Dili Menuju Broadband City




Mahasiswa Largo (ash/detikINET)


Dili - Bila dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia, fasilitas dan infrastruktur publik di Timor Leste bisa dibilang masih kalah jauh. Pun demikian, negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI tersebut, sudah punya ancang-ancang untuk membuat broadband city.

Ambisi tersebut rencananya akan dimulai dari kota Dili, ibukota Timor Leste yang juga menjadi kota terbesar di tanah Lorosae.


Yang menarik di sini adalah pembesutnya bukan pemerintah Timor Leste, melainkan Telkomcel, operator seluler bagian dari Telkom International (Telin) yang juga anak usaha Telkom Group.


Dedi Suherman, CEO Telkomcel mengaku optimistis masuknya mereka di industri seluler Timor Leste mampu membangun infrastruktur telekomunikasi di negeri itu.


"Kami jamin dengan kedatangan Telkomcel akan memberikan layanan suara terbaik yang pernah ada di Timor Leste, serta SMS dan internet yang lebih cepat dari yang lainnya," ujar Dedi, saat grand launching Telkomcel.


Kedatangan Telkomcel ini juga membawa misi untuk menjadikan Dili sebagai broadband city, dimana akses internet cepat tak akan lagi menjadi barang langka dan dapat dimanfaatkan masyarakat Timor Leste yang memiliki total populasi 1,2 juta pengguna.


"Nantinya, Timor Leste tak akan ada bedanya dengan Frankfurt, New York, Singapura, Jakarta, dan kota besar lainnya di dunia. Dili akan menjadi broadband city," tegasnya.


Ambar Kuspardianto, COO Telkomcel menambahkan, pembangunan Dili untuk menjadi broadband city akan dimulai dari pembuatan titik-titik WiFi di sejumlah wilayah publik untuk tempat warga berinternet ria.


"Seperti di Timor Plaza dan Largo de Lacidere serta 4-5 titik lainnya di pusat kota untuk tahap pertama," lanjutnya.


Akses WiFi di tempat publik dan gratisan memang sangat diminati warga Timor Leste. Meski sarana publik dan infrastruktur masih belum terlalu lengkap dan mewah, namun antusiasme warga untuk memiliki gadget (ponsel dan laptop) cukup tinggi.


Hal itu disaksikan langsung detikINET saat berkunjung di tempat-tempat keramaian seperti di Largo de Lacidere dan Timor Plaza yang menjadi mal satu-satunya di Dili, bahkan di Timor Leste.


Banyak masyarakat sekitar yang menenteng gadget mulai dari smartphone, tablet PC, hingga notebook untuk berinternet ria. Biasanya tempat nongkrong mereka adalah di foodcourt Timor Plaza dan tempat WiFi publik di Largo de Lacidere yang berlokasi di tepi pantai.


Khusus di Largo de Lacidere, mereka yang datang kebanyakan para mahasiswa yang mencari akses WiFi gratisan. Adapun penggunaannya ada yang mencari bahan dan tugas kuliah hingga eksis di Facebook cs.


2 Bulan, 42 RIbu Pelanggan


Telkomcel sendiri terhitung baru dua bulan hadir di Timor Leste, yakni baru soft launching pada 17 Januari 2013. Dan dalam waktu singkat tersebut, anak usaha Telkom ini sukses menjaring sekitar 42 ribu pelanggan.


Kekuatan jaringan Telkomcel saat ini disokong oleh 63 BTS, dimana 54 BTS di antaranya sudah beroperasi yang mengcover 6 distrik di Timor Leste, yakni di Dili, Baukau, Elmera, Aieleu, Bobonaro, dan Likisa.


"Dari 6 distrik itu kita (Telkomcel-red.) Sudah mampu mengcover 70% populasi penduduk Timor Leste," kata Ambar.


Adapun untuk pembangunan jaringan di tahap kedua tengah dipersiapkan dengan menambah 48 site. Jadi nantinya Telkomcel memiliki total 118 site, dimana 3 site akan dimanfaatkan untuk backbone.


"Diharapkan pada Juli nanti, Telkomcel sudah full service dengan mengcover 95% populasi Timor Leste," imbuhnya. "Jika dibandingkan secara apple to apple dengan Timor Telecom (operator incumbent di Timor Leste-red.) pun kami yakin kualitas Telkomcel lebih bagus," Ambar menandaskan.


( ash / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Telkom Siapkan Data Center Besar untuk Seleksi PTN




Jakarta - Telkom mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyukseskan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2013) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2013).

Kerjasama pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk seleksi PTN ini ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Akhmaloka Ph.D selaku Ketua Panitia SNMPTN & SBMPTN 2013 yang disaksikan oleh Menteri Pendidikan Muhammad Nuh.


Awaluddin menjelaskan dukungan Telkom dalam penyelenggaran SNMPTN dan SBMPTN 2013 meliputi Colocation/Data Center berkapasitas besar, broadband internet dan intranet, serta call center dengan nomor 0804-1-450450 untuk SNMPTN dan 0804-1-456456 untuk SBMPTN.


"Telkom berkomitmen memajukan dunia pendidikan Indonesia, dimana salah satunya melalui dukungan sistem dan mekanisme pendaftaran online dalam pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2013," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis Telkom, Minggu (17/3/2013).


Telkom telah beberapa kali proaktif di dunia pendidikan dengan memberikan layanan transparansi dunia pendidikan melalui Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP Online), aplikasi buku dan perpustakaan digital 'Qbaca', metode belajar bahasa Inggris online dalam English Bean, tayangan TV Edukasi via aplikasi TV digital 'UseeTV' serta program IndiSchool berupa layanan internet gratis untuk 100.000 sekolah di Indonesia.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

100 Ribu Tandatangan Minta Google Reader Dipertahankan




Jakarta - Keputusan Google untuk menghentikan layanan Google Reader tak mendapat sambutan positif dari sebagian penggunanya. Berbagai petisi online pun dilahirkan, yang pada intinya meminta Google mencabut keputusannya itu.

