Smartwatch Microsoft Digeber Tahun Ini

Jakarta - Kabar seputar smartwatch Microsoft terus bergulir, sementara sang raksasa software belum mengonfirmasikannya. Informasi terbaru berupaya mempertegas bahwa keberadaan jam tangan pintar ini nyata.

GearLive seperti detikINET kutip, Selasa (10/6/2014), mengklaim telah mendapat bocoran dari sumber internal. Kabarnya, Microsoft sedang menguji jam tangan pintarnya yang disebut-sebut sebagai 'Surface Watch'.


Sumber yang terlibat dalam proses pengembangan smartwatch ini menyebutkan, Surface Watch akan menggunakan OS Windows 8, kemungkinan besar Windows RT. Dengan OS tersebut, Surface Watch menawarkan kompatibilitas tak hanya dengan Windows tetapi juga iOS, Android dan platform lain.


Informasi lain menyebutkan, Microsoft berencana melengkapi Surface Watch dengan sejumlah sensor, termasuk pengukur detak jantung, accelerometer, GPS dan gyroscope. Tidak mengejutkan memang, mengingat fitur-fitur ini sudah ada di sejumlah wearable gadget yang beredar saat ini.


Jika informasi ini benar, sepertinya Microsoft mempercepat perilisan smartwatch dari rencana semula. Sebelumnya, perusahaan yang bermarkas di Washington ini mengatakan tidak terburu-buru merilis wearable gadget.


"Meski gembar-gembor wearable gadget begitu bising sekarang, kami tidak akan memasuki pasar mainstream ini hingga 3-5 tahun lagi dari sekarang," ujar Vice President and Chairman Microsoft Research Group Asia Pacific, Zhang Ya-qin kala itu.


Komentarnya ini dilansir pertama kali oleh media asal Taiwan, Focus Taiwan. Dia mengatakan masih perlu banyak uji coba untuk merilis gadget semacam itu hingga beberapa tahun mendatang.


Saat ini sejumlah perusahaan teknologi memang berlomba memamerkan masa depan wearable gadget. Ini adalah gadget baru yang dipakai menempel di tubuh manusia seperti jam tangan pintar dan kacamata pintar.


Artikel Terkait:

-. Mencoba Galaxy Gear, Jam Pintar ala Samsung

-. Ini Para Lawan Smartwatch Samsung Gear

-. Seperti Apa Fungsi Jam Tangan Pintar Apple iWatch?

-. Konsep iWatch, Jam Tangan Pintar Apple

(rns/ash)