Berpotensi Overheat , Apple Recall Adapter iPhone

Jakarta - Apple melakukan recall terhadap model-model tertentu dari USB adapter yang beredar di pasaran. Hal ini dilakukan, karena perusahaan itu menilai ada potensi overheating yang ditimbulkan dari perangkat tersebut.

Apple menyarankan bahwa mereka yang mendapatkan atau membeli adapter USD versi 5W European untuk iPhone antara Oktober 2009 hingga September 2012 agar menukarkannya di Apple Store.


Memang, USD adapter ini diperuntukkan bagi iPhone lawas, seperti iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S. Demikian yang dikutip detikINET dari Business Insider, Sabtu (14/6/2014).


Memang tak semua adapter yang dibeli pada rentang waktu tersebut berpotensi menimbulkan bahaya. Sebabnya, iPhone tetap harus memeriksa nomor seri tertentu adapter itu.


Apple mengklaim bahwa USB adapter yang terkena dampak ini ada di 37 negara, termasuk Perancis, Jerman, Italia, Norwegia, dan Rusia.


(tyo/tyo)

readmore »»  

31% Pengguna PS4 Adalah Pemilik Xbox 360 dan Wii

Jakarta - Kehadiran PlayStation 4 ternyata mampu menyihir gamers dari berbagai kalangan, bahkan yang sebelumnya tidak mempunyai konsol game Sony ini akhirnya terpincut juga.

Hal ini diakui oleh Vice President Marketing Sony America John Koller. Dia mengatakan bahwa 31% dari pengguna PlayStation 4 juga memiliki Xbox 360 atau Nintendo Wii. Tapi, mereka tidak memiliki konsol PlayStation 3.


Koller juga menambahkan bahwa, sebanyak 17% yang membeli PlayStation 4 tidak memiliki konsol game Sony sebelumnya. Sisanya tentu saja penggemar setia konsol game Playstation.


Lalu siapa yang membeli dan masih setia menggunakan PlayStation? Koller mengatakan, tentu saja gamers sejati dari komunitas hardcore.


"Orang yang mengambil konsol game sejak pertama diluncurkan adalah seseorang yang kami sebut ahli, seseorang yang dengan tegas mencintai games," ucapnya, seperti yang dikutip detikINET dari Kotaku, Sabtu (14/6/2014).


"Mereka yang ketika pergi ke rumahnya, tidak ada buku di rak-rak bukunya. Namun hanya jajaran game. Mereka yang rela antri tengah malam untuk membeli konsol game. Merekalah yang disebut sebagai bangsa PlayStation," tandasnya.


Konsol game generasi terbaru besutan Sony bisa dibilang sukses menuai respon positif dari gamer. Sekitar 6 bulan dari waktu pemasarannya pada bulan November tahun lalu, PlayStation 4 berhasil melampaui target yang dicanangkan Sony.


Bisa dibilang kesuksesan PS4 telah terlihat di hari pertama penjualannya. Hanya dalam waktu 24 jam pertama PS4 memasuki pasar, tercatat 1 juta unit konsol game tersebut yang terjual. Sedangkan laporan terakhir yang dirilis Sony pada bulan Februari lalu mencatatkan penjualan sebanyak 5,3 juta unit.


Laporan terbaru yang diumumkan Sony membuktikan penjualan PS4 masih sangat positif. Hingga bulan April ini, pesaing Xbox One ini bahkan disebut berhasil melampaui target yang ditetapkan Sony, dengan jumlah penjualan 7 juta unit.


(tyo/tyo)



readmore »»  

LG Siapkan G3 Versi Kencang

Jakarta - LG G3 sampai saat ini belum dijual secara resmi di negara selain Korea Selatan. Namun baru-baru ini muncul isu bahwa LG akan meng-upgrade spesifikasi flagship mereka tersebut.

Seperti yang dikutip detikINET dari GSM Arena, Sabtu (14/6/2014), dari sisi prosesor dari LG G3 akan diubah dari Snapdragon 801 menjadi Snapdragon 805.


Peningkatan prosesor ini dikarenakan resolusi QHD yang terlalu tinggi, sehingga membuat performa LG G3 berada di bawah pesaingnya yang mempunyai resolusi layar lebih kecil seperti 1080p.


Resolusi yang semakin besar membutuhkan kemampuan memproses data yang lebih besar pula. Kemampuan tersebut dimiliki oleh prosesor Snapdragon 805.


Kendati menggunakan prosesor yang lebih baru, belum diketahui apakah akan ada peningkatan lainnya dari sisi fitur-fitur di LG G3.


LG bukan yang pertama, Samsung pun dikabarkan akan menggunakan prosesor serupa di salah satu varian Galaxy S5, yang kemungkinan akan diberi nama Galaxy S5 Prime, atau Galaxy F.


Belum diketahui, apakah gosip ini akan menjadi kenyataan atau tidak. Apalagi, LG G3 versi Snapdragon 801 masih menunggu 'lampu hijau' untuk segera masuk ke pasaran global.


(tyo/tyo)



readmore »»  

USB Berseni Tinggi dari Sandisk

Jakarta - Bosan dengan bentuk USB Drive yang itu-itu saja? Jangan khawatir, karena Sandisk mencoba menawarkan sesuatu berbeda dengan cita rasa seni tinggi melalui flash drive edisi spesial Cruzer Pop.

USB bergaya pop art ini memang didesain oleh seniman kenamaan Romero Britto. Dikenal dengan karya seninya yang berwarna-warni dan menyenangkan, Britto mengembangkan sebuah design unik dengan sepak bola sebagai inspirasi.


"Saya sangat tertarik dengan pembuatan produk yang berwarna-warni yang sangat merefleksikan budaya Brasil, seperti halnya SanDisk. Sangat penting merancang sebuah produk yang jadi sesuatu yang konsumen ingin lihat, bahkan mendapatkan insiprasi darinya," ujarnya, seperti detikINET kutip melalui rilisnya, Sabtu (14/6/2014).


"Bekerja sama dengan artis internasional yang memiliki kemampuan untuk membawa USB drive jadi nyata bersama rancangannya adalah cara yang bagus bagi SanDisk untuk mengenali budaya Amerika Latin dan memberikan pelanggan kami produk yang menyenangkan dan unik dilihat," kata Idris Effendi, Country Manager SanDisk Corporation.


Britto sendiri memiliki aliran yang menggabungkan dari cubism dengan pop, untuk menciptakan gaya ikonik yang hidup seperti yang digambarkan oleh The New York Times sebagai, "memancarkan kehangatan, optimisme dan cinta."


Karya Britto telah dipamerkan di galeri dan museum di lebih dari 100 negara, termasuk Carrousel du Louvre, di Salon de la Socie;te; Nationale des Beaux-Arts pada tahun 2008 dan 2010.


(tyo/tyo)



readmore »»  

Saingi Apple HealthKit, Google Fit pun Diluncurkan

Jakarta - Kesehatan saat ini telah menjadi 'mainan' baru untuk perusahaan di bidang teknologi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang membuat wearable devices yang bisa merekam data kesehatan, seperti Samsung Gear Fit, Jawbone Up24, Sony SmartBand, dan lainnya.

Google pun tak mau kalah, setelah memperkenalkan OS khusus smartwatch, Android Wear, mereka kini juga merambah platform pendeteksi kesehatan. Platform tersebut akan diberi nama Google Fit, yang membuat penggunanya bisa merekam data kesehatan melalui wearable devices.


Seperti yang dikutip detikINET dari Forbes, Sabtu (14/6/2014), Google akan meluncurkan layanan baru itu dalam gelaran Google I/O 2014 yang akan diadakan 25-26 Juni mendatang di San Francisco.


Forbes, yang mengutip sejumlah sumber, mengatakan bahwa Google pun berencana membuat wearable devices perekam data kesehatan. Namun mereka tidak akan membuatnya sendiri, melainkan akan bekerja sama dengan pembuat perangkat pihak ketiga.


Data-data kesehatan yang direkam melalui platform Google Fit pun akan bisa memanfaatkan layanan cloud milik Google.


Pesaing Google, Apple, awal bulan Juni 2014 juga sudah memamerkan aplikasi serupa, yang bernama HealthKit. Aplikasi ini akan berfungsi sebagai pusat untuk data-data kesehatan yang direkam melalui wearable devices.


(tyo/tyo)



readmore »»  

Apple Rekrut Mantan Model Samsung

Jakarta - Apple yang biasanya sedikit alergi segala sesuatu berhubungan dengan Samsung, mulai sedikit mencair. Ini berkaitan dengan strategi marketing anak perusahaan yang baru saja dibeli perusahaan asal Cupertino itu, Beats.

Perusahaan headhphone itu kabarnya akan memakai jasa bintang bola basket NBA LeBron James sebagai bintang iklan terbaru dari produknya. Uniknya, King James merupakan mantan model iklan Samsung--yang notabene adalah pesaing utama Apple.


Saat itu, Bintang Miami Heat bersama dengan Seth Roger dan Paul Rudd membintangi iklan Samsung Galaxy Note II. Iklan berdurasi 2 menit itu wara-wiri di perhelatan olah raga Super Bowl Amerika Serikat.


Entah apakah Beats tidak mengetahuinya secara pasti atau memang sengaja memasangkan mantan model Samsung tersebut.


Bisik-bisik menyebutkan LeBorn James akan mendapatkan USD 30 juta untuk menjadi duta bagi Beats. Apalagi ini bertepatan dengan momen Piala Dunia 2014 di Brazil. Demikian yang dikutip detikINET dari Apple Insider, Sabtu (14/6/2014).


(tyo/tyo)



readmore »»  

50% Pengguna Seluler Dunia Ada di Asia Pasifik

Jakarta - Wajar jika Asia Pasifik dianggap sebagai pasar yang strategis untuk pengembangan seluler di masa depan. Pasalnya, kawasan ini menguasai setengah dari populasi pengguna seluler global dan akan tetap kuat posisinya hingga 2020 mendatang.

