3 Kamera Khusus untuk Fotografer Spesialis

Jakarta - Di awal tahun 2015 ini, dari dua pameran besar Consumer Electronic Show (CES) dan pameran fotografi CPN+, kita mulai bisa melihat tren kamera baru untuk beberapa tahun ke depan.

Sepertinya kamera digital yang akan datang akan semakin dirancang untuk kebutuhan khusus. Tidak mengherankan memang, karena kamera digital yang tersedia saat ini sudah banyak sekali yang cukup bagus kualitasnya untuk berbagai jenis fotografi, tapi sedikit yang memiliki kemampuan khusus untuk memenuhi kebutuhan fotografer spesialis.


Katakanlah Canon 5DS dan 5DS R, kamera dengan resolusi 50 MP, tentunya kamera ini bukan untuk digunakan oleh fotografer pemula.


Selain harganya relatif tinggi, perlu teknik foto yang sangat baik dan lensa yang sangat berkualitas untuk mendapatkan hasil yang optimal. 50 MP juga biasanya digunakan untuk cetak ukuran yang sangat besar seperti 1 meter atau lebih.


Bagi fotografer pemula atau sekadar hobi, kemungkinan tidak akan mencetak dalam ukuran yang sangat besar. Maka itu, saya menganggap kamera ini adalah kamera yang khusus untuk profesional yang membutuhkan kamera yang dapat menangkap detail yang cukup untuk kebutuhan cetak besar.


Canon membagi 5DS menjadi dua, yaitu 5DS dan 5DS R. Yang R memiliki filter yang membatalkan efek filter AA (anti alias) sehingga hasil gambarnya lebih tajam tapi bisa memunculkan efek/pola moire dan warna yang melenceng.


5DS R dikhususkan untuk fotografi landscape yang pola-polanya organik, sedangkan Canon 5DS lebih cocok untuk foto yang potensial memunculkan efek pola moire, seperti foto fashion, produk dan arsitektur.Next


(ash/ash)