PS4 Bawa Sony Jadi Raja Konsol Game Dunia

Jakarta - Selama delapan tahun terakhir, Sony masih belum bisa mengalahkan Nintendo dalam hal jumlah penjualan konsol game.

Seperti yang detikINET kutip dari Nikkei, Selasa (10/6/2014), terakhir kali Sony memuncaki penjualan konsol game adalah di tahun 2005. Setelah itu posisinya direbut oleh Nintendo, karena penjualan PlayStation 3 yang tak sesuai harapan.


Sampai akhirnya PlayStation 4 membuat perubahan. Dimana pada tahun 2014, Sony merebut posisi satu dalam hal penjualan konsol game, mengalahkan Nintendo dan Microsoft.


Artikel Terkait:

-. Ini Fitur Unggulan Xbox One

-. FotoINET: Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game

-. 6 Fakta Menarik Seputar PlayStation 4

-. Inilah Evolusi Memukau Sony PlayStation


Sebelum PS4 dirilis di bulan November 2013, secara total Sony hanya berhasil menjual sekitar 18,7 juta konsol. Namun di bulan Maret 2014, setelah mereka merilis PS4, angka penjualannya konsol game Sony bertambah 7 juta unit, sehingga total menjual 25,7 juta unit mesin konsol game.


Nintendo tak seberuntung itu, angka penjualan mereka menurun 30% menjadi 16,31 juta unit, berbanding lurus dengan jeleknya penjualan Nintendo 3DS dan Wii U yang banyak mendapat review negatif.


Sementara Microsoft, meski mengalami kenaikan 16% dibanding tahun lalu, angka penjualannya konsol gamenya hanya 11,6 juta unit. Itu pun terbantu setelah mereka merilis Xbox One di bulan November 2013.


(ash/ash)