'Selamat Tinggal Big Data, Selamat Datang Smart Data'

Jakarta - Vserv, pemain di platform marketing mobile, menilai era big data tak lagi lama. Sebaliknya, mereka mengumumkan evolusi bisnis baru yang dirancang untuk menuju revolusi smart data.

Dengan solusi ini, Vserv ingin menjadi pihak untuk menghubungkan beragam sumber daya seperti perusahaan telekomunikasi, aplikasi, mitra offline dan platform manajemen data (DMP), untuk memperoleh smart data.


Melalui algoritma khusus yang dimilikinya dan lebih dari 500 juta profil unik pengguna, Vserv mengklaim menciptakan data pintar pengguna yang dapat ditindaklanjuti (actionable) dan mengidentifikasi sinyal minat pengguna secara real time.


Dengan data yang mencakup lebih dari 50% pengguna internet mobile di pasar-pasar yang sedang bertumbuh, Vserv memberdayakan para pelaku pemasaran, pengembang aplikasi, perusahaan telekomunikasi dan penyedia data untuk memperoleh hasil lebih tajam.


Dalam sebuah tes kampanye terintegrasi dengan Vserv Smart Data, sebuah perusahaan mobile top up terkemuka dikatakan mengalami peningkatan angka konversi hingga lima kali lipat.


"Perusahaan-perusahaan di masa depan akan beroperasi dengan berlandaskan premis sederhana dalam hal data – dan semakin cerdas data tersebut, semakin tajam hasilnya," ujar Dippak Khurana, pendiri & CEO Vserv.


"Kami memperkirakan peluang smart data yang melibatkan e-commerce, pembelian dalam app, operator mobile dan mobile advertising mencapai USD 260 miliar di industri saat ini, di pasar-pasar yang sedang bertumbuh saja," lanjutnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (26/10/2014).


Sistem iklan mobile yang ada saat ini dikatakan menampilkan sebagian besar iklan yang tidak atau hampir tidak ada daya tariknya bagi pengguna.


Dengan smart data, Vserv menggabungkan persona pengguna dengan sinyal minat pengguna secara real time untuk menampilkan iklan yang paling relevan kepada pengguna.


Para pelaku pemasaran diklaim dapat memberikan hasil yang lebih baik, perusahaan telekomunikasi akan mengambil manfaat dari ARPU yang meningkat, dan pengembang aplikasi akan menyediakan iklan yang relevan. (ash/ash)



readmore »»  

IndonesianCloud-Duatech Dorong Efisiensi Energi Lewat Cloud

Jakarta - IndonesianCloud dan Duatech Global menjalin kemitraan ekslusif untuk menyediakan alat pemantau energi penggunaan komputer di perusahaan melalui aplikasi di jejaring cloud yang diberi nama Greentac.

Solusi yang dihadirkan kedua perusahaan ini diharapkan bisa membantu perusahaan melakukan efisiensi energi yang signifikan dalam penggunaan infrastruktur ICT desktop.


"Aplikasi Greentrac membantu perusahaan mengurangi konsumsi energi perangkat TI dan emisi karbon tanpa pengadaan perangkat keras tambahan," kata Hans de Kraker, salah satu pendiri Duatech Global dalam keterangannya, Minggu (26/10/2014).


Dijalankan secara lokal di platform IndonesianCloud, Greentrac akan memonitor semua data konsumsi energi yang dikirim oleh aplikasi pemantau dan patch existing yang sudah dimiliki oleh perusahaan.


"Sebagai contoh, aplikasi Greentrac telah menyelamatkan klien kami, Newscorp, sebesar USD 212.625 tahun lalu pada tagihan energi mereka sebesar 1146 ton karbon dan mereka mampu mengklaim penghematan energi sertifikat senilai USD 15.800 dari pemerintah," lanjut Hans.


Aplikasi Greentrac juga mampu menghemat biaya dan mengurangi dampak lingkungan pada beberapa organisasi dan perusahaan, di antaranya GE Capital, Fujitsu, Fuji Xerox-, Departemen Tenaga Kerja Australia, dan University of Technology Sydney.