GSMA dalam laporan terbarunya menyatakan ada sekitar 1,7 miliar pengguna di Asia Pasifik hingga akhir 2013 lalu. Sedangkan pengguna seluler secara global sekitar 3,4 miliar nomor.


Pengguna di kawasan Asia Pasifik diperkirakan setiap tahun bisa tumbuh sekitar 5,5% hingga 2020 atau mencapai 2,4 miliar pengguna. Sedangkan jumlah koneksi di Asia Pasifik pada 2020 diperkirakan bisa mencapai 4,8 miliar. Koneksi berbasis 3G menguasai sekitar 25% dari akses, sementara 4G sekitar 3%.


"Kawasan Asia Pasifik menjadi pendorong tumbuhnya pengguna seluler mencerminkan pasar yang variatif,” ungkap Direktur GSMA Anne Bouverot seperti detikINET kutip dari situs GSMA, Juma (13/6/2014).


Diungkapkannya, konsentrasi pasar seluler di kawasan Asia Pasifik ada di Tiongkok, India, Jepang, dan Indonesia. Tiongkok pada 2013 memiliki 630 juta pengguna dengan jumlah koneksi mencapai 1,13 miliar. Ini artinya pengguna di China memakai lebih dari satu SIM card selama 2013.


Pengguna di Tiongkok yang mengakses data sekitar 500 juta pada 2013 dimana hanya 130 juta yang hanya menggunakan suara dan SMS. Diperkirakan pada 2013 ada 600 juta pengguna internet di Tiongkok dimana 80% diakses melalui perangkat mobile.


Industri seluler berkontribusi sekitar USD 864 miliar pada gross domestic product (GDP) Asia Pasifik selama 2013 dengan menyediakan 3,7 juta lapangan kerja dan berkontribusi sekitar USD 82 miliar bagi pendanaan publik.


Dalam enam tahun terakhir belanja modal dari operator di kawasan Asia Pasifik mencapai USD 430 miliar. Operator diperkirakan menambah investasi sekitar USD 730 miliar di periode 2014 hingga 2020.


(rou/rou)



readmore »»  

Jurus XL-Axis Agar Tak 'Saling Bunuh'

Yogyakarta - Sama-sama bermain di bisnis yang sama, industri seluler, membuat XL harus putar otak agar malah tidak saling bunuh dengan Axis, 'saudara barunya'.

Menurut Ongki Kurniawan, Chief Service Management Officer XL Axiata, memiliki dua brand yang mirip dari sisi segmentasi dalam satu perusahaan, memang memiliki risiko untuk saling mengkanibal. Hal ini pula yang sudah diprediksikan kepada XL dan Axis.


"Itu memang risiko dan sudah kita lihat di Telkomsel dan Indosat pasti ada risiko yang bisa terjadi," kata Ongki saat drive test XL ke Jogjakarta.


Namun, XL mengaku sudah punya jurus untuk menangkal saling bunuh dua produknya tersebut di pasar.


Dimana XL saat ini sudah memetakan di market atau wilayah mana saja Axis memiliki posisi yang kuat. Begitu juga sebaliknya, memetakan di wilayah mana saja XL yang kurang bertaji.


"Jadi kita petakan dulu daerahnya, dan kita hanya push Axis untuk daerah-daerah tersebut. Untuk nation wide masih XL dan untuk daerah-daerah khusus akan kita dorong Axis," kata Ongki.


"Kalau saya lihat, Axis bermain di 20 kota utama, dimana juga berarsiran dengan XL. Jadi kalaupun kita dorong Axis itu tak akan sampai di 20 kota,"" lanjutnya.Next


(ash/rou)

readmore »»  

Axis Pelan-pelan Tak Lagi Eksis

Yogyakarta - Pasca mengakuisisi Axis Telekom Indonesia, banyak yang mempertanyakan apa yang bakal dilakukan XL Axiata selanjutnya terhadap operator yang identik dengan warna biru itu?

Perlahan, rencana masa depan XL terhadap Axis pun terungkap. Intinya, XL mengaku kesulitan jika terus mengelola dua brand. Alhasil, peleburan mutlak harus dilakukan.


Ongki Kurniawan, Chief Service Management Officer XL menjelaskan, XL memiliki dua rencana terhadap Axis. Yaitu untuk jangka pendek (short term) dan jangka panjang (long term).


"Untuk long term, kita tetap punya satu brand. Jadi XL dan Axis itu akan di-merge (digabung-red). Namanya itu apa, apakah kemungkinan besar akan XL, itu belum diset. Jadi akan kita merge," tegas Ongki di sela drive test XL ke Jogjakarta.


"Karena untuk punya dua brand itu sangat mahal, dan sulit untuk bisa me-maintain (mengelola) dua brand. Dari sisi budget, positioning dan ditawarkan ke customer. Jadi itu berat sekali, kita lhat banyak yang gak berhasil kalau pakai dua brand," lanjutnya.


Sementara untuk jangka pendek, XL melihat brand Axis masih sangat relevan untuk segmen youth alias anak muda.


"Jadi kita mau lihat dulu, selama short term ini jika kita bisa bangun strong relevant brand di beberapa area yang kita lihat Axis cukup berhasil dan ada di area tersebut ada target segmen youth yang kita mau incar. Kita mencoba mendapatkan market share lebih besar," kata Ongki.Next


(ash/rou)

readmore »»  

Operator Mau e-Money? Bagusin Dulu Sinyalnya!

Jakarta - Operator telekomunikasi diminta untuk memperbaiki kualitas jaringannya agar transaksi uang elektronik atau yang biasa kita kenal dengan istilah e-money bisa berjalan lancar.

“Salah satu kunci sukses e-money itu adalah infrastruktur milik operator telekomunikasi berjalan baik. Soalnya, sekarang untuk transaksi banyak mengandalkan jaringan operator,” ungkap Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Pembayaran Bank Indonesia Yura A Djalins dalam diskusi IndoTelko Forum: ”Collaborative & Incentives: a New Breakthrough for e-Money” di Jakarta.


Yura menjelaskan, Bank Indonesia dalam menggenjot ekosistem e-money menggelar uji coba di daerah tertentu dan dalam pelaksanaan banyak menemukan masalah sinyal kurang bagus dari operator sebagai penghambat transaksi.


“Kita uji coba di Universitas Indonesia, disana kualitas sinyal tak begitu bagus. Apalagi yang mengadopsi rekening ponsel, itu sangat tergantung sinyal operator. Saya harapkan operator memperbaiki kualitasnya. Tahun ini kita ingin mengembangkan uji coba ke 10 kota,” katanya.


Principal Doku Budi Syahbudin menambahkan, perangkat bergerak dan internet memang menjadi kunci untuk mendorong e-money.


“Infrastruktur operator memang diandalkan sekali untuk transaksi. Kalau panggilan suara dan SMS drop, kita masih maklumi karena bisa dicoba lagi. Tetapi kalau sedang bertransaksi sinyal drop, itu resahnya minta ampun. Ini bisa mempengaruhi pengalaman pengguna untuk mengulang memakai e-money,” pungkasnya


(rou/rou)



readmore »»  

Suksesor iPad Air Punya Kamera Paling Bagus

Jakarta - Selain iPhone 6, Apple disebut-sebut juga akan meluncurkan versi terbaru dari iPad Air. Bila versi sebelumnya lebih mengedepankan bentuk yang ramping, maka suksesornya hadir dengan peningkatan kamera yang signifikan.

Secara desain, iPad Air 2 mungkin tidak akan mengalami perubahan signifikan. Baik dari sisi ketipisan, hingga resolusi yang tetap mengusung 2048 x 1536 untuk ukuran layar 9,7 inch miliknya.


iPad Air terbaru juga hadir dengan prosesor baru. Santer disebut akan ada upgrade kecepatan saat tablet Apple ini dibenamkan dengan prosesor A8 yang juga mampu menahan daya tahan baterai lebih lama.


Nah, soal kamera ini juga menjadi perhatian serius dari Apple. Seperti yang dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (13/6/2014), iPad Air terbaru akan dipasangkan dengan kamera beresolusi 8 megapixel dari sebelumnya hanya 5 megapixel.


Sementara untuk kamera depannya juga ada peningkatan dari 1,2 megapixel menjadi 1,5 megapixel yang membuat Facetime pun menjadi lebih terang. Sumber dari analis memprediksi, iPad Air yang bakal dilengkapi dengan Touch ID akan meluncur paling cepat akhir kuartal ketiga tahun 2014.


(tyo/rou)



readmore »»  

ZTE: Ponsel Samsung Kemahalan

Bali - Saat ini Samsung mungkin sudah menjadi rajanya ponsel Android. Namun tak semua menganggap bahwa produk keluaran produsen asal Korea Selatan itu berkualitas, bahkan ada yang menganggapnya terlalu mahal.

ZTE hanyalah salah satu dari sekian banyak vendor ponsel pesaing Samsung di area ponsel pintar. Persaingan pun kian sengit, menuntut inovasi produk, serta harga jual yang kompetitif agar bisa unggul.


Salah satu cara yang ditempuh Samsung untuk menggenjot penjualannya adalah, mengeluarkan produk dengan cepat, spesifikasinya mentereng, punya banyak fitur menarik, dan tak lupa gencar melakukan kampanye melalui advetorial.


Itulah yang dinilai ZTE membuat harga produk Samsung membengkak. Biaya sana sini di luar ongkos komponen otomatis mengerek harga ponsel saat dilepas ke pasaran.


"Semua tahu, dan bisa dicari di internet. Harga komponen Samsung jauh di bawah harga jual ponselnya," kata Sales Director of ZTE Handset Business Unit Indonesia Romeo Luo.


Dari situ Luo menilai harga ponsel Samsung terbilang mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan produk buatan ZTE yang diklaim tak kalah hebat.


"Dengan spesifikasi yang sama produk kita bisa 30% lebih murah dari produk Samsung. Soal kualitas kita tidak seburuk mereka (Samsung-red)," tandas Luo di Hotel Grand Nikko, Nusa Dua, Bali.