Dari sekian banyak petisi Google Reader yang muncul, salah satunya adalah yang ramai di Change.org. Di sini, jumlah signature yang terkumpul sudah menembus angka 100.000 hanya dalam waktu dua hari sejak kemunculannya.


"Ini bukan hanya tentang data kami yang ada di Reader. Ini adalah mengenai kami yang memakai produkmu (Google-red) karena kami menyukainya, karena membuat hidup kami lebih baik. Tunjukkan pada kami kepedulianmu. Jangan matikan Google Reader," demikian sepenggal kalimat di surat untuk Google yang dicantumkan dalam petisi tersebut.


Meski begitu, SlashGear yang dikutip detikINET, Minggu (17/3/2013), melaporkan kecil kemungkinan Google merombak rencana penghentian yang berlaku mulai 1 Juli mendatang ini.


Layanan RSS ini ditutup sebagai bagian dari upaya 'bersih-bersih' perusahaan teknologi tersebut. Selain Google Reader, produk lain yang juga turut dihentikan pengoperasiannya adalah Snapseed Desktop for Machintosh and Windows, Google Voice App for BlackBerry, Search API for Shopping, Google Cloud Connect, Google Building Maker, CalDAV API dan Apps Script.


( sha / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Telkomcel Ditantang Dominasi Timor Telecom




Telkomcel (ardhi/detikinet)


Dili - Langkah Telkom International (Telin) lewat Telkomcel untuk melakukan ekspansi di industri seluler Timor Leste tentu bukan tanpa rintangan. Anak usaha Telkom Group itu dihadapkan pada tantangan untuk mendobrak dominasi Timor Telecom.

Terlebih Timor Telecom -- sebelum kedatangan Telkomcel -- merupakan single player alias memonopoli pasar seluler Timor Leste selama bertahun-tahun.


Jadi bisa dibayangkan, betapa sudah mengakarnya brand image Timor Telecom sebagai penyedia layanan seluler di negeri yang melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 2012 itu.


Pun demikian, kondisi ini nyatanya tak bikin Telkomcel ciut. Menurut Chief Operation Officer Telkomcel Ambar Kuspardianto, Telkomcel memiliki sejumlah amunisi untuk mendobrak dominasi Timor Telecom yang berasal dari Portugal.


"Pertama adalah Telkomcel sebagai bagian dari Telkom Group telah memiliki pengalaman dalam menggelar jaringan telekomunikasi," imbuhnya. Ambar melanjutkan, Telkomcel juga didukung oleh pemerintah Timor Leste sehingga akhirnya mendapat lisensi di frekuensi 850 MHz dan 2,1 GHz.


Dan yang tak kalah pentingnya adalah, adanya kedekatan dengan masyarakat Timor Leste. Dimana mereka pernah menjadi bagian dari negara kesatuan Republik Indonesia.


"Misalnya dari segi bahasa, itu masih banyak yang sama. Ini tentunya mempermudah untuk komunikasi di antara Telkomcel dan para pelanggan," kata Ambar.


Timor Telecom sendiri sudah memonopoli pasar seluler Timor Leste sejak 10 tahun lalu. Sampai akhirnya pemerintah Timor Leste membuka pasar kepada dua operator baru, Viettel Telecom asal Vietnam dan Telkomcel dari Indonesia.


Viettel yang mulai mempersiapkan jaringan sejak September 2012, menurut Ambar, baru memiliki 10 BTS di Timor Leste. Jauhnya jarak (Timor Leste-Vietnam) dianggap membuat pembangunan jaringan Viettel tak secepat Telkomcel.


Sementara kekuatan jaringan Telkomcel sendiri saat ini disokong oleh 63 BTS, dimana 54 BTS di antaranya sudah beroperasi yang mengcover 6 distrik di Timor Leste, yakni di Dili, Baukau, Elmera, Aieleu, Bobonaro, dan Likisa.


"Dari 6 distrik itu kita (Telkomcel-red.) Sudah mampu mengcover 70% populasi penduduk Timor Leste," kata Ambar.


Adapun untuk pembangunan jaringan di tahap kedua tengah dipersiapkan dengan menambah 48 site. Jadi nantinya Telkomcel memiliki total 118 site, dimana 3 site akan dimanfaatkan untuk backbone.


"Diharapkan pada Juli nanti, Telkomcel sudah full service dengan mengcover 95% populasi Timor Leste," imbuhnya. "Jika dibandingkan secara apple to apple dengan Timor Leste pun kami yakin kualitas Telkomcel lebih bagus," Ambar menegaskan


Artinya, kini persaingan di pasar seluler Timor Leste akan lebih ramai. Dua pemain baru, Telkomcel dan Viettel akan coba merebut kue pasar yang selama ini dinikmati Timor Telecom seorang diri.


Diperkirakan, saat ini ada 400 ribu pelanggan seluler di Timor Leste. Meski sedikit secara jumlah pelanggan, average revenue per user (ARPU) pengguna mencapai USD 10 atau hampir Rp 100 ribu. Jauh lebih besar dibandingkan dengan ARPU di Indonesia yang masih berkutat di angka Rp 30 ribuan.


Tak ayal, Timor Telecom bisa meraup revenue USD 50 juta setiap tahunnya. Sementara Telkomcel tak mau kalah, anak usaha Telkom Group itu menargetkan revenue USD 10 juta plus 120 ribu pelanggan di akhir tahun 2013.