Kemitraan Duatech Global dan IndonesianCloud memperkuat tujuan strategis IndonesianCloud untuk menyediakan berbagai aplikasi cloud terbaik dari seluruh dunia yang secara lokal ditempatkan di data center milik IndonesianCloud yang berada di Jakarta.Next


(rou/ash)

readmore »»  

IndonesianCloud-Duatech Dorong Efisiensi Energi Lewat Cloud

Jakarta - IndonesianCloud dan Duatech Global menjalin kemitraan ekslusif untuk menyediakan alat pemantau energi penggunaan komputer di perusahaan melalui aplikasi di jejaring cloud yang diberi nama Greentac.

Solusi yang dihadirkan kedua perusahaan ini diharapkan bisa membantu perusahaan melakukan efisiensi energi yang signifikan dalam penggunaan infrastruktur ICT desktop.


"Aplikasi Greentrac membantu perusahaan mengurangi konsumsi energi perangkat TI dan emisi karbon tanpa pengadaan perangkat keras tambahan," kata Hans de Kraker, salah satu pendiri Duatech Global dalam keterangannya, Minggu (26/10/2014).


Dijalankan secara lokal di platform IndonesianCloud, Greentrac akan memonitor semua data konsumsi energi yang dikirim oleh aplikasi pemantau dan patch existing yang sudah dimiliki oleh perusahaan.


"Sebagai contoh, aplikasi Greentrac telah menyelamatkan klien kami, Newscorp, sebesar USD 212.625 tahun lalu pada tagihan energi mereka sebesar 1146 ton karbon dan mereka mampu mengklaim penghematan energi sertifikat senilai USD 15.800 dari pemerintah," lanjut Hans.


Aplikasi Greentrac juga mampu menghemat biaya dan mengurangi dampak lingkungan pada beberapa organisasi dan perusahaan, di antaranya GE Capital, Fujitsu, Fuji Xerox-, Departemen Tenaga Kerja Australia, dan University of Technology Sydney.


Kemitraan Duatech Global dan IndonesianCloud memperkuat tujuan strategis IndonesianCloud untuk menyediakan berbagai aplikasi cloud terbaik dari seluruh dunia yang secara lokal ditempatkan di data center milik IndonesianCloud yang berada di Jakarta.Next


(rou/ash)

readmore »»  

Laba Turun, Ericsson Tergerus Huawei

Jakarta - Ericsson hanya membukukan keuntungan sebesar USD 365 juta sepanjang kuartal ketiga 2014 atau turun 9,4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar USD 334,8 juta.

Penurunan ini dikarenakan meningkatnya persaingan di perusahaan peralatan jaringan yang samakin ketat, seperti terjadi di China dan sejumlah negara lainnya.


Analis dari DNB ASA Business Fredrik Thoresen menilai melambatnya bisnis Ericsson di Amerika Serikat dan Jepang serta tekanan dari kompetitor seperti Huawei Technologies dan Nokia adalah pemicunya.


Di pos pendapatan, Ericsson masih membukukan pertumbuhan yakni USD 7,94 miliar naik 9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar USD 7,28 miliar.


"Ericsson menjual banyak LTE ke Tiongkok dan cenderung untuk menjadi baik pada penjualan, tetapi biaya lebih tinggi juga," kata analis di Evli Bank Oyj Mikko Ervasti seperti detikINET kutip Bloomberg, Minggu (26/10/2014).


Belum lama ini Ericsson, telah menandatangani kontrak eksklusif lima tahun dengan operator telekomunikasi Eircom, untuk penyediaan solusi akses berbasis 4G-LTE, beserta 3G dan 2G untuk teknologi mobile di Irlandia.


Sebelumnya Ericsson juga telah menyepakati kontrak penjanjian kerjasama jaringan LTE dengan operator Pakistan, Warid Telecom.


(rou/ash)



readmore »»  

Indosat Genjot 3G di 900 MHz dengan Ponsel Rp 700 RIbuan

Jakarta - Indosat bekerjasama dengan Advan menghadirkan program bundling Indosat Mentari dan Advan S4J yang memberikan gratis internet 3GB selama 90 hari dengan harga terjangkau.

Program bundling ini akan memberikan pengalaman seru bagi pelanggan yang senang chatting dengan teman dan kerabat bersama smartphone terbaru Advan dengan layanan Indosat Mentari.


Group Head Channel Management Indosat Andri Pranata, mengatakan produk Advan S4J merupakan smartphone U900 alias mendukung jaringan 3G di frekeunsi 900 MHz.