(eno/rou)



readmore »»  

Sinergi Jaringan XL-Axis Dikebut

Jakarta - Integrasi jaringan yang dimiliki XL dan Axis terus digeber. Proses ini ditargetkan bakal rampung pada akhir tahun 2014.

Dijelaskan Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi, sinergi jaringan memerlukan proses, sehingga tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Namun pada akhirnya tentu akan menguntungkan bagi pelanggan.


Sebab, baik itu pelanggan XL atau Axis bakal mendapatkan layanan yang lebih baik lagi lantaran ditopang oleh dua jaringan operator yang telah menjadi satu.


"Jadi yang pasti jaringan XL-Axis akan jadi lebih luas dan bagus karena dua jaringan telah digabungkan," ujar Hasnul, saat melepas drive test XL guna menyabut bulan Ramadan di stasiun Gambir, Kamis (12/6/2014).


XL sendiri saat ini memiliki 45.600 BTS dan melayani lebih dari 68 juta pelanggan. Kini, XL jadi operator seluler dengan jumlah pelanggan terbanyak kedua di Indonesia dengan melewati Indosat.


XL berharap integrasi jaringan antar kedua perusahaan yang membutuhkan waktu sekitar tiga hingga sembilan bulan ini bisa cepat rampung, khususnya pengembalian frekuensi 3G di blok 11 dan 12 spektrum 2,1 GHz.


Dengan bergabungnya Axis, itu artinya XL memiliki jumlah spektrum sama seperti Telkomsel, yakni 15 MHz di 2,1 GHz, 22,5 MHz di 1800 MHz, dan 7,5 MHz di 900 MHz.


Sebelumnya, XL menyatakan bahwa fokus integrasi mereka pasca proses akuisisi adalah terkait biling system dan services, migrasi trafik dan integrasi jaringan.


Sampai saat ini, yang baru diselesaikan adalah proses integrasi di jalur distribusi penjualan dan juga sumber daya manusia.


(ash/rou)



readmore »»  

ZTE Bawa Jagoan Ponsel China

Bali - Pertempuran pasar ponsel di Indonesia tampaknya bakal makin sengit. Ini karena raksasa elektronik asal China, ZTE, siap merilis ponsel jagoan mereka yang dibawa dari negeri asalnya.

Dengan pengalamannya yang sudah hampir 10 tahun di bisnis ponsel, ZTE mengklaim tahu betul apa yang disukai para pemburu gadget di Indonesia. Para konsumen dinilai haus akan ponsel bagus tapi dengan harga terjangkau.


Memang, di Indonesia sudah banyak ponsel Android dengan spesifikasi tinggi berharga murah, tapi produk jenis itu dibilang tidak memiliki kualitas yang cukup baik, berbeda dengan ZTE Nubia Z5S Mini.


Nubia Z5S Mini dilengkapi dengan chip Snapdragon 600 yang memiliki prosesor 4 inti dan RAM 2 GB. Ponsel ini punya layar 4,7 inch buatan Sharp dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Kameranya juga terlihat menjanjikan dengan lensa sebesar 13 MP di belakang dan 5 MP di depan.


"Kami ingin menjawab keinginan ponsel premium dengan harga terjangkau," kata Jacky Zhang, President ZTE Unit Bisnis Ponsel wilayah Asia Pasifik dan CIS.


"Di China, Nubia Z5S Mini adalah ponsel jagoan kami, dan sekarang kami membawanya ke sini," tambah Jacky, saat meluncurkan jajaran ponsel ZTE di Hotel Grand Nikko, Nusa Dua, Bali.


Ya, selain Nubia Z5S Mini ZTE juga punya ponsel baru lain yang akan tersedia di pasar Indonesia, ZTE Blade 2 dan KIS 3. Kedua model terakhir ini membidik konsumen menengah ke bawah.


Sayangnya, Jacky masih enggan menyebutkan berapa harga ketiga ponsel tersebut. Begitu juga soal tanggal ketersediaannya nanti.


(eno/rou)



readmore »»  

Hashflag Buat Seru-seruan Piala Dunia di Twitter

Jakarta - Siap menyambut Piala Dunia 2014? Panasnya setiap pertandingan dijamin akan ikut terbawa ke luar arena, termasuk di jejaring sosial seperti Twitter. Twitter akan menambah keseruan ini dengan fitur khusus World Cup.

"Excited about the World Cup? Choose your side to unlock new custom World Cup features. Love every second of the #WorldCup on Twitter." Demikian sapaan Twitter untuk menggiring tweeps menelusuri fitur barunya tersebut.


Saat diklik detikINET Kamis (12/6/2014), fitur tersebut menampilkan sejumlah langkah. Di halaman pertama, tweeps dipersilakan memilih bendera negara yang dijagokan, kemudian memilih profile image bertema bola.


Selanjutnya, tweeps juga akan disuguhi sederet akun Twitter dari para bintang sepak bola atau tim kesebelasan jagoannya. Agar perbincangan semakin seru nantinya, Twitter juga menghubungkan pengguna dengan tweeps lain yang sama-sama menjagokan negara tertentu. Mereka juga bisa mencarinya dengan find your friends.



Yang menarik dari fitur ini adalah hashflag. Disebutkan Twitter dalam blognya, ini adalah cara yang menyenangkan untuk membuat tweet menjadi semakin berwarna.


Caranya, saat nge-tweet gunakan hashtag tiga huruf yang menjadi kode negara yang dijagokan misalnya. Nantinya, hashflah akan muncul sendiri berupa bendera dari negara yang dimaksud pada teks. Seru! Jadi, bersiaplah menikmati keseruan Piala Dunia.


(rns/rou)



readmore »»  

CR7 vs Messi 'Pemanasan' Piala Dunia di Facebook

Jakarta - Ajang empat tahunan Piala Dunia 2014 tinggal hitungan jam, social media pun menjadi bagian tak terpisahkan dari kemeriahan ini. Facebook punya caranya sendiri berpartisipasi, yakni dengan memperkenalkan Hub Trending World Cup.

Fitur ini tersedia di halaman Facebook dengan mengunjungi tautan http://facebook.com/worldcup. Saat dikunjungi detikINET, Kamis (12/6/2014), di halaman ini, kita akan menemukan semua hal terkini mengenai Piala Dunia.


Mulai dari skor hasil pertandingan, berbagai posting tentang Piala Dunia dari Facebooker lain, pemain atau akun resmi tim kesebelasan yang menggunakan hashtag #WorldCup, ditampilkan di sini.


Menariknya, pada sebelah kanan halaman ini Facebook memperlihatkan Fan Map. Ini adalah peta interaktif yang menggambarkan 10 pemain sepakbola yang ikut Piala Dunia 2014 dengan jumlah penggemar terbanyak, lengkap dengan asal negara para fans berasal.


Lebih lengkapnya, informasi tersebut dapat dilihat di https://www.facebook.com/worldcup/map/. Penasaran kan, bintang sepakbola mana yang fans-nya paling banyak. Cristiano Ronaldo ataukah Lionel Messi?



Perhelatan Piala Dunia tahun ini digelar di Brasil. Selama satu bulan, para penikmat sepak bola bakal disuguhi pertandingan seru dari stadion yang berlokasi di Sao Paulo hingga Rio De Jainero.


Berikut 10 pemain top yang akan unjuk gigi tak lama lagi:


1. Cristiano Ronaldo 84.300.000 fans

2. Lionel Messi 57.800.000 fans

3. Neymar Jr 23.300.000 fans

4. Wayne Rooney 20.700.000 fans

5. Andres Iniesta 20.000.000

6. Mesut Ozil 19.800.000

7. Iker Casillas 19.100.000

8. David Villa 14.200.000

9. Karim Benzema 13.100.000

10. Gerard Pique 12.300.000


(rns/rou)



readmore »»  

Hashflag Buat Seru-seruan Piala Dunia di Twitter

Jakarta - Siap menyambut Piala Dunia 2014? Panasnya setiap pertandingan dijamin akan ikut terbawa ke luar arena, termasuk di jejaring sosial seperti Twitter. Twitter akan menambah keseruan ini dengan fitur khusus World Cup.

"Excited about the World Cup? Choose your side to unlock new custom World Cup features. Love every second of the #WorldCup on Twitter." Demikian sapaan Twitter untuk menggiring tweeps menelusuri fitur barunya tersebut.


Saat diklik detikINET Kamis (12/6/2014), fitur tersebut menampilkan sejumlah langkah. Di halaman pertama, tweeps dipersilakan memilih bendera negara yang dijagokan, kemudian memilih profile image bertema bola.


Selanjutnya, tweeps juga akan disuguhi sederet akun Twitter dari para bintang sepak bola atau tim kesebelasan jagoannya. Agar perbincangan semakin seru nantinya, Twitter juga menghubungkan pengguna dengan tweeps lain yang sama-sama menjagokan negara tertentu. Mereka juga bisa mencarinya dengan find your friends.



Yang menarik dari fitur ini adalah hashflag. Disebutkan Twitter dalam blognya, ini adalah cara yang menyenangkan untuk membuat tweet menjadi semakin berwarna.


Caranya, saat nge-tweet gunakan hashtag tiga huruf yang menjadi kode negara yang dijagokan misalnya. Nantinya, hashflah akan muncul sendiri berupa bendera dari negara yang dimaksud pada teks. Seru! Jadi, bersiaplah menikmati keseruan Piala Dunia.


(rns/rou)



readmore »»  

CR7 vs Messi 'Pemanasan' Piala Dunia di Facebook

Jakarta - Ajang empat tahunan Piala Dunia 2014 tinggal hitungan jam, social media pun menjadi bagian tak terpisahkan dari kemeriahan ini. Facebook punya caranya sendiri berpartisipasi, yakni dengan memperkenalkan Hub Trending World Cup.

Fitur ini tersedia di halaman Facebook dengan mengunjungi tautan http://facebook.com/worldcup. Saat dikunjungi detikINET, Kamis (12/6/2014), di halaman ini, kita akan menemukan semua hal terkini mengenai Piala Dunia.