"Kami optimistis dengan target tersebut. Karena di sini (Timor Leste-red.), kami hadir dengan full services alias mobile network operator," pungkas Ambar.


( ash / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Diakuisisi Dropbox, Mailbox Tetap 'Berdiri Sendiri'




Dropbox (Ist.)


Jakarta - Dropbox baru-baru ini mencaplok aplikasi email yang didesain untuk piranti iOS bernama Mailbox. Namun, bukan berarti dengan pembelian ini, layanan tersebut bakal dimatikan.

Dalam blog resmi mereka, Mailbox mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan produknya sebagai aplikasi yang berdiri sendiri.


"Produk tersebut harus terus bertumbuh dengan cepat dan kami percaya bahwa bergabung dengan Dropbox adalah cara terbaik untuk mewujudkannya," tambah CEO Dropbox Drew Houston.


Di bawah persetujuan ini, 13 karyawan dari pemilik Mailbox, yakni Orchestra Inc akan bergabung dengan Dropbox. Adapun di antaranya adalah alumni Apple, jebolan Stanford University serta Ideo.


"Seperti kebanyakan dari Anda, saat kami menemukan Mailbox, kami jatuh cinta karena ia sederhana, menyenangkan dan dirancang dengan baik," ucap Houston menyampaikan alasan ketertarikannya pada Mailbox.


Adapun deal yang terjadi akan memungkinkan Dropbox memakai teknologi apps tersebut untuk memperkaya fitur di dalam layanan yang telah dihuni oleh lebih 100 juta pengguna ini.


Tidak diketahui berapa nilai pasti pembelian itu, demikian seperti dikutip dari WallStreetJournal, Sabtu (16/3/2013). Namun menurut perkiraan dari sejumlah sumber, nilai kesepakatan tersebut sekitar USD 100 juta.


Dropbox sendiri sejauh ini mencatatakan prestasi yang baik dalam perjalanannya. Perusahaan tersebut telah 'dihargai' USD 4 miliar oleh kalangan investor. Jumlah karyawannya sendiri naik dari 100 orang di tahun lalu, menjadi 250 karyawan di tahun ini pada periode yang sama.


( sha / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

2 Bulan, Telkomcel Jaring 42 Ribu Pelanggan




Telkomcel (ardhi/detikinet)


Dili - Meski baru seumur jagung, Telkomcel yang merupakan bagian dari Telkom International (Telin) telah merengkuh sekitar 42 ribu pelanggan aktif di Timor Leste.

Hal ini tentu saja bisa disebut sebagai start menjanjikan dari anak usaha Telkom Group tersebut yang baru menggelar soft launching pada 17 Januari 2013 lalu dalam memberikan layanan seluler.


Chief Operation Officer Telkomcel Ambar Kuspardianto menjelaskan, sejak mendapat lisensi dari pemerintah Timor Leste, Telkomcel langsung menggeber berbagai persiapan operasional dalam kurun waktu 170 hari.


Dimana pemancangan BTS untuk pertama kalinya dilakukan pada 1 Oktober 2012 dan pada soft launching di 17 Januari 2013 sudah diperkuat 32 BTS.


Telkomcel mendapat porsi 5 MHz di rentang frekuensi 850 MHz dan 15 MHz di rentang 2,1 GHz. Sumber daya tersebut dianggap sudah cukup untuk melayani populasi Timor Leste yang dihuni sekitar 1,2 juta penduduk.


Kekuatan jaringan Telkomcel sendiri saat ini disokong oleh 63 BTS, dimana 54 BTS di antaranya sudah beroperasi yang mengcover 6 distrik di Timor Leste, yakni di Dili, Baukau, Elmera, Aieleu, Bobonaro, dan Likisa.


"Dari 6 distrik itu kita (Telkomcel-red.) sudah mampu mengcover 70% populasi penduduk Timor Leste," kata Ambar, saat ditemui beberapa media Indonesia di Dili.


Adapun untuk pembangunan jaringan di tahap kedua tengah dipersiapkan dengan menambah 48 site. Jadi nantinya Telkomcel memiliki total 118 site, dimana 3 site akan dimanfaatkan untuk backbone.


"Diharapkan pada Juli nanti, Telkomcel sudah full service dengan mengcover 95% populasi Timor Leste," imbuhnya.


Dan sampai sekarang sudah ada 42 ribu pelanggan aktif Telkomcel, dari sekitar 80 ribu kartu yang disebar. Ini tentu angka yang besar, mengingat Telkomcel baru hadir selama dua bulan, dari Januari hingga Maret 2013.


"Dengan anggaran USD 50 juta untuk full service di Timor Leste, Telkomcel diharapkan dapat merebut 120 ribu pelanggan di akhir tahun, atau 10% dari total populasi penduduk Timor Leste yang mencapai 1,2 juta penduduk," Ambar menandaskan.


( ash / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Cuma Rp 49 Ribu, BlackBerry Z10 Langsung Online 3 Bulan




Erik Meijer (yudhi/inet)


Jakarta - Kehadiran BlackBerry Z10 memang tampil ciamik dan signifikan dibanding perangkat BlackBerry terdahulu, hal tersebut pun dimanfaatkan berbagai operator seluler lokal untuk berlomba-lomba menawarkan produk besutannya.

Seperti yang ditawarkan Indosat, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia ini menawarkan paket yang pastinya bakal membuat pengguna BlackBerry Z10 yang mengandalkan jaringan Indosat tersenyum lega.


Super Data Package adalah jenis paket yang ditawarkan Indosat bagi pengguna. Menariknya, pengguna Blackberry Z10 hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 49 ribu untuk dapat merasakan segala kelebihan piranti miliknya selama 3 bulan.


