Tips Aman Kencan Online di Hari Valentine

Jakarta - Hari Valentine ini, mereka yang jomblo mungkin berduyun-duyun coba mengunjungi layanan kencan online. Dengan stigma negatif kencan online yang menurun, popularitas layanan ini tengah menanjak. Tapi harap hati-hati karena situs tersebut tetap menarik perhatian para scammer.

Apa risikonya? Mengingat Anda mengunggah apapun secara online, siapapun dapat melihat. Sebaiknya hati-hati mengenai informasi identitas di profil kencan Anda. Meski ada banyak akun resmi di situs itu, Anda tetap tidak mengetahui sosok seperti apa yang akan Anda temui.


"Anda berisiko jadi korban penguntit, pelecehan, catfishing, pencurian identitas, pemerasan webcam, dan bahkan phishing scams. Untuk menghindari risiko-risiko ini, berhati-hatilah dengan informasi di profil Anda," tulis Symantec dalam keterangannya. Berikut tips dari mereka.


Do’s dan Don’ts Pada Profil


Buat username yang tidak Anda gunakan untuk akun lain. Username Anda dapat ditelusuri, dan hal apapun terkait username tersebut akan muncul dengan mudah.


Hal yang sama berlaku untuk foto untuk profil Anda. Pengguna lain dapat melakukan penelusuran foto reverse dan dengan mudah menemukan situs lain di mana foto tersebut dipasang. Jadi, dalam kasus ini, tidak masalah jika ingin gemar ber-selfie!


Buat akun email gratis dengan nama unik untuk akun kencan Anda. Kebanyakan situs menawarkan layanan pesan di situs mereka yang melindungi anonimitas member. Namun, seringkali orang akan melanjutkan percakapan mereka ke telepon atau email saat mereka jadi lebih dekat.Next


(fyk/fyk)