Mulai dari skor hasil pertandingan, berbagai posting tentang Piala Dunia dari Facebooker lain, pemain atau akun resmi tim kesebelasan yang menggunakan hashtag #WorldCup, ditampilkan di sini.


Menariknya, pada sebelah kanan halaman ini Facebook memperlihatkan Fan Map. Ini adalah peta interaktif yang menggambarkan 10 pemain sepakbola yang ikut Piala Dunia 2014 dengan jumlah penggemar terbanyak, lengkap dengan asal negara para fans berasal.


Lebih lengkapnya, informasi tersebut dapat dilihat di https://www.facebook.com/worldcup/map/. Penasaran kan, bintang sepakbola mana yang fans-nya paling banyak. Cristiano Ronaldo ataukah Lionel Messi?



Perhelatan Piala Dunia tahun ini digelar di Brasil. Selama satu bulan, para penikmat sepak bola bakal disuguhi pertandingan seru dari stadion yang berlokasi di Sao Paulo hingga Rio De Jainero.


Berikut 10 pemain top yang akan unjuk gigi tak lama lagi:


1. Cristiano Ronaldo 84.300.000 fans

2. Lionel Messi 57.800.000 fans

3. Neymar Jr 23.300.000 fans

4. Wayne Rooney 20.700.000 fans

5. Andres Iniesta 20.000.000

6. Mesut Ozil 19.800.000

7. Iker Casillas 19.100.000

8. David Villa 14.200.000

9. Karim Benzema 13.100.000

10. Gerard Pique 12.300.000


(rns/rou)



readmore »»  

Google Bersolek Sambut Piala Dunia

Jakarta - Google juga tak mau ketinggalan menyambut pesta akbar Piala Dunia 2014 di Brasil. Halaman mesin pencarian nomor satu ini ikut menampilkan logo unik Google Doodle yang tentunya bertemakan sepak bola.

Dikunjungi detikINET Kamis (12/6/2014), halaman pencarian Google menampilkan animasi sepak bola menggelinding dari arah kiri. Bola tersebut tampak mengeluarkan warna-warni cerah yang didominasi hijau kuning seperti bendera Brasil.


Huruf-huruf yang membentuk kata Google tampak seperti melompat-lompat kegirangan. Warna-warni yang muncul dari bola tampak menyelimuti alam tropis Brasil. Tampak pula patung Kristus Penebus Dosa di Rio de Janeiro yang menjadi ikon negeri Samba tersebut.


Seperti biasanya, saat diklik akan tampil hasil pencarian yang berhubungan dengan tema Doodle. Kali ini, Google menyajikan beragam informasi dari mulai artikel berita, foto hingga video terkait dengan Piala Dunia.


Tampaknya Google juga begitu bersemangat menyambut ajang sepak bola terbesar di dunia ini. Hasil pencarian Google tampak menampilkan jadwal pertandingan dari grup A antara Brasil vs Kroasia yang akan digelar pada Kamis sore waktu Brasil di urutan teratas.


(rns/rou)



readmore »»  

Hii, Wallpaper di iPad Berbau Mistis

Jakarta - Para pengguna iPad bisa mengganti wallpaper atau screensaver dengan gambar bawaan, di antaranya adalah foto sebuah danau dengan latar belakang perbukitan. Muncul kabar bahwa danau tersebut kena kutukan.

Dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (12/6/2014), danau tersebut adalah Pyramid Lake di Nevada, Amerika Serikat. Menurut legenda setempat, tempat ini dihuni dengan roh anak-anak dan putri dutung.


Menurut suku Paiute yang tinggal di dekat sana, ada kekuatan kegelapan di kedalaman air danau. Dahulu menurut mereka, ada bayi prematur atau cacat yang dibuang begitu saja di sana. Beberapa pengunjung juga mengaku mendengar suara bayi.


Legenda ini mengundang rasa penasaran beberapa orang. Seorang pengguna iPad bernama Simon Robinson mengunjungi danau itu untuk mencari tahu di mana lokasi foto wallpaper diambil. Ia kemudian didatangi oleh seorang wanita penduduk setempat.


"Aku hanya mendengar bahwa danau ini adalah salah satu yang paling spektakuler. Lalu aku mendengar tentang legenda itu ketika seorang wanita setempat menanyakan apa tujuanku," ucap Simon.


"Dia mengatakan beberapa fans Apple sebelumnya pernah datang dan dia selalu menceritakan soal legenda bayi dan putri duyung di sini. Dia sendiri mengaku tidak percaya, tapi katanya cukup banyak pengunjung yang mendengar tangisan bayi," tambah Simon.


Terkadang juga ada nelayan yang tenggelam di danau itu. "Aku bertanya pada seorang nelayan yang mengaku tahu soal legenda itu dan dia tahu ada beberapa nelayan tenggelam tiap musim panas," tutur dia.


"Tapi dia mengatakan kemungkinan penyebabnya adalah kondisi cuaca buruk dan danau ini begitu dalam. Dia mengatakan mungkin para korban juga sedang mabuk," cerita Simon.


Legenda putri duyung diperkirakan sudah berusia ribuan tahun, tapi soal asal usul legenda bayi masih menjadi kontroversi. "Apapun kebenarannya, yang pasti tempat ini sungguh mengagumkan," pungkas Simon.

(fyk/rou)



readmore »»  

Telkom Geber Bandwidth 10 Gbps untuk Kampus

Jakarta - Telkom yang memasang target untuk bisa menggaet 1.000 kampus hingga akhir tahun melalui program IndiCampus, mencanangkan penyediaan bandwidth yang tak sedikit.

"Targetnya di tahun 2014 ini Telkom harus dapat menggelar bandwidth hingga 10 Gbps hanya untuk komunitas kampus saja," ujar Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin, Kamis (12/6/2014).


IndiCampus alias Indonesia Digital Campus merupakan program lanjutan dari program Indonesia Digital School (IndiSchool) yang sama-sama dibuat untuk menggarap sektor pendidikan melalui penetrasi layanan broadband.


Program ini bertujuan untuk membantu terpenuhinya prasyarat World Class Campus di seluruh kampus di Indonesia, yang salah satu indikatornya adalah dapat menyediakan minimal broadband akses 5 Kbps atau rata-rata throughput bandwidth minimal per mahasiswa.


Dari studi yang dilakukan oleh OnlineCollege USA mengungkapkan bahwa kebanyakan kampus di Amerika Serikat menyediakan bandwidth 100 Mbps hingga 500 Mbps.


"Hal itu masih sangat jauh dari rata-rata Mbps yang disediakan oleh kampus di Indonesia, yaitu rata-rata 30 Mbps," kata Executive General Manager Divisi Busines Service Telkom Yusron Haryadi dalam kesempatan terpisah.


Menurutnya, hal ini tentunya berdampak langsung pada tingkat aksesibilitas para mahasiswa kampus untuk mendapatkan referensi-referensi terbaik yang menunjang perkuliahan mereka. Next


(rou/rns)

readmore »»  

Twitter Sempat Matikan Tweetdeck

Jakarta - Beberapa jam lalu, para pengguna Twitter digegerkan oleh penutupan Tweetdeck yang dilakukan secara sepihak oleh Twiter. Apa masalahnya?

Rupanya, salah satu bagian cross-site scripting atau yang sering disebut XSS pada Tweetdeck ditemukan oleh Twitter memiliki cacat. Kelemahan ini dianggap memiliki kerentanan keamanan, terutama terkait jutaan akun pengguna yang berpotensi dibajak.


Serangan akibat kerentanan ini disebut ditemukan pada Tweetdeck versi 3.7.1 yang dapat menyebar hingga 38 ribu target hanya dalam waktu 2 menit melalui retweet yang dilakukannya. Cara paling gampang mendeteksi serangan ini adalah font yang berubah menjadi Comic Sans. Selain itu komputer yang terinfeksi juga kerap memunculkan notifikasi dialog.


Untungnya Twitter mengklaim telah menemukan akar masalahnya dan tak butuh waktu lama bagi microblogging ini untuk perbaikan. Saat ini akses Tweetdeck juga telah dibuka kembali aksesnya bagi pengguna.


“Kami telah memverifikasi perbaikan keamanan yang kami lakukan dan layanan TweetDeck telah diaktifkan kembali untuk semua pengguna. Maaf untuk ketidaknyamanannya,” kicau Twitter melalu akun @TweetDeck.


(yud/fyk)



readmore »»  

Kicau Piala Dunia Brazil Lebih 'Berisik' dari Afsel

Jakarta - Beberapa hari menjelang Piala Dunia 2014 (@FIFAWorldCup) di Brazil, percakapan tentang peristiwa yang akan menjadi sejarah ini sudah ramai diperbincangkan di Twitter.

Bahkan, tweet terkait Piala Dunia 2014 tahun ini lebih banyak, dibandingkan dengan tweet seluruh pertandingan pada tahun 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.


Menurut Twitter, #WorldCup tidak hanya akan berlangsung di lapangan saja, namun juga di Twitter. Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih dekat dengan laga penuh aksi.


"Para penggemar dapat memperoleh perkembangan terkini dari tim kesayangan mereka, para pemain, pelatih, wartawan, selebriti, bahkan antara sesama penggemar melalui Twitter," lanjut situs mikroblogging itu.


"Ini adalah perhelatan akbar dimana para penggemar dapat melihat dan merasakan sendiri aksi laga dalam Piala Dunia setiap detiknya, di dalam maupun diluar lapangan," tandas mereka.


(ash/fyk)



readmore »»  

Pinterest Gaet Mantan Desainer Toko Online Apple

Jakarta - Jejaring sosial untuk berbagi foto, Pinterest, sedang rajin mempercantik layanannya. Pinterest bahkan meminta bantuan mantan desainer online store Apple untuk mendandani situsnya.

Kucuran dana USD 200 juta yang didapatnya sebulan lalu tampaknya benar-benar dimanfaatkan. Tak hanya melakukan sejumlah perubahan, Pinterest juga memperbaiki divisi discovery dan search.