Dengan biaya yang sangat terjangkau tersebut, konsumen bakal mendapatkan kuota data sebesar 12 GB, dan koneksi Super Wi-Fi unlimited.


Menariknya, berbeda dengan perangkat BlackBerry terdahulu yang mewajibkan penggunanya untuk terdaftar pada paket BIS agar dapat merasakan segala fiturnya, pada BlackBerry Z10 penggunanya hanya perlu terdaftar pada paket data internet yang ditawarkan.


"Dengan kelebihan Blackberry Z10 yang hanya membutuhkan paket data internet, membuat penggunanya lebih fleksibel untuk memilih paket yang diinginkannya," ucap Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer pada event Super Deal for Super Experience Blackberry Z10 & Indosat Mentari di Duck King, Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (16/3/2013).


( sha / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Cara Jitu Atur Settingan Kamera Ponsel




Nokia cam (Ist.)


Jakarta - Bagaimana konfigurasi white balance, ISO, pencahayaan, dan kontras yang baik pada kamera ponsel seperti Nokia N8 untuk memotret secara lanskap di pagi, siang, sore dan malam hari?

(Yusuf Giovanno, Pria)


Jawaban:


Tidak ada konfigurasi yang paling tepat, tapi semua tergantung kondisi dan keinginan masing-masing. Yang penting adalah kita mengetahui fungsi dan efek yang ditimbulkan setiap pengaturan/setting.


1. White Balance itu mengatur keseimbangan warna dan warna foto akan berubah sesuai dengan setting yang dipilih.


Auto : Kamera akan memilih warna supaya netral dan akurat secara otomatis. Contohnya warna putih juga putih di foto.


Daylight / Sunny : Akan netral saat digunakan saat siang hari saat matahari bersinar terang. Jika dipakai di dalam ruangan atau saat berawan, warna di foto akan lebih kekuningan.


Cloudy : Akan netral saat dipakai saat cuaca berawan, atau subjek di bawah bayangan. Akan terlihat lebih kuning saat di dalam ruangan atau subjek disinari matahari langsung.


Tungsten / Incandescent : Akan membuat lampu pijar yang berwarna kuning menjadi putih, membuat wajah atau subjek foto netral saat disinari lampu yang kekuningan. Jika dipakai saat foto landscape, warna akan cenderung ke arah kebiruan.


Flourescent: Berguna menetralkan warna neon seperti di ruangan kantor.


Untuk foto lanscape saat pagi atau sunset, setting cloudy akan membuat warna lebih kuning, dan setting tungsten akan membuat foto landscape lebih biru.


2. ISO adalah sensitivitas dari sensor gambar, semakin tinggi nilainya, semakin sensitif cahaya tapi kualitas foto memburuk karena munculnya noise atau titik-titik/bercak pada foto. Idealnya mengunakan ISO paling rendah untuk hasil yang maksimum.


Tapi jika kondisi cahaya gelap, ISO perlu dinaikkan untuk mencegah foto goyang karena blur. ISO 100 menghasilkan kualitas terbaik, cocok untuk kondisi siang hari. ISO 200-400 cocok untuk sore hari menjelang matahari terbit/tenggelam dan ISO 400/800 cocok untuk foto dalam ruangan atau malam hari.


3. Pencahayaan bisa diatur dengan setting kompensasi exposure yang bersimbol plus minus. Semakin ke kanan kita menggeser slider, semakin terang pencahayaannya, demikian sebaliknya. Dalam praktiknya, kita bisa set ke arah minus sedikit supaya langit tidak terlalu terang dalam pemotretan landscape.


4. Terakhir adalah kontras. Setting kontras mengendalikan seberapa kontras foto. Atau dengan kata lain semakin tinggi nilai kontras, semakin besar perbedaan daerah yang terang (highlight) dengan daerah bayangan (shadow).


Gambar yang kontras biasanya menarik perhatian mata daripada gambar yang berkontras rendah. Tapi kontras yang terlalu tinggi menghilangkan detail terutama di daerah gelap.


Mengingatkan kembali, tidak ada satu setting yang cocok untuk setiap kondisi dan situasi. Cobalah utak-utik setting-setting diatas supaya mendapatkan foto yang menarik sesuai keinginan hatimu.


Selamat mencoba.


( sha / sha )


Enche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Regenerasi Pelanggan, Telkomsel Garap Youth Community




Ilustrasi (hasan/detikfoto)


Bandung - Tahun 2013 ini Telkomsel sedang menggarap youth community untuk regenerasi pelanggannya. Dengan merambah kalangan pelajar, diharapkan pertumbuhan pelanggan dari usia remaja bisa mencapai 14 persen.

Hal itu disampaikan Head of Sales and Customer Care Division Telkomsel Regional Jawa Barat, Erick Noviantoro usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang program loyalti Telkomsel di SMPN 2 Bandung, Jalan Sumatera No 42 Bandung, Jumat (15/3/2013).


Data terakhir pada Februari 2013, jumlah pelanggan Telkomsel di Jabar mencapai 11,5 juta pelanggan. Tahun ini diharapkan ada pertumbuhan sebanyak 14 persen dari kalangan anak muda.


"Kita harapkan ada pertumbuhan pelanggan 14 persen dari anak muda. Karena kita sedang mengarap Youth Community untuk penerus konsumen. Jangan sampai lari ke provider lain," ujarnya.


Untuk mencapai target tersebut, Telkomsel saat ini memiliki program Closed User Group khusus untuk siswa dan guru. Dengan paket Rp 10.000 akan mendapat bonus pula 5000, gratis telepon, sms ke sesama anggota komunitas sepuasnya 24 jam selama 30 hari.


"Program tersebut diharapkan bisa meraih pelanggan khususnya segmen Telkomsel School Community (TSC)," ungkapnya.