"Kita banderol Rp 699 ribu, pelanggan sudah langsung mendapatkan keuntungan gratis kuota internet 3 GB selama 90 hari, Gratis BBM dan Super WiFi," katanya.


Consumer activation program bundling Indosat Advan dimulai tanggal 24 Oktober hingga 31 Maret 2015 dengan fokus area di Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon dan Karawang.


Menurutnya, Advan S4J sebagai smartphone pilihan yang tepat untuk mengisi kekosongan waktu untuk aktifitas chatting yang menyenangkan di manapun dan kapanpun.


Selain itu Advan S4J juga didukung dengan kemampuan prosesor dual core 1 GHz dengan kecapatan RAM 512 MB. Memori internal 4 GB, serta kemampuan akses WiFi dan sinyal GSM dari fitur dual SIM card yang dimilikinya.


(rou/ash)



readmore »»  

Cerita Nenek yang Menderita Akibat Sinyal Seluler

Jakarta - Bagi kebanyakan orang, situasi dimana tidak ada sinyal seluler atau WiFi mungkin akan menjadi sesuatu yang menjengkelkan. Namun hal itu tidak berlaku untuk nenek 72 tahun ini. Ia malah alergi sinyal seluler.

Stefanie Russell -- nama nenek asal Inggris ini -- mengaku merasa menderita dengan kehadiran sinyal seluler atau WiFi di rumahnya.


Bukan karena ia seorang yang tak bisa beradaptasi dengan teknologi. Tetapi ia merasakan sakit kepala hingga mual bila ada sinyal seluler atau Wi-Fi.


Alhasil, dengan kondisi dunia yang saat ini sudah hampir tersambung seluruhnya, membuat sang nenek sulit untuk bepergian.


Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (26/10/2014), walau dokter belum memberikan diagnosa untuknya, namun Russell sudah menghabiskan 4.000 poundsterling untuk mencat rumahnya secara khusus. Tak hanya satu, tetapi cat khusus yang digunakan di rumahnya mencapai empat lapis sebagai penangkal sinyal.


Tak hanya itu, nenek malang ini juga mengklaim jika tingkat sensitivitas elektrik membuat dirinya tak bisa berkendara dengan transportasi umum lantaran banyaknya jumlah perangkat mobile yang digunakan di sana.


(ash/ash)



readmore »»  

El Clasico Juga Ikut Panas di Facebook

Jakarta - Pertarungan Real Madrid dan Barcelona memang baru berlangsung nanti malam. Namun suasana panas jelang laga El Clasico perdana musim ini sudah mulai terasa di social media, khususnya di Facebook.

Untuk pemanasan nanti malam, tim data Facebook juga telah menciptakan peta global yang menunjukkan keberadaan fans kedua tim ini di seluruh dunia. Melalui peta ini terlihat tim mana yang lebih disukai dan dari negara mana.


Dua tim ini selain bersaing ketat di lapangan hijau juga bersaing sengit di Facebook. Barcelona memiliki lebih dari 77 juta 'likes' sementara Real Madrid sedikit di bawah dengan 75,5 juta 'likes'.


Tapi bukan hanya timnya yang memiliki jutaan penggemar di Facebook, bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo juga termasuk superstar media sosial karena baru-baru ini berhasil mencapai 100 juta 'likes'.



Berikut adalah sejumlah kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan peta terlampir sebagai gambaran preferensi 150 juta fans kedua tim di Facebook page:


· Perdebatan tentang apakah Real Madrid atau Barcelona yang dianggap sebagai tim Portugal, karena ternyata penggemar Real Madrid mendominasi Spanyol.

· Penggemar fanatik sepak bola di Brasil ternyata memilih Barcelona

· Sementara Portugal tetap bangga akan keberadaan Cristiano Ronaldo sehingga mereka pun mendukung Real Madrid

· Barcelona juga lebih disukai di Amerika SerikatNext


(rou/rou)

readmore »»  

Asiafone Cheetah, Android Kitkat Harga Murah

Jakarta - Asiafone akhirnya memenuhi janjinya untuk merilis Android Kitkat harga murah dalam seri ponsel terbarunya yang diberi nama Cheetah. Sesuai namanya, smartphone ini juga diklaim bisa berlari kencang.

