Telkom Geber Bandwidth 10 Gbps untuk Kampus

Jakarta - Telkom yang memasang target untuk bisa menggaet 1.000 kampus hingga akhir tahun melalui program IndiCampus, mencanangkan penyediaan bandwidth yang tak sedikit.

"Targetnya di tahun 2014 ini Telkom harus dapat menggelar bandwidth hingga 10 Gbps hanya untuk komunitas kampus saja," ujar Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin, Kamis (12/6/2014).


IndiCampus alias Indonesia Digital Campus merupakan program lanjutan dari program Indonesia Digital School (IndiSchool) yang sama-sama dibuat untuk menggarap sektor pendidikan melalui penetrasi layanan broadband.


Program ini bertujuan untuk membantu terpenuhinya prasyarat World Class Campus di seluruh kampus di Indonesia, yang salah satu indikatornya adalah dapat menyediakan minimal broadband akses 5 Kbps atau rata-rata throughput bandwidth minimal per mahasiswa.


Dari studi yang dilakukan oleh OnlineCollege USA mengungkapkan bahwa kebanyakan kampus di Amerika Serikat menyediakan bandwidth 100 Mbps hingga 500 Mbps.


"Hal itu masih sangat jauh dari rata-rata Mbps yang disediakan oleh kampus di Indonesia, yaitu rata-rata 30 Mbps," kata Executive General Manager Divisi Busines Service Telkom Yusron Haryadi dalam kesempatan terpisah.


Menurutnya, hal ini tentunya berdampak langsung pada tingkat aksesibilitas para mahasiswa kampus untuk mendapatkan referensi-referensi terbaik yang menunjang perkuliahan mereka. Next


(rou/rns)