Hari ini Telkomsel dan SMPN 2 juga melakukan perjanjian kerja sama yang berisi tentang program loyalty dari Telkomsel untuk SMPN 2 Bandung. Telkomsel memberikan 1 set ring basket portable termasuk pembangunan konstruksi tiang besi kepada SMPN 2 Bandung.


"Melalui kerjasama ini, kedepannya Telkomsel akan aktif memberikan sosialisasi produk dan layanan. Mudah-mudahan dengan bergabungnya SMPN 2 Bandung ini menjadi TSC, seluruh program loyalty Telkomsel khususnya anggota TSC dapat dinikmati oleh siswa dan guru di SMPN 2 Bandung ini," ujarnya.


Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 2 Bandung Nandi Supriyadi menyambut baik kerjasama dengan pihak Telkomsel. Selain dalam bentuk fasilitas sarana prasarana, ia berharap ke depannya bisa bekerja sama dalam bentuk materi ilmu pengetahuan.


"Bisa saja nanti dimasukan ke dalam ekstra kurikuler, dengan materi digital broadband misalnya," ucap Nandi.


( avi / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Aplikasi Android di China Curi Data Pengguna




Android (Ist.)


China - Melalui laporan yang dirilis oleh Data Center of China Internet (DDCI) diketahui bahwa hampir 35 persen aplikasi Android di China dicurigai mencuri data penggunanya.

Lebih jauh lagi institut riset di China tersebut juga menjelaskan dari 1400 aplikasi Android yang beredar di China, 66,9 persennya memiliki potensi melakukan pencurian data pengguna.

Dikabarkan hal tersebut terjadi lantaran di negeri tirai bambu ini kebanyakan aplikasi Android bukan didownload dari layanan aplikasi resmi Play Store besutan Google, melainkan dari layanan aplikasi yang biasanya ditawarkan oleh masing-masing produsen ponsel Android.


Namun bukannya Google berdiam diri menanggapi kemungkinan tersebut, karena dikabarkan aturan di China lah yang justru cenderung menghalangi Google untuk mengambil sikap. Google dianggap memiliki kontrol berlebih terhadap industri ponsel di China melalui sistem operasi Android garapannya.


Dikutip oleh detikINET dari Techcrunch, Sabtu (16/3/2013), akibat aturan tersebut, selain akhirnya Google tidak dapat berbuat banyak, sistem operasi Android yang digunakan oleh produsen ponsel di China juga dikabarkan mengalami modifikasi berat di luar standar Google. Sampai-sampai, layanan Play Store juga dihilangkan dan digantikan oleh layanan aplikasi milik masing-masing produsen ponsel Cina.


Hal tersebut diduga terkait dengan kebijakan pemerintah China yang ingin industrinya mengembangkan sendiri sistem operasinya. Sistem operasi yang sejatinya merupakan hasil modifikasi berat sistem operasi Android populer dengan sebutan Chinadroid.


( sha / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Rilis Galaxy S4, Saham Samsung Turun




(Ist/AFP)


Seoul - Respons investor terhadap peluncuran Galaxy S4 tampaknya tidak terlalu menggembirakan. Saham Samsung Electronics turun 1,7 persen pada perdagangan awal di lantai bursa Seoul, beberapa jam setelah Galaxy S4 diperkenalkan.

Samsung 'diperdagangkan' sekitar 1.494.000 won pada pertengahan pagi kepada profit-taking yang dipimpin para investor asing. Sejumlah analis menyebutkan, perilisan Galaxy S4 sudah diperhitungkan dan para investor khawatir harga saham tinggi.


"Ini bukan karena Galaxy S4 gagal memenuhi harapan, melainkan hanya karena investor merasa upgrade teknis smartphone tersebut datar," kata Bae Seung-Young dari Hyundai Securities, dilansir AFP, Jumat (15/3/2013).


Galaxy S4 yang segera dijual di 155 negara April mendatang, mengusung layar 5 inch berkualitas HD. Di dalamnya dibenamkan fitur dual kamera unik yang memungkinkannya dipakai bersamaan. Galaxy S4 juga dilengkapi fitur penerjemahan dari dan ke enam bahasa di dunia.


Saham Samsung sendiri dinilai sejumlah analis terbilang mantap di tahun ini. Sementara rivalnya Apple tumbang 20 persen. Penjualan iPhone yang melambat menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor akan jatuhnya dominasi Apple.


Samsung di 2012 menguasai 29 persen pasar smartphone, mengalahkan Apple yang mendapat porsi 21,8 persen.


( rns / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Harga Galaxy S 4, Rp 5,8 Juta atau Rp 7,3 juta?




Galaxy S 4


Jakarta - Penampakan Galaxy S 4 telah terungkap hari ini. Namun berapa banderol yang bakal disematkan Samsung pada smartphone flagship terbarunya ini masih belum diketahui. Ada yang bilang Rp 5,8 Juta, ada juga yang menyebut Rp 7,3 juta. Mana yang benar?

Keduanya belum tentu benar, namun juga belum pasti salah. Samsung sendiri memang masih belum membeberkannya secara resmi. Saat peluncurannya dikatakan, soal harga akan diumumkan belakangan.


Namun seperti dikutip detikINET dari PC Advisor, Jumat (15/3/2013), dari sejumlah spekulasi yang beredar, Galaxy S 4 katanya bakal ditawarkan Samsung pada kisaran harga Rp 7,3 juta. Tidak jauh berbeda dengan harga yang ditawarkan pada Galaxy S III saat diluncurkan di London, Inggris, 10 bulan yang lalu.