Dari 20 seri yang dirilis tahun ini, Cheetah bisa dibilang yang memiliki spesifikasi paling mentereng. Meski demikian, harganya juga masih terbilang murah karena cuma dibanderol Rp 1 jutaan saja.


Menurut Herman Zhou, Direktur Utama Asiafone, espektasi yang diharapkan pengguna saat membeli ponsel tak lagi sekedar harga murah saja, tetapi juga harusnya cepat dan nyaman.


"Asiafone Cheetah menjadi jawaban karena smartphone ini mengunggulkan performance yang menakjubkan namun diperuntukan bagi kalangan menengah karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau," ujarnya dalam keterangan yang dikutip detikINET, Sabtu (25/10/2014).


Tanpa perlu berlama-lama, berikut spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini:


Network 3G HSDPA

Dimensions 145,6X71,5X8,1mm

Display type QHD IPS 540 X 960

Display Size 5"

Multitouch Yes

RAM 4 GB + RAM 1 GB

ROM 32 GB

Camera Primary 8 MP + FLASH

Camera Secondary 3 MP

OS Android KitKat

Prosesor Quad Core 1,2 GHZ

Battery 2000 MaH

Harga Rp 1 jutaan


Untuk menyakinkan para konsumennya, Asiafone mengaku terus melakukan penguatan dalam penanganan after sales services. Service center milik Asiafone katanya dikelola sendiri sehingga lebih menjamin pelayanannya.


"Konsumen tidak perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu jika terjadi masalah dengan smartphone Asiafone mereka. Ini bukti bahwa Asiafone komitmen untuk membangun bisnisnya di Indonesia dalam jangka panjang," pungkas Herman.


(rou/rou)



readmore »»  

Laba Turun, Ericsson Tergerus Huawei

Jakarta - Ericsson hanya membukukan keuntungan sebesar USD 365 juta sepanjang kuartal ketiga 2014 atau turun 9,4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar USD 334,8 juta.

Penurunan ini dikarenakan meningkatnya persaingan di perusahaan peralatan jaringan yang samakin ketat, seperti terjadi di China dan sejumlah negara lainnya.


Analis dari DNB ASA Business Fredrik Thoresen menilai melambatnya bisnis Ericsson di Amerika Serikat dan Jepang serta tekanan dari kompetitor seperti Huawei Technologies dan Nokia adalah pemicunya.


Di pos pendapatan, Ericsson masih membukukan pertumbuhan yakni USD 7,94 miliar naik 9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar USD 7,28 miliar.


"Ericsson menjual banyak LTE ke Tiongkok dan cenderung untuk menjadi baik pada penjualan, tetapi biaya lebih tinggi juga," kata analis di Evli Bank Oyj Mikko Ervasti seperti detikINET kutip Bloomberg, Minggu (26/10/2014).


Belum lama ini Ericsson, telah menandatangani kontrak eksklusif lima tahun dengan operator telekomunikasi Eircom, untuk penyediaan solusi akses berbasis 4G-LTE, beserta 3G dan 2G untuk teknologi mobile di Irlandia.


Sebelumnya Ericsson juga telah menyepakati kontrak penjanjian kerjasama jaringan LTE dengan operator Pakistan, Warid Telecom.


(rou/ash)



readmore »»  

Indosat Genjot 3G di 900 MHz dengan Ponsel Rp 700 RIbuan

Jakarta - Indosat bekerjasama dengan Advan menghadirkan program bundling Indosat Mentari dan Advan S4J yang memberikan gratis internet 3GB selama 90 hari dengan harga terjangkau.

Program bundling ini akan memberikan pengalaman seru bagi pelanggan yang senang chatting dengan teman dan kerabat bersama smartphone terbaru Advan dengan layanan Indosat Mentari.


Group Head Channel Management Indosat Andri Pranata, mengatakan produk Advan S4J merupakan smartphone U900 alias mendukung jaringan 3G di frekeunsi 900 MHz.


"Kita banderol Rp 699 ribu, pelanggan sudah langsung mendapatkan keuntungan gratis kuota internet 3 GB selama 90 hari, Gratis BBM dan Super WiFi," katanya.


Consumer activation program bundling Indosat Advan dimulai tanggal 24 Oktober hingga 31 Maret 2015 dengan fokus area di Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon dan Karawang.


