Pesan Tersembunyi Google di Balik Iklan Baru Android

Jakarta - Google baru-baru ini membuat video iklan Android yang lucu. Menayangkan berbagai binatang dari jenis yang berbeda, namun tetap bisa menjadi teman sejati. Ada yang bilang iklan ini sebenarnya adalah sindiran untuk Apple.

Iklan itu bertajuk Friends Furever. Di awal adegan, ada seekor monyet yang bersahabat dengan anjing. Kemudian dilanjutkan adegan seekor kucing memeluk anak bebek.


Masih ada beberapa tayangan lagi dengan tema yang sama, persahabatan antara binatang. Ada badak berlari berdampingan dengan kambing. Ada anak harimau berkawan dengan anjing. Dalam beberapa adegan, hewan itu tampak saling membantu.


Iklan berdurasi sekitar 1 menit itu langsung populer di YouTube. Sampai saat ini sudah disaksikan lebih dari 9 juta kali.


Di akhir video, ada tulisan 'be together, not the same'. Video ini adalah bagian dari promosi Google untuk sistem operasi Android Lollipop.


Jadi apa pesan yang ingin disampaikan Google lewat iklan itu? Google tampaknya ingin menangkis isu fragmentasi yang terus membayangi Android. Memang perangkat Android begitu banyak jenisnya, versi OS-nya bisa berbeda-beda, begitu pula kustomisasi atau harganya.


Iklan ini seakan ingin menyatakan kalau perbedaan semacam itu bukan hal buruk. "Bagi konsumen, fragmentasi yang ekstrim justru memungkinkan mereka memilih ponsel benar-benar seperti yang mereka ingin, besar atau kecil, murah atau mahal, dengan kombinasi fitur yang berbeda," kata OpenSignal yang meneliti fragmentasi Android.


Dengan slogan 'be together, not the same" Google juga seakan menyindir Apple. Kata 'not the same' mungkin saja ditujukan untuk Apple di mana handset iPhone andalan mereka nyaris seragam dan ekosistemnya dikontrol penuh oleh Apple.




(fyk/fyk)