Sedangkan di Amerika Serikat, seperti dilansir International Business Times, harganya diestimasi sama dengan Galaxy S III akhir tahun lalu di negeri Paman Sam. Jika tanpa kontrak, harga untuk storage 16 GB kena USD 599 atau sekitar Rp 5,8 juta dengan kurs Rp 9.700, dan yang 32 GB harganya USD 649 atau sekitar Rp 6,3 juta.


Prediksi harga S 4 ini makin diperkuat dengan turunnya harga ritel resmi Galaxy S III. Penurunan harganya bervariasi, sekitar USD 49 hingga USD 99 atau sekitar Rp 475 ribu sampai nyaris Rp 1 juta.


Sayangnya belum ada konfirmasi resmi dari Samsung perihal rumor soal harga tersebut. Karena bila kabar ini benar, maka dapat dipastikan Galaxy S 4 bakal kembali menggemparkan pasar smartphone high end.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Akankah Galaxy S 4 Ngehits?




Galaxy s 4 (reuters)


Jakarta - Samsung menaruh harapan besar pada Galaxy S 4 agar sukses di pasar melebihi S III dengan target penjualan kabarnya mencapai 10 juta unit per bulan. Akankah S 4 meraih minat yang signifikan di tengah makin ketatnya kompetisi?

Dengan dana marketing berlimpah, Samsung dipastikan mempromosikan Galaxy S 4 secara besar-besaran. Dan produknya sendiri, meski dianggap bukan sebuah lompatan besar, dinilai punya beberapa fitur cool untuk menarik konsumen.


"Ponsel Galaxy yang baru ini akan menciptakan kehebohan dengan marketing globalnya yang masif," demikian pendapat Wanli Wang, analis industri di RBS seperti detikINET kutip dari Wall Street Journal, Jumat (15/3/2013).


Fitur fitur seperti Smart Scroll atau Smart Pause menjadi andalan Galaxy S 4. Di samping hardware yang tergolong paling maju untuk ukuran saat ini, Samsung tampaknya fokus mengembangkan berbagai fitur software sebagai nilai jual.


"Kami menilai hal ini cukup berisiko bagi perusahaan yang belum terlalu terbukti di bidang software. Namun kami memperkirakan perangkat ini tidak hanya memperkuat reputasi Samsung sebagai smartphone inovatif, namun juga mencetak rekor penjualan," kata Scott Thompson dari FBR Capital.


Bahan dari plastik memang cukup banyak dikritik mengingat para kompetitor memakai bahan lebih premium. Namun sepertinya tidak akan menghalangi laju S 4.


"Untuk saat ini, Samsung bisa berharap pada budget marketingnya yang superior dan relatif lemahnya kompetitornya di bidang software," ucap Jan Dawson, analis di Ovum.


( fyk / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Line Diklaim Bukan Aplikasi Pesan Instan Biasa




Line (ist)


Jakarta - Pengguna smartphone di Indonesia ditawari begitu banyak aplikasi pesan instan yang menarik. Namun dari itu semua, Line dijanjikan bisa memberikan difrensiasi dibanding aplikasi lainnya.

Pengguna iPhone Dan Android memang punya banyak pilihan aplikasi pesan instan. Sebut saja Whatsapp, Kakaotalk, Line, Dan WeChat yang baru-baru ini tengah naik daun.


Sekilas fitur yang ditawarkan seluruh aplikasi tersebut terlihat mirip, memudahkan berbagi pesan dengan beberapa emoticons yang menarik. Akan tetapi Line diklaim lebih dari itu.


Menurut Simeon Cho, General Manager Line, aplikasi besutan mereka itu punya cara yang lebih asyik untuk menggambarkan emosi seseorang, yakni dengam Sticker.


"Sticker yang membedakan Line dengan aplikasi sejenis lainnya, dan itu adalah salah satu keunggulannya," Kata Cho, di Ritz Carlton, Jumat (15/3/2013).


Pria asal Korea tersebut juga menyebutkan beberapa hal yang membuat Line bukan sekadar aplikasi pesan instan biasa. Sebut saja dengan kehadiran game, aplikasi kamera dan tools, serta akun publik yang bisa difollow para pengguna Line.


"Itulah sebabnya Line tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya, Line sudah memiliki ekosistem sosial," tandas Cho.


Hingga kini pengguna Line di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 250 juta. Di Indonesia sendiri aplikasi ini diklaim cukup diminati jika dilihat dari jumlah unduhan yang mencapai 60 X sehari.


( eno / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

HTC Sindir Galaxy S 4: The Next Big Thing kok dari Plastik?




HTC One (Ist/Cnet)


New York - Peluncuran Galaxy S4 mencuri perhatian, apalagi didukung dengan konsep event ala pementasan Broadway. Beberapa fitur pun menjadi perbincangan. Namun tentu saja selalu terselip kritikan, terutama dari kompetitor.

HTC salah satunya. Rival Samsung ini mengkritik material casing yang digunakan pada Galaxy S4. Dibandingkan dengan jagoan terbarunya, HTC One, Galaxy S4 menurut HTC kalah elegan.


"Inikah yang disebut 'the next big thing'? Seharusnya bukan plastik," ketus Benjamin Ho, Chief Marketing Officer HTC, seperti detikINET kutip dari Cnet, Jumat (15/3/2013).


"Dengan lagi-lagi menggunakan material plastik dan fitur layar lebih besar, Galaxy terbaru Samsung tidak ada apa-apanya jika dibandingkan HTC One yang unibody berbahan aluminium. Itu sama saja dengan sebelumnya," sindirnya lagi.


HTC menunjukkan perubahan sikap cukup signifikan dari sebelumnya. Jika biasanya HTC tampil pasif di publik, kini vendor asal Taiwan ini berbicara lebih keras dengan kritikan-kritikan yang pedas.


