cara kerja piranti tersebut:


(sha/ash)