Menurutnya, Advan S4J sebagai smartphone pilihan yang tepat untuk mengisi kekosongan waktu untuk aktifitas chatting yang menyenangkan di manapun dan kapanpun.


Selain itu Advan S4J juga didukung dengan kemampuan prosesor dual core 1 GHz dengan kecapatan RAM 512 MB. Memori internal 4 GB, serta kemampuan akses WiFi dan sinyal GSM dari fitur dual SIM card yang dimilikinya.


(rou/ash)



readmore »»  

Cerita Nenek yang Menderita Akibat Sinyal Seluler

Jakarta - Bagi kebanyakan orang, situasi dimana tidak ada sinyal seluler atau WiFi mungkin akan menjadi sesuatu yang menjengkelkan. Namun hal itu tidak berlaku untuk nenek 72 tahun ini. Ia malah alergi sinyal seluler.

Stefanie Russell -- nama nenek asal Inggris ini -- mengaku merasa menderita dengan kehadiran sinyal seluler atau WiFi di rumahnya.


Bukan karena ia seorang yang tak bisa beradaptasi dengan teknologi. Tetapi ia merasakan sakit kepala hingga mual bila ada sinyal seluler atau Wi-Fi.


Alhasil, dengan kondisi dunia yang saat ini sudah hampir tersambung seluruhnya, membuat sang nenek sulit untuk bepergian.


Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (26/10/2014), walau dokter belum memberikan diagnosa untuknya, namun Russell sudah menghabiskan 4.000 poundsterling untuk mencat rumahnya secara khusus. Tak hanya satu, tetapi cat khusus yang digunakan di rumahnya mencapai empat lapis sebagai penangkal sinyal.


Nenek malang ini juga mengklaim jika tingkat sensitivitas elektrik membuat dirinya tak bisa berkendara dengan transportasi umum lantaran banyaknya jumlah perangkat mobile yang digunakan di sana.


(ash/ash)



readmore »»  

El Clasico Juga Ikut Panas di Facebook

Jakarta - Pertarungan Real Madrid dan Barcelona memang baru berlangsung nanti malam. Namun suasana panas jelang laga El Clasico perdana musim ini sudah mulai terasa di social media, khususnya di Facebook.

Untuk pemanasan nanti malam, tim data Facebook juga telah menciptakan peta global yang menunjukkan keberadaan fans kedua tim ini di seluruh dunia. Melalui peta ini terlihat tim mana yang lebih disukai dan dari negara mana.


Dua tim ini selain bersaing ketat di lapangan hijau juga bersaing sengit di Facebook. Barcelona memiliki lebih dari 77 juta 'likes' sementara Real Madrid sedikit di bawah dengan 75,5 juta 'likes'.


Tapi bukan hanya timnya yang memiliki jutaan penggemar di Facebook, bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo juga termasuk superstar media sosial karena baru-baru ini berhasil mencapai 100 juta 'likes'.



Berikut adalah sejumlah kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan peta terlampir sebagai gambaran preferensi 150 juta fans kedua tim di Facebook page:


· Perdebatan tentang apakah Real Madrid atau Barcelona yang dianggap sebagai tim Portugal, karena ternyata penggemar Real Madrid mendominasi Spanyol.

· Penggemar fanatik sepak bola di Brasil ternyata memilih Barcelona

· Sementara Portugal tetap bangga akan keberadaan Cristiano Ronaldo sehingga mereka pun mendukung Real Madrid

· Barcelona juga lebih disukai di Amerika SerikatNext


(rou/rou)

readmore »»  

Asiafone Cheetah, Android Kitkat Harga Murah

Jakarta - Asiafone akhirnya memenuhi janjinya untuk merilis Android Kitkat harga murah dalam seri ponsel terbarunya yang diberi nama Cheetah. Sesuai namanya, smartphone ini juga diklaim bisa berlari kencang.

Dari 20 seri yang dirilis tahun ini, Cheetah bisa dibilang yang memiliki spesifikasi paling mentereng. Meski demikian, harganya juga masih terbilang murah karena cuma dibanderol Rp 1 jutaan saja.


Menurut Herman Zhou, Direktur Utama Asiafone, espektasi yang diharapkan pengguna saat membeli ponsel tak lagi sekedar harga murah saja, tetapi juga harusnya cepat dan nyaman.