Sebelumnya, HTC juga mengkritik konsep event peluncuran S4. Dihelat di New York, peluncuran Galaxy S4 yang 'wah' bertema Broadway, dinilai sejumlah kalangan termasuk HTC sangat berlebihan.


"Saya awalnya tertawa dan kemudian merasa malu pada beberapa akting (yang dipertunjukkan)," kata Presiden HTC Jason MacKenzie.


MacKenzie pun menyindir Samsung. Melihat cara presentasinya, perusahaan asal Korea Selatan ini menurutnya lebih banyak berinvestasi untuk marketing ketimbang berinovasi. Dan memang benar, menurut riset Kantar, Samsung menghabiskan USD 401 juta untuk biaya marketing, jauh lebih banyak dibanding Apple yang 'cuma' USD 333 juta.


( rns / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Seperti Apa Kemampuan Prosesor '8 Core' Galaxy S 4?




Galaxy s 4 (cbs)


Jakarta - Galaxy S 4 datang dalam dua versi prosesor yang menjadi dapur pacunya. Satu menggunakan Exynos 5 Octa dan versi yang lain akan memakai Qualcomm Snapdragon 600.

Menarik untuk membahas prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki 8 otak. Namun demikian, seperti dikutip detikINET dari TrustedReviews, Jumat (14/3/2013), prosesor ini tidak murni 8 otak.


Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.


Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,8GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.


ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.


Samsung juga menambah kapabilitas grafis di Exynos 5 Octa. "Kapabilitas graphic processing-nya lebih dari dua kali lipat dibanding Exynos 4 quad," klaim vendor asal Korea Selatan ini.


Exynos 5 Octa kemungkinan tidak membuat baterai menjadi terlalu boros. Karena saat tidak digunakan untuk tugas berat, ia memakai A7 yang lebih baik dalam manajemen daya.


( fyk / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Cuma Ada 750 Unit, Antrean Z10 Makin Siang Makin Panjang




Antrean BlackBerry Z10 di Central Park, Jakarta (yudhi/detikINET)


Jakarta - Makin siang, antrean BlackBerry Z10 di Mal Central Park, Jakarta, bukannya makin surut malah makin panjang. Namun jika dilihat dari pasokan barang yang disiapkan, stok yang ada hanya cukup untuk 750 pembeli hari ini.

"Untuk hari ini kami siapkan 750 unit perangkat BlackBerry Z10 yang terdiri dari 600 unit warna hitam dan 150 unit warna putih," bisik salah satu staff Blackberry Indonesia di event Blacberry Z10 Customer Launch itu, Jumat (15/3/2013).



Tak dijelaskan kenapa Z10 warnah hitam lebih mendominasi empat kali lebih banyak dibandingkan Z10 warna putih. Namun yang pasti, hingga pukul 12.30 tadi melalui layar LCD yang terpampang, bisa diketahui BlackBerry Z10 sudah terjual lebih dari 200 unit.


Penjualan ritel perdana oleh BlackBerry Indonesia bersama tiga mitra distributor resminya, PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech, dan PT Surya Citra Multimedia, di Central Park ini digelar tiga hari berturut-turut, mulai Jumat 15 Maret ini hingga Minggu 17 Maret.



Sayangnya, saat ditanyakan berapa banyak unit yang bakal disiapkan untuk besok, pihak Blackberry Indonesia mengatakan, hal tersebut bergantung pada jumlah unit yang terjual hari ini. Namun lebih lanjut dijelaskan, jumlahnya tak akan jauh berbeda dengan jumlah yang disiapkan pada hari ini.


Selain di Mal Central Park, Jakarta, event Blackberry Z10 Customer Launch ini juga digelar di Mal Ciputra World, Surabaya. Oleh BlackBerry Indonesia dan ketiga distributor itu, Blackberry Z10 dibanderol dengan harga retail Rp 6,9 juta.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

BlackBerry Z10, Mahal Tapi Tetap Diburu Karena Bisa Nyicil




Antrean BlackBerry Z10 di Central Park, Jakarta (yudhi/detikINET)


Jakarta - BlackBerry Z10 secara resmi mulai dijual ritel di Indonesia dengan banderol Rp 6,9 juta. Meski harganya diakui masih cukup mahal, namun tetap tak menyurutkan semangat para peminatnya untuk memburu handset terbaru ini.

Hal ini diungkapkan oleh banyak orang yang tengah menunggu giliran untuk bisa membawa pulang BlackBerry Z10. Antrean panjang para pemburu Z10 ini terlihat di mal Central Park, Jakarta.


"Kalau harus membayar secara tunai, saya merasa kemahalan," kata salah seorang pengantre saat berbincang dengan detikINET di tengah antrean Z10, Jumat (15/3/2013).


Ia mengaku tak akan berani membeli ponsel terbaru BlackBerry ini sampai bela-belain antre jika tak ada program potongan harga dan cicilan yang ditawarkan oleh sebuah bank swasta.


Meski begitu tak sedikit juga pengantre yang membeli BlackBerry 10 pertama ini secara tunai menggunakan kartu debit. Namun jumlahnya tidak sebanyak pengantre yang berniat memiliki Blackberry Z10 dengan menggunakan metode cicilan.



Dari pantauan detikINET di mal Central Park, terlihat para pengantre yang begitu antusias untuk memboyong perangkat ini dalam event Blackberry Z10 Customer Launch. Mereka mengaku penasaran ingin segera mencicipi fitur-fitur anyar di platform Blackberry terbaru ini.


"Alasan saya membeli Blackberry Z10 adalah karena bentuknya yang tampil beda dibanding perangkat terdahulu. Selain itu, OS Blackberry 10 juga unik banget," ucap salah satu pembeli Blackberry Z10 di tengah antrean.



