Belanja Online Lebih Nyaman Pakai Tablet

Jakarta - Smartphone memang masih mendominasi pengguna m-commerce saat ini. Namun jika dilihat dari tren terakhir, banyak yang lebih memilih menggunakan tablet karena layarnya yang lebih besar.

"Kami terus melihat peralihan dalam cara konsumen berinteraksi dengan retailer melalui saluran digital. Hanya empat tahun setelah peluncuran iPad Apple, tablet dengan cepat menjadi perangkat yang paling populer untuk berbelanja online," kata Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online, Selasa (10/6/2014).


Menurutnya, layar tablet yang lebih besar bisa memberikan pengalaman lebih menyenangkan untuk berbelanja online dibandingkan kebanyakan dari smartphone yang masih mengadopsi layar kecil.


"Sehingga layar lebih besar sepertinya lebih baik. Namun banyak retailer yang gagal untuk mengukur kapan mengoptimalkan tampilan online dan aplikasi mereka. Retailer yang tidak mengikuti tren ini kurang memberikan pengalaman yang berorientasi tablet bagi pebelanjanya," ujarnya lebih lanjut.


Dalam survei e-Commerce Index terbaru dari Rakuten, penggunaan tablet untuk berbelanja online ternyata mengalami pertumbuhan empat kali lipat lebih cepat dibandingkan smartphone.


Penelitian mengenai tren berbelanja di 14 negara tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tablet tumbuh 41,9% tahun 2013 lalu. Sementara penggunaan ponsel cerdas tumbuh hanya sebesar 9,7% di periode yang sama.


Rakuten mendapati bahwa 6,1% pelanggan lebih memilih untuk berbelanja online menggunakan tablet, sementara 6,8% memilih untuk menggunakan ponsel cerdas. Next


(rou/ash)