"Asiafone Cheetah menjadi jawaban karena smartphone ini mengunggulkan performance yang menakjubkan namun diperuntukan bagi kalangan menengah karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau," ujarnya dalam keterangan yang dikutip detikINET, Sabtu (25/10/2014).


Tanpa perlu berlama-lama, berikut spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini:


Network 3G HSDPA

Dimensions 145,6X71,5X8,1mm

Display type QHD IPS 540 X 960

Display Size 5"

Multitouch Yes

RAM 4 GB + RAM 1 GB

ROM 32 GB

Camera Primary 8 MP + FLASH

Camera Secondary 3 MP

OS Android KitKat

Prosesor Quad Core 1,2 GHZ

Battery 2000 MaH

Harga Rp 1 jutaan


Untuk menyakinkan para konsumennya, Asiafone mengaku terus melakukan penguatan dalam penanganan after sales services. Service center milik Asiafone katanya dikelola sendiri sehingga lebih menjamin pelayanannya.


"Konsumen tidak perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu jika terjadi masalah dengan smartphone Asiafone mereka. Ini bukti bahwa Asiafone komitmen untuk membangun bisnisnya di Indonesia dalam jangka panjang," pungkas Herman.


(rou/rou)



readmore »»  

BenQ Rilis Proyektor 3D Kualitas Bioskop

Jakarta - BenQ kembali memasarkan proyektor home video berformat tiga dimensi (3D) untuk konsumen rumahan melalui dua seri terbarunya, yakni W1070+ dan W1080ST+

"Untuk memperkuat posisi BenQ di tengah segmen proyektor 1080p kami merilis dua proyektor 3D yang punya kualitas setara gambar di bioskop," kata Country Manager BenQ Indonesia Eko Handoko melalui keterangan yang dikutip detikINET, Sabtu (25/10/2014).


Eko mengatakan perusahaannya memprediksi tingginya permintaan proyektor rumahan pada tahun-tahun mendatang. Ini karena konsumen ingin mengakses gambar setara di bioskop di rumah mereka.


BenQ W1070+ dan W1080ST+ menawarkan sejumlah fitur. Fitur Cinema Color Reality diklaim menghasilkan gambar yang nyata.


Teknologi pada fitur ini dapat meningkatkan kecepatan roda warna pada proyektor, yakni RGBRGB (red, green, blue, red, green, blue). Ada juga teknologi BrilliantColor untuk menunjang detail gambar.


Dalam mendukung teknologi untuk warna, kedua produk sudah bersertifikat ISccc yang menguji kalibrasi. Sertifikat ini dikeluarkan oleh lembaga Image Science Foundation.


BenQ W1080ST+ mampu menghasilkan gambar pada layar 100 inci dalam jarak 1,5 meter. Sedangkan kerabatnya, W1070+, dapat dinikmati dari jarak 2,5 meter.


Adapun audionya didukung oleh speaker 10W resonant chamber yang diklaim menghasilkan suara yang dalam. "Ini untuk memperkuat suara pada film," kata Eko.


Sedangkan untuk menikmati musik, terdapat empat pilihan pengaturan suara yang terhubung dengan equalizer. BenQ W1080ST+ dan W1070+ siap dipasarkan di Indonesia pada bulan ini. Namun sayangnya, belum diungkap berapa harga per unitnya.


(rou/rou)



readmore »»  

Cikal Bakal Notebook Tangguh Panasonic

Osaka - Panasonic menonjolkan ketangguhan dan kekuatan sebagai hal paling menonjol pada Toughbook. Namun tahukah Anda bagaimana cikal bakal Toughbook?

"Bermula pada tahun 1992 kala itu perusahaan gas asal Inggris meminta notebook yang bisa diinstal CD-ROM berukuran penuh. Kalau sekarang itu tidak jadi masalah, tetapi waktu itu tidak ada perusahaan selain Panasonic yang mampu membuatnya," tutur Managing Director IT Products Business Division AVC Networks Company Panasonic Corporation, Hide Harada.


Hal tersebut dikemukakannya dalam wawancara dengan media di markas Panasonic, Osaka, Jepang.


Hide mengatakan Panasonic terus melakukan pengembangan produknya itu. Pada tahun 1994-1995 pesanan datang dari kepolisian Amerika Serikat, mereka tidak cuma menghendaki notebook yang memiliki CD-ROM tetapi juga tahan banting.