Michael Lopp, mantan Direktur Palentir dan pernah bekerja di Apple, bergabung sebagai Head of Engineering. Satu nama lainnya adalah Bob Baxley yang pernah bekerja sebagai direktur desain online store Apple, didaulat sebagai Head of Product Design and Research.


Lopp dan Baxley, seperti dikutip dari Venture Beat, Kamis (11/6/2014), dulunya berkolaborasi mengerjakan sejumlah proyek di Apple, termasuk mempercantik online store pembesut iPhone tersebut.


"Sebagai Head of Engineering, Michael Lopp akan memimpin tim teknis di balik Pinterest dan fokus pada pengembangan produk serta infrastruktur," demikian disampaikan Pinterest.


"Bob Baxley, akan mengawasi tim desain produk dan riset serta menciptakan interface dan user experience yang membantu puluhan juta pengguna lebih mudah menyimpan dan menemukan segala hal yang mereka sukai," sambung Pinterest.


Pinterest sendiri baru-baru ini menambahkan lebih banyak resource untuk search and discovery di layanannya. April silam, Pinterest merilis Guided Search, custom categories dan menyediakan promoted pin.


(rns/fyk)



readmore »»  

Yuk, Tebak Kepribadian Lewat Facebook

Jakarta - Anda mungkin sering menebak-nebak sifat teman di Facebook berdasarkan update status mereka. Nah, ada tool online baru yang bisa mengungkap kepribadian seseorang.

Five Labs, demikian nama aplikasi online tersebut, menganalisa postingan Facebook untuk menentukan kepribadian seseorang. Penentuan kepribadian dikelompokkan dalam lima sifat umum berdasarkan psikologi modern yakni agreeableness, neuroticism, conscientiousness, extroversion, dan openness.


Dikembangkan oleh perusahaan consumer yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat (AS), aplikasi ini menarik keyword dari sebuah update status. Five Labs meyakinkan bahwa perusahaannya tidak menyimpan informasi personal si pengguna.


Seperti dikutip detikINET dari CTV News, Kamis (12/6/2014), metodologi Five Labs berdasarkan studi kepribadian dan bahasa yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania. Andrew Schwartz yang memimpin riset ini, digaet sebagai penasihat Five Labs.


"Ini memang untuk bersenang-senang, tapi kami juga berharap bisa mengedukasi," kata Co-founder Five Labs Nikita Bier.


Menurutnya, di zaman serba online dan orang sering menggunakan social media, sangat penting bagi penggunanya mengetahui bagaimana dirinya terlihat di publik online.


Ini akan sangat bermanfaat untuk mengenali diri sendiri, dan membangun kepribadian yang baik di ranah online. Contohnya, tak jarang perusahaan saat ini banyak yang melihat calon karyawannya di Facebook atau Twitter.


(rns/rou)



readmore »»  

Akun Twitter Palsu Gentayangan, PLN Di-bully

Samarinda - Akun Twitter @PLNSamarinda bikin resah. Postingan akun itu menuai reaksi beragam dari masyarakat. PT PLN Cabang Samarinda pun membantah dan menyatakan akun tersebut adalah palsu.

Pengamatan detikINET, akun @PLNSamarinda menuliskan postingan pada Selasa (10/6/2014) kemarin pukul 12.53 WITA berisi "Sumpah serapah kalian tidak dapat menghidupkan lampu! Kalau mati, tunggu saja nanti hidup sendiri. gitu Kok Repot!!"


Kontan, follower akun itu membalas postingan yang dominan mengkritik tajam postingan tersebut. Bahkan hingga sore hari ini pukul 17:47 WITA, postingan tersebut genap 3.000 kali di-retweet oleh follower.


Tidak hanya itu, beberapa kali postingan itu di-mention ke akun @iskan_dahlan yang notabene adalah akun Twitter Menteri BUMN Dahlan Iskan.


Jajaran PT PLN tentu dibikin terkejut. Tidak terkecuali Manager PT PLN (Persero) Cabang Samarinda, Ismail Deu. Dia memastikan akun tersebut adalah akun palsu dan mengatasnamakan PLN Samarinda.


"Itu akun (akun @PLNSamarinda) palsu. Di Kaltim, yang resmi hanya akun Twitter @Kaltim123 yang dikelola administrator di Humas PLN Wilayah Kaltim-Kaltara, tidak ada akun lain," kata Ismail Deu, kepada detikINET.


Meski begitu, Ismail menerangkan tim IT PT PLN (Persero) tengah melakukan penelusuran sekaligus pemantauan terhadap keberadaan akun tersebut.


"Lagi dipantau tim IT. Kalau akun itu merugikan perusahaan, kami akan tempuh jalur hukum. Sebaliknya, kalau memang akun itu menginformasikan dan menyebarluaskan informasi tentang PLN baik dari media massa atau dari @Kaltim123, kami kaji lebih lanjut," ujar Ismail.


"Kaget, saya sendiri sempat kaget dengan isi Twitter itu dan saya sempat ditanya oleh jajaran Direksi PLN Pusat di Jakarta. Postingan ini memang menyebar luas ke mana-mana," tutupnya.


(ash/ash)



readmore »»  

Parah! Dokter Ini Malah Sexting di Tengah Operasi

Jakarta - Prosedur operasi baru akan berhasil dilaksanakan bila tim dokter yang terlibat di dalamnya benar-benar fokus pada si pasien. Tapi apa jadinya bila si dokter malah asyik melakukan hal lain, bahkan sexting?

dr Aurthur Zilberstein dari Washington dituding melakukan sejumlah tindakan yang tidak profesional, antara lain berkirim SMS dan gambar mesum saat tengah terlibat dalam prosedur operasi. Salah satunya berkirim foto 'selfie' berwarna yang memperlihatkan alat kelaminnya.


Dalam berkas tuntutan hukum yang dilayangkan Medical Quality Assurance Commission pada tanggal 3 Juni 2014, dokter berusia 48 tahun itu dilaporkan berulang kali berkirim SMS dengan konten berbau seksual selama menjalankan tugasnya antara bulan April hingga Agustus 2013.


Dengan kata lain dalam kurun waktu itu, dr Zilberstein mengabaikan keselamatan sedikitnya 23 pasien yang berada di bawah penanganannya saat menjalani prosedur operasi di Swedish Medical Center, Seattle. Mulai dari operasi caesar, koreksi tulang belakang hingga operasi jantung.


Menurut pengacara Medical Quality Assurance Commission, Teresa Landreau, tuntutan ini didasarkan atas sejumlah laporan staf yang dirahasiakan identitasnya. Di laporan pertama dikatakan dr Zilberstein mengirim dua SMS berisi konten porno ketika seorang pasien anak yang ditanganinya tengah menjalani operasi pengangkatan usus buntu pada tanggal 26 Juni 2013.


Sedangkan di laporan kedua, dr Zilberstein juga dituduh berkirim SMS dengan kekasihnya saat terlibat dalam prosedur operasi yang dilangsungkan pada tanggal 24 Juli 2013. Bahkan sempat dikatakan bahwa SMS itu berisi ungkapan keinginan si dokter untuk melakukan hubungan intim dengan kekasihnya. Disusul 15 SMS lain yang berisi rencana si dokter untuk mengatur pertemuan rahasia dengan si kekasih di rumah sakit.


Belum berhenti sampai di sini, dr Zilberstein juga dilaporkan mengirim 45 SMS mesum di tanggal 6 Agustus 2013 saat melakukan tindakan operasi laparoskopi. Total ditemukan 241 SMS yang dikirim dan diterima dr Zilberstein sepanjang terlibat dalam operasi yang berlangsung antara bulan April dan Agustus 2013 tadi.Next


(lil/ash)

readmore »»  

Hacker Beberkan Cara Curi Mobil

Jakarta - Zaman semakin maju begitu pula para pencuri mobil. Mereka tidak lagi menggunakan banyak alat ataupun kekerasan. Dengan beberapa perangkat yang bisa dibeli secara murah di internet, mobil kesayangan pun bisa hilang.

Seperti kita ketahui, sebuah kendaraan sebenarnya sebuah komputer berjalan, ada komputer yang mengatur fungsi mobil, mulai dari membuka pintu, mengatur asupan bensin dan lainnya.


Memang tidak mudah untuk menjebol sistem keamanan mobil, karena masing-masing memiliki kode-kode masing-masing dan juga bahasa pemrograman yang berbeda-beda pula.


Namun tidak jarang para hacker berusaha untuk menjebol sistem keamanan mobil agar mereka bisa meminta pabrikan mobil berbuat yang lebih baik lagi dalam melindungi mobil.


Nah, dalam episode terbaru dari Motherboard "Phreaked Out" membeberkan kerentanan keamanan mobil dengan sistem komputerisasi.


Mereka mendemonstrasikan tentang bagaimana rentannya mobil baru terhadap pencuri dalam video berdurasi 12 menit 15 detik.


Dalam demonstrasi itu menunjukkan kelemahan pada sistem mobil itu sendiri. Para pencuri mengandalkan ECU (Engine Control Unit) untuk melemahkan mobil dan membuatnya berfungsi secara abnormal.Next


(ikh/yud)

readmore »»  

Operator Curhat Soal Hambatan e-Money

Jakarta - Ada banyak alasan kenapa adopsi e-money di Indonesia tak secepat di negara lain. Penyebab utamanya ialah, industri telekomunikasi dan perbankan seperti jalan sendiri-sendiri. Padahal, kalau dua kekuatan industri ini disatukan, hasilnya akan lebih baik.

“Ada dua isu besar saat ini, financial inclusion dan less cash society. Harus ada collaborative approach antara industri telekomunikasi dan perbankan. Maju bersama dengan win-win solution," kata Alex Janangkih Sinaga, Direktur Utama Telkomsel dalam diskusi IndoTelko Forum: Collaborative & Incentives: a New Breakthrough for e-Money di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (11/6/2014).


