Kuntit Google, Apple Ikut Bikin Mobil Pintar?

Jakarta - Rumor yang beredar belakangan menyebut kalau Apple sedang mengerjakan proyek mobil rahasia. Kira-kira mobil seperti apakah yang ingin diciptakan oleh produsen iPhone dan iPad ini?

Sebelumnya, sumber terkait menyebut kalau Apple ingin membuat mobil listrik jenis minivan . Belakangan muncul kabar Apple merancang mobil yang bisa berjalan sendiri. Jika benar, berarti mereka meniru langkah Google yang telah menguji coba mobil otomatis semacam itu.


Menurut sumber terkait seperti dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (15/2/2015), Apple tak hanya mendesain software atau komponen individual, tapi mereka benar-benar ingin menciptakan sebuah mobil sendiri.


"Dan dalam pembuatannya, mereka tampaknya tidak terlalu ingin meminta bantuan dari produsen mobil lain," kata sumber itu. Apple disebut tengah mempelajari metode produksi, teknologi listrik dan juga bagaimana potensi pasar mobil otomatis.


Ambisi Apple menciptakan mobil sendiri berhembus makin kencang ketika Johann Jungwirth, kepala riset pengembangan Mercedes Benz di Silicon Valley bergabung dengan mereka.


Ratusan pekerja kabarnya juga sudah direkrut bekerja dalam proyek berkode nama Titan itu. Sedangkan eksekutif Apple dilaporkan telah intensif berdiskusi dengan manufaktur mobil seperti Magna Steyr.


"Mobil yang bisa jalan sendiri adalah evolusi. Produsen mobil akan perlahan membangun pasarnya. Apple tertarik dengan cara potensial untuk meningkatkan kemampuan mobil, salah satunya ya mobil otomatis itu," kata sumber yang lain.


Mobil otomatis saat ini sudah diuji coba pabrikan mobil ternama. Sebut saja Mercedes, BMW sampai Audi. Di jagat teknologi, ada nama Google yang sudah intensif mengujicobanya dan sampai saat ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal.


Analisis dari Exane BNP Paribas memproyeksi pasar teknologi mobil otomatis akan memiliki nilai USD 25 miliar di 2020. Namun karena hambatan regulasi dan sebagainya, mobil otomatis diperkiraan baru akan jadi produk massal di tahun 2025 atau setelahnya.


(fyk/yud)