OnePlus Siap-siap Tinggalkan Cyanogen

Jakarta - Selain ditawarkan dengan harga terbilang terjangkau, daya tarik ponsel OnePlus One terletak pada OS Android-nya yang digarap Cyanogen. Namun hubungan OnePlus dan Cyanogen sepertinya tak akan lama lagi, karena OnePlus telah merilis OS buatan sendiri.

OnePlus menamai OS bikinannya yang juga berbasis Android itu dengan sebutan Oxygen OS. Bahkan OnePlus disebut-sebut sampai menggaet para ‘Android rockstar’ untuk mengembangkan OS yang akan segera terbenam di OnePlus One itu.


“Karena kami memerlukan orang-orang tidak hanya memiliki kemampuan teknis yang hebat, tetapi juga perspektif yang unik dan wawasan tentang bagaimana meningkatkan pengalaman pengguna lewat OS kami,” tulis petinggi OnePlus Carl Pei di blog OnePlus.


Selain itu OnePlus mengaku dengan memiliki OS sendiri juga jadi lebih memudahkan untuk melakukan lokalisasi, misalnya menyodorkan penggunaan bahasa lokal untuk negara yang disambanginya.


Update OS juga jadi lebih cepat diberikan ke pengguna. Ditambah lagi masukan dari pengguna yang bisa langsung dieksekusi karena OS yang sudah ditangani sendiri oleh OnePlus.


Namun Oxygen OS saat ini masih dalam tahap awal, sehingga sepertinya masih cukup lama sebelum benar-benar masuk ke ponsel OnePlus One. Pun begitu perusahaan yang isinya dipenuhi oleh mantan-mantan karyawan OPPO ini mengatakan Oxygen OS berbeda dengan kebanyakan OS berbasis Android lainnya.


Meski sama-sama dikembangkan dari Android Open Source Project (AOSP), kustomisasi di Oxygen OS disebut lebih ekstensif. Berkat itu Oxygen OS yang berbasis Android Lollipop pun diklaim lebih cepat, stabil, dan enteng.


Seperti detikINET kutip dari The Register, Jumat (13/2/2015), awal pengembangan Oxygen OS disebut bermula dari kasus yang terjadi di India. Di negeri artis Bollywood itu OnePlus One dilarang beredar karena menggunakan CyanogeMod.


Alasannya karena salah satu produsen ponsel India Micromax telah lebih dulu menjalin kerja sama dengan CyanogenMod. Oleh sebab itu Oxygen OS pun digarap, OS ini awalnya memang dibuat khusus untuk pengguna OnePlus di India. Tapi siapa sangka bila akhirnya OnePlus benar-benar akan menyingkirkan Cyanogen dari ponsel OnePlus one.


(yud/fyk)