Alex yang juga Ketua Dewan Penasehat IndoTelko Forum menegaskan, adopsi uang elektronik di Indonesia jika ingin berkembang pesat tak boleh melupakan begitu saja pemain dari industri telekomunikasi (telco).


"Kalau ekosistem less cash society dan financial inclusion ingin berkembang, jangan lupakan pemain telko. Soalnya, telko itu punya kekuatan me-leverage teknologi di financial service. Sekarang kekuatan untuk leverage itu belum dimaksimalkan," sesalnya.


Diungkapkannya, para pemain telko selama ini terus berevolusi dari memberikan layanan komunikasi, computing, entertainment, hingga financial services.


"Di financial services ini belum dioptimalkan. Padahal telko ada kekuatan yakni bisa melayani semua segmen dan tetap menjaga net margin-nya. Sudah terbukti telko bisa melayani dari Sabang hingga Merauke. Bayangkan kalau potensi ini diberikan ruang di financial services, masalah less cash society dan financial inclusion itu terjawab sudah," katanya.


Disarankannya, untuk memaksimalkan peran dari pemain Telko meniru yang terjadi di Filipina yakni kolaborasi antara operator dan perbankan membuat anak usaha.Next


(rou/ash)

readmore »»  

iPhone Menatap Rekor

Jakarta - Meski terus diserbu oleh banyak ponsel Android, iPhone masih diburu penggilanya. Bahkan smartphone buatan Apple itu diprediksi akan mencatatkan rekor penjualan baru di kuartal II 2014.

Seperti dikutip detikINET dari AppleInsider, Rabu (11/6/2014), berdasarkan data yang direkap sampai bulan Mei 2014, jumlah iPhone yang terjual di Q2 2014 diproyeksi mencapai 39 juta unit. Data tersebut didapat dari survei AlphaWise Smartphone Tracker yang dilakukan oleh Morgan Stanley.


Sebagai perbandingan, di tahun 2013, untuk kuartal yang sama, jumlah iPhone yang dijual 'hanya' 31,2 juta unit. Sedangkan di tahun 2012 lebih sedikit lagi, 26 juta unit.


"Serupa seperti di kuartal satu, peningkatan jumlah permintaan ini disebabkan oleh berbagai promosi yang dilakukan oleh Apple, penjual retail, dan operator seluler. Peluncuran iPhone 5C versi 8 GB di bulan Maret 2014 juga turut andil dalam peningkatan permintaan ini," ujar Katy Huberty, analis Morgan Stanley.


Survei AlphaWise yang dilakukan oleh Morgan Stanley selama ini biasanya menjadi indikator yang akurat untuk permintaan pasar iPhone. Bahkan survei ini bisa mengalahkan akurasi perkiraan yang dilakukan oleh Wall Street selama 4-5 kuartal ke belakang.


(ash/ash)



readmore »»  

Telkomsel Ingin Lebih Muda

Surabaya - Dari sekitar 130 juta lebih pelanggan Telkomsel, kalangan anak muda berusia di bawah 20 tahun terbilang minoritas. Tak ayal, operator yang identik dengan warna merah itu ingin menggenjot pengguna yang lebih muda.

"Saat ini kita masih menguasai market share kalangan anak muda itu baru 25%. (Tapi itu) masih kecil, target kita akhir tahun ini Telkomsel bisa menguasai pasar sampai dengan 30%," ujar Direktur Sales dan Marketing Telkomsel Mas'ud Khamid, kepada sejumlah wartawan, di Surabaya.


Salah satu cara agar Telkomsel semakin dekat dengan anak muda adalah dengan meluncurkan kembali atau rebranding Simpati Loop. Terakhir, Simpati Loop penggunanya sudah 16 juta.


Untuk terus meningkatkan awarness pelanggan terhadap merek Simpati Loop ini sejumlah program telah dilakukan, mulai dari membuat konser musik sampai dengan ikut dalam euforia Piala Dunia 2014.


"Tahun depan kita pasang target bisa punya 40% pelanggan anak muda. Kita tidak mau terkesan lagi, Telkomsel itu mahal dan untuk orang tua," tambah Mas'ud.


Dengan kehadiran Simpati Loop, setidaknya saat ini Telkomsel mempunyai tiga segmen yang berbeda untuk pelanggannya. Kartu Halo yang ditujukan bagi pelanggan eksklusif dan roaming, Kartu AS yang masih menggunakan voice dan SMS, dan Simpati untuk pelanggan voice dan data.


"Untuk Simpati Loop ini ditujukan pelanggan yang tidak lagi membutuhkan voice dan SMS, tapi sudah berganti data dan digital lifestyle," tandasnya.


(tyo/ash)



readmore »»  

Alibaba, dari Apartemen Kumuh Menjelma Jadi Raksasa

Jakarta - Ada salah satu cerita populer dari kisah 1001 Malam tentang seorang pemuda bernama Alibaba yang menemukan gua berisi harta karun. Seperti halnya kisah itu, situs e-commerce Alibaba dari China pun menemukan harta karun dari meledaknya penetrasi internet.

Ada satu persamaan antara Alibaba dengan raksasa interenet asal Amerika Serikat seperti Facebook atau Google. Mereka bermula dari ruang yang kecil sebelum melompat menjadi perusahaan besar.


Bermula dari tahun 1999, Jack Ma bersama dengan 18 pendiri lainnya menemukan sebuah salah satu 'harta karun' dari penetrasi intenet yakni, e-commerce. Di sebuah apartemen kecil nan kumuh di Hangzhou, China, maka terbentuklah Alibaba Group.


Nama Alibaba sendiri memang dipilih karena terinspirasi dari dongeng itu. Secara spesifik Alibaba ingin membuka sebuah keajaiban, seperti halnya mantra yang dirapalkan 'Open Sesame'.


Setahun setelah Alibaba Group berdiri, mereka mendapatkan pinjaman dari sejumlah investor seperti Softabank, Goldman Sachs, Fidelity dan banyak lagi dengan nilai USD 25 juta. Dua tahun kemudian, Alibaba pun mulai menghasilkan keuntungan.


'Kegilaan' dari cerita Alibaba berlanjut, dimana pada tahun 2005 mereka menjalin kerjasama dengan Yahoo. Nantinya Alibaba akan menjalani Yahoo di China. Walaupun kemudian, mereka pecah kongsi dan Alibaba membeli kembali (buyback) seluruh saham miliknya di Yahoo.


Jack Ma yang disebut-sebut sebagai Jeff Bezos dari China ini memang sangat tekun dan gigih mengembangkan perusahaan yang dimilikinya. Dua dari beberapa layananya yakni Taobao dan Alipay terbilang sangat sukses.Next


(tyo/ash)

readmore »»  

Detail Galaxy S5 Mini Dikupas Habis

Jakarta - Galaxy S5 mini sudah santer dibicarakan dalam beberapa bulan terakhir, namun bocoran spesifikasinya masih sepotong-sepotong. Kali ini, detail versi mini dari Galaxy S5 tersebut dikupas habis.

GSM Arena adalah salah satu situs teknologi yang melansir foto-foto Galaxy S5 mini dengan cukup lengkap. Seperti seri mini sebelumnya, Galaxy S5 mini punya desain mirip dengan versi besarnya.


Seperti dideskripsikan GSM Arena, Rabu (11/6/2014), kemiripan desain mulai dari bagian belakang yang dibalut cover plastik bertekstur titik-titik, bahkan hingga keberadaan pendeteksi detak jantung.


Sumber foto yang melansir pertama kali mengklaim, perangkat ini disertifikasi IP67 untuk tahan air dan debu. Meski demikian, tidak ada pengaman pada slot microUSB seperti pada Galaxy S5 dan Galaxy S5 Active.


Adapun spesifikasinya, Galaxy S5 mini menggunakan layar 4,5 inch Super AMOLED resolusi 720p, dibekali chipset Exynos quad-core 1,4GHz, GPU Mali-400 MP4 dan RAM 1,5GB.


Secara keseluruhan, highlight spesifikasi Galaxy S5 mini antara lain proteksi layar Gorilla Glass 3, kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 2,1 megapixel, kapasitas penyimpanan 16GB yang bisa ditambah, fingerprint scanner dan pendeteksi detak jantung.


Opsi konektivitas kurang lebih sama dengan Galaxy S5, yakni LTE, 3G, WiFi, Bluetooth 4.0, NFC, IR blaster, serta GPS dengan GLONASS. Berbasis Android KitKat, Galaxy S5 mini juga menyajikan TouchWiz UX terbaru seperti yang ada di Galaxy S5. Di antaranya ada Ultra Power Saving Mode, Kids Mode, Private Mode, KNOX dan lain-lain.


Bocoran ini bahkan telah menguji performanya menggunakan aplikasi uji benchmark AnTuTu. Hasilnya, Galaxy S5 mini mendapat skor 18405. Dibandingkan ponsel seri mini yang jadi kompetitornya, angka ini memang unggul.


Berturut-turut di bawahnya ada HTC One mini 2 dengan skor 17883, Sony Xperia M2 dengan 17808, LG G2 mini dengan skor 17362, Motorola Moto G 17214 dan HTC One mini 11434.


Samsung dijadwalkan akan menggelar event pada 12 Juni. Event yang akan digelar di New York, Amerika Serikat ini diprediksi akan memperkenalkan lineup Galaxy Tab S, namun tidak menutup kemungkinan Galaxy S5 mini juga akan muncul di sini. (rns/ash)



readmore »»  

Konami Akui Ada yang Salah dengan PES 2014

Jakarta - Sempat menjadi game paling dinanti, anti klimaks justru dialami PES 2014 saat mayoritas gamer banyak mengkritik game besutan Konami ini. Petingginya pun akhinrnya mengakui kesalahan tersebut.

Kritik PES 2014 bermula dari tampilan grafisnya yang bisa dibilang malah menurun kualitasnya dibanding seri sebelumnya. Berlanjut ke gameplay yang dianggap banyak gamer tak selincah sebelumnya. Meski dengan iming-iming lebih realistis, nyatanya hal tersebut tak diamini oleh banyak gamer.


