Yuk, Tebak Kepribadian Lewat Facebook

Jakarta - Anda mungkin sering menebak-nebak sifat teman di Facebook berdasarkan update status mereka. Nah, ada tool online baru yang bisa mengungkap kepribadian seseorang.

Five Labs, demikian nama aplikasi online tersebut, menganalisa postingan Facebook untuk menentukan kepribadian seseorang. Penentuan kepribadian dikelompokkan dalam lima sifat umum berdasarkan psikologi modern yakni agreeableness, neuroticism, conscientiousness, extroversion, dan openness.


Dikembangkan oleh perusahaan consumer yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat (AS), aplikasi ini menarik keyword dari sebuah update status. Five Labs meyakinkan bahwa perusahaannya tidak menyimpan informasi personal si pengguna.


Seperti dikutip detikINET dari CTV News, Kamis (12/6/2014), metodologi Five Labs berdasarkan studi kepribadian dan bahasa yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania. Andrew Schwartz yang memimpin riset ini, digaet sebagai penasihat Five Labs.


"Ini memang untuk bersenang-senang, tapi kami juga berharap bisa mengedukasi," kata Co-founder Five Labs Nikita Bier.


Menurutnya, di zaman serba online dan orang sering menggunakan social media, sangat penting bagi penggunanya mengetahui bagaimana dirinya terlihat di publik online.


Ini akan sangat bermanfaat untuk mengenali diri sendiri, dan membangun kepribadian yang baik di ranah online. Contohnya, tak jarang perusahaan saat ini banyak yang melihat calon karyawannya di Facebook atau Twitter.


(rns/rou)