Tongsis Bikin Ketakutan di AS

Jakarta - Tongkat narsis alias tongsis baru mulai merambah negara barat seperti Inggris, Australia dan Amerika Serikat. Kedatangan aksesoris itu memang bikin penasaran tapi juga menimbulkan ketakutan sehingga dilarang di berbagai tempat.

Di Amerika Serikat, ada lusinan tempat yang sudah melarang pemakaian tongsis, khususnya museum. Seperti Museum of Modern Art di New York, Getty Center dan Los Angeles serta Hirshorn Musem di Washington DC.


Alasan mereka kurang lebih sama, pemakaian tongsis dianggap berisiko. Ditakutkan, pengunjung yang sembarangan memakai tongsis akan merusak karya seni bernilai tinggi ataupun mengganggu pengunjung lain.


"Tongsis dibatasi karena bisa merusak karya seni atau mengganggu orang lain di tempat sempit," kata Julia Jaskol, juru bicara museum Getty yang dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (12/2/2015).


"Seperti halnya tripod atau monopod, penggunaan tongsis dilarang di Hirshon untuk menjaga keamanan karya seni dan para pengunjung yang datang menikmatinya," kata pengelola musem Hirshon.


Museum lain yang memberlakukan kebijakan serupa adalah Museum of Fine Arts di Boston, National Gallery of Art serta Dallas Museum of Art. Pelarangan tongsis ini sebelumnya sudah dilakukan di negara lain, tidak hanya di Amerika Serikat.


Di Inggris, pengelola tempat konser tenar negara itu yang meliputi Wembley Arena, O2 Arena dan Brixton Academy sepakat tidak memperbolehkan pengunjung membawa tongsis. Alasannya bisa mengganggu pemandangan, bahkan mungkin menimbulkan cedera.Next


(fyk/ash)