Sebaliknya FIFA 14 sebagai pesaing terdekatnya justru menawarkan gameplay yang semakin familiar bagi gamer. Alhasil tak sedikit gamer yang beralih memainkan FIFA 14, sementara sebagian lainnya memilih bertahan memainkan PES 2013.


Meski terbilang telat, Shinjo Hirano sebagai bos Konami Eropa akhirnya mengakui kesalahan pada PES 2014. Namun dirinya beralasan, kesalahan tersebut semata-mata karena PES 2014 termasuk dalam proses transisi yang tengah dilakukan Konami pada seri game PES. Dirinya pun menjanjikan seri lanjutan PES adalah hal besar yang layak ditunggu.


“Kita tahu ada yang salah dengan PES (2014), kita sedang berusaha memperbaikinya. Versi berikutnya akan benar-benar berubah. PES 2014 adalah transisi, jadi bersiaplah merasakan hal besar (di seri PES selanjutnya),” ujar Hirano.


Hirano juga memastikan PES 2015 sebagai penerus PES 2014 sebagiannya akan dikembangkan di Inggris. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan keinginan gamer di wilayah Eropa sekaligus global. Konami sendiri juga telah merilis teaser PES 2015 yang akan disusul preview-nya pada 25 Juni nanti.


“Saya tidak bisa memberikan rincian tentang apa yang kita lakukan di studio Konami Inggris, tetapi mereka bekerja untuk proyek berikutnya dan melihat kebutuhan masyarakat Eropa. Langkah ini juga dalam rangka mengglobalkan PES,” bebernya, seperti detikINET kutip dari Computerandvideogames, Rabu (11/6/2014).


(yud/fyk)



readmore »»  

Jualan Broadband ke Pemerintah, Telkom Raup Rp 50 Miliar

Jakarta - Telkom berhasil mengantongi Rp 50 miliar setiap bulannya dari jualan koneksi broadband di sektor pemerintahan melalui program G-Connect alias Government Connectivity.

Seperti diungkap Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin, angka Rp 50 miliar per bulan itu berhasil dibukukan terhitung sejak Mei 2014.


“Hingga Mei posisinya per bulan seperti itu. Jangan lihat angkanya, itu mainan baru untuk mendatangkan pendapatan baru. Itu sudah bagus performanya," kata Awaluddin saat berbincang dengan detikINET, Rabu (11/6/2014).


Diungkapkannya, sebagian kabupaten belum tersentuh karena tengah menunggu pembangunan serat optik Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS). Proyek ini mencakup penggelaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km dan menelan investasi sekitar Rp 1,7 triliun.


G-Connect yang digagas Telkom berupa penyediaan kabel optik di sejumlah site, yang terdiri dari Kantor Pemkab/Pemkot, Kantor LPSE Pemkab & Pemkot, Kantor Polres, Kantor Kodim dan juga Kantor Provinsi di seluruh Indonesia.


Telkom rencananya menyediakan bandwidth sampai dengan 50 Gbps untuk total 501 Pemkab/Pemkot dan 33 Pemprop dengan alokasi bandwidth di masing masing Pemkab/Pemkot sebesar 100 Mbps.


G-Connect ini masuk ke dalam flagship Indonesia Digital Government (IndiGov). Tahun lalu investasi untuk program IndiGov sendiri mencapai Rp 102 miliar.


IndiGov konsepnya dibentuk melalui pendekatan 3G, yakni : G-Society, G-Connect dan G-Cloud. Government Digital Society (G-Society) di mulai dengan pembentukan komunitas Government. G-Cloud berupa penyediaan Government Content yang berbasis komputasi awan.


"Saat ini pencapaian realisasi program Indigov hingga 30 Mei 2014 sudah menembus 13 Gbps untuk 407 kabupaten/kota dari 510 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Semoga di tahun 2014 konsumsi bandwidth IndiGov bisa menembus 20 Gbps,” harapnya.





(rou/ash)

readmore »»  

Nintendo Ajak Gamer Bangun Dunia Mario

Los Angeles - Ke depannya gamer tak sekadar memainkan game Super Mario, pada event Electronic Entertainment Expo (E3) 2014, Nintendo juga ingin mengajak gamer untuk turut mambangun dunia permainannya.

Adalah sebuah game bertajuk Mario Maker yang berusaha menyodorkan keasyikan tersebut. Sesuai namanya, gamer bakal ditantang untuk membangun dunia permainan Mario sendiri, mulai dari menempatkan balok-balok rintangan, pipa-pipa, hingga musuh-musuh yang siap menggangu perjalanan Mario.


Gamer juga dapat memilih mode permainan dunia Mario yang telah dibuatnya yakni klasik atau yang modern. Asyiknya lagi, gamer juga dapat mengkoreksi dunia permainan yang telah dibuatnya di tengah permainan.


Dari screenshot yang ada, Mario Maker memang tak terlalu istimewa, namun eksistensi seri game Mario membuat game ini cukup layak untuk ditunggu. Apalagi oleh para fanatik game Mario yang jumlahnya juga tak sedikit.


Seperti dilansir Brutal Gamer, Rabu (11/6/2014), Mario Maker disebut bakal menyambangi konsol game Wii U sebelum akhir tahun 2014 ini.




game Mario Maker (istimewa/nintendo)


game Mario Maker (istimewa/nintendo)




(yud/ash)

readmore »»  

Wah! Bermodal Buku Manual, Bocah Ini Sukses Bobol ATM

Jakarta - Meretas Automated Teller Machine (ATM) sebenarnya bukanlah hal baru. Banyak trik yang dilakukan oleh sejumlah peretas untuk membuat ATM mengeluarkan uang secara cuma-cuma.

Namun ada satu cara paling sederhana yang sepertinya belum pernah dilakukan, yaitu menggunakan buku manual ATM.


Hal itulah yang dilakukan oleh Caleb Turon dan Matthew Hewlett, dua anak berusia 14 tahun. Mereka mengunduh petunjuk penggunaan ATM dan berhasil meretas sebuah ATM milik Bank of Montreal.


Seperti yang dikutip dari Winnepeg Sun, Selasa (10/6/20140, dua bocah itu tak sengaja menemukan petunjuk penggunaan ATM di internet, dan secara iseng mempraktekkannya di mesin ATM. Ternyata trik yang mereka lakukan berhasil membuat ATM itu masuk ke mode operator.


Sebenarnya untuk masuk ke dalam mode tersebut dibutuhkan sebuah password, bagaimana mereka bisa tahu kode password tersebut?


Ternyata mereka mencoba menebak sejumlah password default dari ATM itu, dan berhasil. Setelah itu, kedua bocah itu berusaha memperingatkan pihak bank mengenai permasalahan keamanan itu, namun pihak Bank of Montreal tidak mempercayainya.


Untuk membuktikan hal tersebut, mereka mengubah biaya penggunaan ATM menjadi 1 sen, dan mengganti tulisan di ATM dari sebelumnya tertulis "Welcome to the BMO ATM" menjadi "Go away. This ATM has been hacked". Setelah itu barulah pihak bank mempercayai kedua bocah itu.Next


(ash/ash)

readmore »»  

Cerita Gila Alibaba dari China

Jakarta - Di negara barat, kartu kredit memang sudah lumrah digunakan untuk transaksi. Bila pembelian lebih besar lagi, konsumen beralih memakai perantara melalui bank. Hal yang berbeda terjadi di Tiongkok, untuk transaksi besar mereka tak beralih ke bank.

Ya, kebanyakan dari konsumen di China beralih ke Alipay, platform pembayaran ponsel yang dibesut oleh Alibaba. Salah satu situs e-commerce terbesar di dunia yang berasal dari China.


Alibaba mencuri perhatian dunia dalam beberapa bulan terakhir, apalagi kalau bukan soal rencana mereka untuk Initial Public Offering (IPO) di Amerika Serikat. Bukan sekadar melantai ke bursa, tapi nilai Alibaba yang bahkan lebih tinggi dari perusahaan sejenis.


Transaksi yang dilakukan oleh pengguna aktif Alibaba sangat besar, dan Alipay merupakan salah satu yang digunakan. Dari catatan terakhir, nilai transaksi di Alibaba mencapai USD 248 miliar. Jauh meninggalkan Amazon dan eBay, yang bila nilai transaksinya digabungkan 'hanya' USD 200 miliar.


Tak mengherankan bila nantinya Alibaba resmi melantai bursa di Wall Street, maka diestimasi nilai perusahaannya akan mencapai USD 168 miliar.


Nilai tersebut tentu saja dilihat dari kinerja keuntungan yang diraih oleh Alibaba. Dalam sebuah catatan, Alibaba mampu menghasilkan pendapatan lebih dari USD 6,5 miliar dalam kurun waktu tiga kuartal di 2013, dan Alibaba pun berhasil membukukan laba bersih sebesar USD 2,9 miliar.


Malah pada tahun 2020, transaksi Alibaba diprediksi akan mencapai angka di kisaran USD 420 miliar-USD 650 miliar. Jumlah itu akan menandingi pasar Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman, dan Prancis bila digabungkan semuanya.


Bersambung....


(tyo/ash)



readmore »»  

Indonesia Gawat Darurat Cyber Crime!

Jakarta - Indonesia dilaporkan masih punya andil besar terhadap kejahatan di dunia maya. Bahkan dianggap masih jadi negara yang tertinggi di dunia soal kejahatan dalam urusan pembayaran online.

Tudingan itu datang dari hasil studi 2Checkout, lembaga survei online payment yang mengawasi 780 ribu transaksi online secara global. Dalam riset terbarunya yang dituangkan dalam Fraud Index 1Q 2014, Indonesia menempati urutan tertinggi di kuartal pertama tahun ini.


Seperti detikINET kutip dari situs 2Checkout, Selasa (10/6/2014), oknum yang berasal dari Indonesia memiliki kemungkinan 12 kali lipat untuk melakukan kejahatan jika dilihat berdasarkan alamat penagihan, dan 17 kali lipat jika berdasarkan alamat internet protocol (IP address).


