Apple Akhiri Sengketa 'iPhone' di Brasil




iPhone di Brasil (Forbes)


Brasil - Tak lagi protes, Apple mengakhiri sengketa trademark atau merek dagang 'iPhone' di Brasil. Kabarnya, Apple setuju dengan kesepakatan yang ditawarkan IGB Eletronica, perusahaan pemilik trademark iPhone di negeri Samba tersebut.

Seperti diketahui, Desember silam Gradiente yang merupakan anak perusahaan IGB Eletronica, mulai menjual smartphone Android dengan merek iPhone. Gradiente percaya diri karena telah dinyatakan menang oleh pengadilan sebagai pemilik sah merek iPhone di Brasil.


Dikutip dari Cellular-news, Selasa (12/3/2013), Gradiente mendaftarkan merek iPhone di Brasil pada 2000 silam. Selanjutnya, penggunaan merek dagang ini meluas, termasuk ke produk smartphone pada 2008.


Adapun hak eksklusif kepemilikan trademark ini berlaku bagi Gradiente hingga 2018. Mengutip surat kabar setempat Folha de Sao Paulo, baik Apple maupun IGB Eletronica yang diwakili Gradiente setuju untuk mengakhiri perkara ini dan diperkirakan akan melakukan kesepakatan tertentu.


Akibat dari kekalahaan ini, Apple tak bisa menggunakan nama iPhone untuk memasarkan smartphonenya di Brasil. Selain itu, Apple juga harus mengganti sejumlah nama layanannya yang tersangkut dengan kata 'iPhone, seperti aplikasi 'Find my iPhone' yang biasa digunakan untuk membantu pengguna yang mencari ponselnya.


Sebelumnya, Apple juga harus menelan kekalahan di pengadilan China terkait dengan trademark iPad. Untuk bisa menggunakan merek iPad di China, Apple harus setuju membayar sejumlah uang kepada perusahaan setempat yang memiliki trademark ini.


( rns / rns )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!