Selain di Central Park, Jakarta, event Blackberry Z10 Customer Launch ini juga digelar di Ciputra World Mall, Surabaya. Acara yang diadakan mulai 15 Maret hingga 17 Maret 2013 ini disokong oleh tiga mitra distributor resmi Blackberry Indonesia, yakni PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech, dan PT Surya Citra Multimedia.


Ketiga distributor ini membanderol Blackberry Z10 dengan harga retail Rp 6,9 juta.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Samsung Kini Dipimpin 3 CEO




Yoon Boo-keun (sammyhub)


New York - Berbarengan dengan peluncuran Galaxy S 4, Samsung juga menyampaikan pengumuman menarik lainnya. Perusahaan asal Korea Selatan itu kini mempunyai tiga CEO baru.

President Samsung Yoon Boo-keun menunjuk J.K. Shin dan Kwon Oh-hyun sebagai co-CEO. Langkah ini memungkinkan setiap divisi penting Samsung memiliki pimpinan dengan fungsi jabatan setara dalam hierarki perusahaan.


Ketiga bos ini akan menakhodai tiga bisnis Samsung. Presiden Yoon mengawasi divisi consumer elektronik, termasuk lini bisnis TV. Shin yang sebelumnya menjabat sebagai Mobile Chief Samsung, masih berada di wilayah 'kekuasaannya' yakni mengawasi produk mobile yang di dalamnya terdapat lini produk Galaxy.


Terakhir, diserahi tugas mengatur bisnis komponen Samsung, terutama untuk urusan semikonduktor yang memproduksi memori komputer, prosesor mobile Exynos dan komponen lain. Sebelumnya Kwon menjadi Vice Chairman Samsung Electronics dan memimpin divisi Device Solutions.


"Penunjukan ini akan semakin memperkuat performa kerja CEO," kata Samsung melalui keterangannya yang dirilis The Verge, Jumat (15/3/2013).


Dikatakan Samsung, struktur kepemimpinan yang baru akan memperjelas dan meningkatkan independensi manajemen setiap divisi bisnis.


( rns / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Melihat Lebih Dekat Galaxy S 4




Jakarta - Salah satu smartphone Android yang paling ditunggu tahun ini, Galaxy S 4, sudah dihadirkan. Sederet fitur baru dibenamkan Samsung pada jagoan anyarnya itu.

Dari sisi desain, Galaxy S 4 sekilas tidak jauh bedanya jika dibandingkan dengan sang kakak, Galaxy S III. Namun jika dilihat secara mendetail, ada sedikit perbedaan.


Ingin melihat lebih dekat seperti apa ponsel flagship Samsung ini dan apa saja fitur-fitur kunci yang dijagokannya? Simak berikut ini yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.


Next page :




readmore »»  

Tiru Twitter, Facebook akan Pakai Hashtag




(Ist)


Amerika Serikat - Facebook sedang berupaya meningkatkan kemampuan pencarian dan sistem indeks layanannya dengan menambahkan simbol hashtag (#). Jika benar, Facebook akan mengadopsi salah satu ciri khas kompetitornya, Twitter.

Seperti diketahui, hashtag menjadi salah satu ciri yang sangat lekat dengan Twitter. Dalam percakapan di situs mikroblogging tersebut, hashtag memudahkan pengguna mengikuti topik spesifik sesuai minatnya.


Nah, Facebook pun seperti detikINET kutip dari Wall Street Journal, Jumat (15/3/2013) kabarnya akan memanfaatkan cara seperti ini. Menurut sumber internal Facebook, fitur tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum akan diperkenalkan dalam waktu dekat.


Sementara itu, Facebook sendiri menolak memberikan komentar atas laporan ini. Namun yang jelas, raksasa jejaring sosial tersebut memang sedang gencar mengembangkan kemampuan fitur pencariannya.


Diperkenalkan pada Januari silam, fitur pencarian Graph Search memungkinkan pengguna 'menjaring' teman-teman mereka, berbagi informasi, menemukan foto, tempat menarik seperti restoran atau toko yang disukai teman-teman di Facebook. Dengan ditambahkannya hashtag, Facebook akan semakin memperluas kapasitas pencarian Graph Search.


( rns / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»  

Resmi Dijual Ritel, Z10 Langsung Diserbu Pengantre




Antrean BlackBerry Z10 di Central Park, Jakarta (yudhi/detikINET)


Jakarta - BlackBerry Z10 yang resmi dipasarkan secara ritel di Jakarta, pagi ini, Jumat (15/3/2013), langsung diserbu oleh para peminatnya yang tak mengaku sabar ingin segera menjajal handset BlackBerry 10 pertama ini.

Dari pantauan detikINET di mal Central Park, terlihat puluhan pengantre yang begitu antusias untuk memboyong perangkat itu dalam event Blackberry Z10 Customer Launch. Mayoritas pengantre mengaku penasaran ingin segera mencicipi fitur-fitur anyar di platform Blackberry terbaru ini.


"Alasan saya membeli Blackberry Z10 adalah karena bentuknya yang tampil beda dibanding perangkat terdahulu. Selain itu, OS Blackberry 10 juga unik banget," ucap salah satu pembeli Blackberry Z10 di tengah antrean.


Selain di Central Park, Jakarta, event Blackberry Z10 Customer Launch ini juga digelar di Ciputra World Mall, Surabaya. Acara yang diadakan mulai 15 Maret hingga 17 Maret 2013 ini disokong oleh tiga mitra distributor resmi Blackberry Indonesia, yakni PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech, dan PT Surya Citra Multimedia.


Ketiga distributor ini membanderol Blackberry Z10 dengan harga retail Rp 6,9 juta.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!



readmore »»