Adapun jenis-jenis produk yang sering menjadi target kejahatan transaksi online, antara lain pembayaran layanan televisi berbayar satelit yang menduduki posisi tertinggi, diikuti oleh produk pakaian dewasa, perangkat olahraga, dan perangkat video game.


Sementara dari jumlah nominalnya, kejahatan banyak terjadi untuk nominal kecil di bawah USD 20 dan nominal di atas USD 400. Transaksi dengan nominal sedang mulai dari USD 20 hingga USD 100 justru lebih aman dari ulah tangan jahil.


Selain Indonesia, Malaysia dan Filipina juga disebut-sebut sebagai negara di Asia Tenggara yang juga masih memiliki risiko untuk transaksi online. Risiko tersebut terutama dihadapi untuk transaksi dengan pengiriman internasional.


Semakin MengkhawatirkanNext


(rou/ash)

readmore »»  

Pikat Konsumen, Motorola Pinjamkan Moto X Gratis

Jakarta - Motorola Mobility berpikir keras mencari cara memikat konsumen. Perusahaan asal Amerika Serikat ini berupaya agar konsumen setidaknya mau mencoba salah satu ponselnya, sebelum memutuskan membeli.

Untuk itu, Motorola menawarkan untuk menjajal Moto X gratis. Penawaran mencoba Moto X ini memiliki rentang waktu bervariasi, paling lama hingga dua pekan.


Lalu apa yang terjadi setelah mencoba? Seperti dikutip dari Cellular-news, Selasa (10/6/2014), mereka bisa mengembalikan ponsel tersebut, atau jika berminat membelinya tinggal membayar seharga USD 350.


Sejumlah analis menilai, langkah ini memperlihatkan banyaknya masalah yang tengah dihadapi manufaktur handset tersebut. Perusahaan yang dibeli oleh Lenovo tersebut berupaya mencari cara bagaimana membedakan produk mereka agar lebih memikat konsumen.


Motorola bukan satu-satunya vendor ponsel yang tengah berjuang mengangkat kembali kejayaannya. Vendor lain yakni HTC, merilis ponsel yang memenangkan banyak pujian dari para kritikus dan reviewer gadget. Sayangnya, ini tak cukup ampuh mengangkat angka penjualan mereka.


Kini Motorola mengambil langkah agar konsumen mau mencoba ponselnya. Berharap bahwa cara ini bisa menarik perhatian calon pembeli. Motorola mengatakan program menjajal ponsel ini ditawarkan secara terbatas, namun tidak menyebutkan sampai kapan.


(rns/rns)



readmore »»  

Belanja Online Lebih Nyaman Pakai Tablet

Jakarta - Smartphone memang masih mendominasi pengguna m-commerce saat ini. Namun jika dilihat dari tren terakhir, banyak yang lebih memilih menggunakan tablet karena layarnya yang lebih besar.

"Kami terus melihat peralihan dalam cara konsumen berinteraksi dengan retailer melalui saluran digital. Hanya empat tahun setelah peluncuran iPad Apple, tablet dengan cepat menjadi perangkat yang paling populer untuk berbelanja online," kata Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online, Selasa (10/6/2014).


Menurutnya, layar tablet yang lebih besar bisa memberikan pengalaman lebih menyenangkan untuk berbelanja online dibandingkan kebanyakan dari smartphone yang masih mengadopsi layar kecil.


"Sehingga layar lebih besar sepertinya lebih baik. Namun banyak retailer yang gagal untuk mengukur kapan mengoptimalkan tampilan online dan aplikasi mereka. Retailer yang tidak mengikuti tren ini kurang memberikan pengalaman yang berorientasi tablet bagi pebelanjanya," ujarnya lebih lanjut.


Dalam survei e-Commerce Index terbaru dari Rakuten, penggunaan tablet untuk berbelanja online ternyata mengalami pertumbuhan empat kali lipat lebih cepat dibandingkan smartphone.


Penelitian mengenai tren berbelanja di 14 negara tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tablet tumbuh 41,9% tahun 2013 lalu. Sementara penggunaan ponsel cerdas tumbuh hanya sebesar 9,7% di periode yang sama.


Rakuten mendapati bahwa 6,1% pelanggan lebih memilih untuk berbelanja online menggunakan tablet, sementara 6,8% memilih untuk menggunakan ponsel cerdas. Next


(rou/ash)

readmore »»  

Rekomendasi Belanja Lewat Sosial Media, Indonesia Juara!

Jakarta - Pesatnya pertumbuhan e-commerce tak bisa dipungkiri ikut didorong oleh interaksi sosial media. Dan di Indonesia cara ini cukup ampuh, karena orang-orangnya suka merekomendasikan barang belanjaan kepada teman-teman maupun pengikutnya di jejaring sosial.

Dalam survei e-Commerce Index terbaru dari Rakuten di 14 negara, sejumlah market e-commerce mengalami sedikit penurunan dalam hal jumlah orang yang mau merekomendasikan barang yang mereka beli kepada para pengikutnya di jejaring sosial. Namun hal itu tidak terjadi di Indonesia.


Index terakhir menunjukkan 41,9% orang merekomendasikan barang di situs sosial media, bandingkan dengan 44% tahun 2013. Namun di Indonesia, 77,5% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka secara teratur mereview dan merekomendasikan produk di situs sosial media.


Menurut Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online, media sosial tetap menjadi saluran penting bagi retailer untuk berhubungan dengan opini konsumen dan crowdsource mengenai produk baru dan layanan.


"Selain mempengaruhi keputusan untuk stocking barang, rekomendasi yang dibagikan di situs sosial media juga mempengaruhi kebiasaan belanja konsumen," kata Yasunobu, Selasa (10/6/2014).


Banyak pebelanja kini beralih ke situs seperti Pinterest atau Twitter untuk menemukan produk-produk yang mereka mungkin beli dan menemukan pendapat orang lain mengenai barang-barang tersebut sebelum melakukan pembelian.


"Retailer bisa mendorong penjualan dengan berinteraksi dengan konsumen melalui saluran-saluran tersebut dan memudahkan untuk berbagi rekomendasi,” papar Yasunobu lebih lanjut.


(rou/ash)



readmore »»  

Jaringan Telkomsel Siap Digempur Arus Mudik

Surabaya - Telkomsel kembali menggelar drive test untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi saat mudik Lebaran 2014. Kali ini, yang dijajal adalah jalur mudik daerah utara Jawa dengan menggunakan kereta api. Hasilnya?

Dikatakan Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief beberapa hal yang diamati dari drive dest adalah kuat data pancar dan daya terima handset (coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/drop call), lamanya waktu pembangunan panggilan (CST, PDP Context Time), kualitas suara (MOS) dan speed (Data Throughput)


"Hasilnya dari jaringan Telkomsel adalah CSSR 98%, CST 7,6 detik, CCSR 1,68%, MOS 93,85% dengan rata-rata hasilnya baik. Sementara Throughput 832,6 Kbps," kata Asa, panggilan akrabnya, di hotel JW Marriot, Surabaya, Selasa (10/6/2014).


Dia memang tak memungkiri bahwa ada beberapa jalur di Pantai Utara ini masih terbilang tidak bagus, namun itu sifatnya sangat kecil dan bisa ditolerir. Asa menambahkan, sepanjang Pantura ini dilayani 946 Base Transceiver Station (BTS).


"Sebetulnya sebagian besar jalur ini sudah diselimuti 3G. Namun, 31% masih terdapat jaringan 2G yang lebih kuat ketika lonjakan terjadi," tukasnya.


Sementara itu, ditambahkan oleh Yeti Kusumawati -- VP Manager Telkomsel Area 3 Jawa Tengah, Bali dan Nusa tenggara -- masalah putusnya kabel transmisi merupakan masalah tahunan yang terjadi.


Di jalur darat tersebut memang biasanya sering ada perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum. Tak Jarang, adanya alat berat bisa memutus kabel transmisi.


"Sebenarnya ketika putus kita mengantisipasi dengan mengalihkan ke jalur tengah dan selatan. Memulihkannya juga membutuhkan waktu yang tak lama," tambahnya.


Nah, agar masalah itu tak terulang lagi maka tim Telkomsel area 3 menerjunkan pengawas agar putusnya kabel tidak terjadi atau meminimalisir masalah besar.


(tyo/ash)



readmore »»  

Cerita Jadi Karyawan Google yang Bikin Iri

Jakarta - Beberapa kali Google dinobatkan sebagai tempat kerja terbaik di Amerika Serikat. Bukan tanpa alasan memang, raksasa internet ini dikenal memanjakan para karyawan, sebuah faktor yang menunjang kesuksesannya.

Seperti apa proses penerimaan karyawan di Google dan apa saja fasilitas yang bisa mereka nikmati? Simak pemaparan menarik berikut ini yang disarikan dari Kissmetrics.


Menerima Jutaan Lamaran


Setiap tahun, Google menerima lebih dari 2,5 juta pelamar. Atau kira-kira 6.849 lamaran masuk setiap hari. Berarti pula, Google perlu meneliti satu lamaran tiap menitnya. Sebuah bukti betapa banyak orang yang bermimpi jadi karyawan Google.


Persaingannya memang sangat ketat. "Tiap tahunnya, hanya sekitar satu persen dari seluruh pelamar yang diterima. Jadi banyak orang yang sangat sukses di pekerjaannya sekarang atau mereka yang sangat berbakat pun belum bisa diterima di Google," kata Don Dodge, karyawan Google yang menangani SDM.


Pertanyaan untuk calon karyawan yang akan diseleksi terkadang nyeleneh. Misalnya saja, berapa banyak bola golf yang muat dalam sebuah bus sekolah?


Kemudian ada pertanyaan seperti ini, ada delapan buah bola. Tujuh di antaranya punya berat sama, hanya satu yang berbeda. Menggunakan timbangan, bagaimana cara Anda menemukan bola yang lebih berat itu dalam dua kali kesempatan menimbang?Next


(fyk/ash)

readmore »»