Pentax Garap Kamera DSLR Full Frame Pertamanya

Jakarta - Setelah bertahun-tahun Pentaxian (julukan bagi pengguna setia Pentax) menunggu kamera format full frame 35mm, akhirnya manajemen Ricoh Pentax memberikan angin segar.

Mock-up alias dummy dari kamera full frame ini sudah muncul dan produk asli kamera full frame digital pertama Pentax ini dijanjikan untuk meluncur akhir tahun 2015.


Dari sejarahnya, Pentax memiliki banyak lensa yang kompatibel dengan format full frame. Lantaran dulu, di era kamera film, banyak kamera dan lensa Pentax cukup banyak penggunanya.


Saat masuk ke era digital, Pentax hanya berkonsentrasi ke format sensor APS-C yang lebih kecil, demikian juga perkembangan lensa-lensa Pentax, sebagian besar untuk format APS-C yang dinamakan lensa DA.


Pentax juga fokus ke kamera medium format, Pentax 645z yang kini telah rampung. Setelah sistem kamera medium format Pentax diluncurkan, Pentax di bawah perusahaan Ricoh akhirnya mengembangkan sistem kamera full frame untuk memenuhi kebutuhan pengguna setia Pentaxian dan pemiliki lensa-lensa SLR Pentax.


Peluncuran sistem kamera full frame Pentax ini bisa dibilang cukup terlambat dibandingkan dengan kompetitor seperti Canon yang memiliki kamera full frame pertama di tahun 2002 (Canon EOS 1Ds) dan Nikon di tahun 2007 (Nikon D3).


Next


(ash/ash)