"Akhirnya 1996 lahirlah Toughbook yang pertama kalinya CF-25 dengan spesifikasi 'rugged'," kata Hide.


Toughbook, menurut Hide, saat ini digunakan di 260 ribu mobil polisi Amerika Serikat. Lebih dari separuh dari total mobil polisi di Amerika Serikat yang berjumlah sekitar 400 ribu unit.


Hide menjelaskan Toughbook dan Toughpad bukanlah sebuah komputer melainkan sebuah tools (perkakas/alat-red). Sebuah tools, lanjut Hide, harus bisa bertahan dalam situasi apapun dan membantu penggunannya menyelesaikan pekerjaannya.


Sebagai sebuah tools, Hide percaya diri kelak Toughbook dan Toughpad dapat menggantikan kertas yang saat ini selalu digunakan di dalam semua area pekerjaan. "Ada trend saat ini penggunaan kertas semakin berkurang. Ini merupakan kesempatan besar bagi kami sebab tidak terlalu banyak device yang tangguh," kata Hide.


Panasonic menyasar bisnis korporat sebagai market bagi Toughbook dan Toughpad. Dengan harga perangkat yang mahal, Panasonic menjanjikan layanan solusi bisnis dan purna jual yang baik.


"Walaupun perangkat yang Anda miliki sudah stop diproduksi tetapi kami tetap punya komponennya," kata Hide. (rou/rou)



readmore »»  

Ratu Inggris Gabung Twitter, Ini Cuit Pertamanya

London - Ratu Elizabeth II akhirnya ikut bergabung di Twitter dan mulai berkicau untuk pertama kalinya saat membuka pameran di Museum Sains di London, Inggris.

Kicauan Ratu Inggris yang ditayangkan pada layar besar itu disaksikan oleh 600 orang yang mengunjungi pameran ilmu pengetahuan dan teknologi ini.


"It is a pleasure to open the Information Age exhibition today at the @ScienceMuseum and I hope people will enjoy visiting. Elizabeth R," tulis Ratu Elizabeth II dalam akun @BritishMonarchy.


Seperti detikINET kutip CNN, Sabtu (25/10/2014), Elizabeth R merupakan singkatan dari Elizabeth Regina, atau dalam bahasa latin Regina berarti Ratu. Sang Ratu pertama kali mengunjungi museum tersebut pada 76 tahun silam.


Kicauan tersebut pun langsung di-retweet oleh 23 ribu pengguna twitter dan difavoritkan oleh 22 ribu pengguna. Di usia yang ke-88 dan setelah 60 tahun menjadi ratu, Elizabeth II akhirnya melangkah ke teknologi baru.


Pada tahun 1953, Elizabeth II merupakan orang Istana Inggris pertama yang tampil dalam siaran langsung di televisi. Penampilan tersebut pun menjadi pemicu penjualan televisi besar-besaran pada era tersebut.


(rou/rou)



readmore »»  

Panasonic Ingin Toughbook Jadi 'Ikan Besar di Kolam Kecil'

Osaka - Soal kekuatan, Toughpad dan Toughbook tidak diragukan lagi kualitasnya. Sedianya Toughpad dan Toughbook bukan ditujukan untuk consumer market, melainkan corporate bussines.

"Kami ingin menjadi ikan besar di kolam kecil. Banyak pesaing kami yang bermain di laut tetapi tidak survive," tutur Hide Harada kepada sejumlah media dari ASEAN, termasuk detikINET, di Osaka, Jepang.


Hide Harada merupakan Managing Director IT Products Business Division, AVC Networks Company, Panasonic Corporation, yang memproduksi Toughbook dan Toughpad.


Dalam pengembangan usahanya ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia, ada beberapa sektor yang menjadi target Panasonic. Semuanya merupakan pengguna di sektor korporat.


"Bidang otomotif, kepolisian, pemadam kebakaran, migas, pertahanan dan listrik, kata Hide.


Hide mengakui produknya tidak murah tetapi marketnya spesifik dan jelas. Bagi Hide, strategi bisnis B to B alias business to business, lebih menguntungkan. Toughbook dan Toughpad sudah mendapatkan kepercayaan di dunia global.


"Jika produk kami menghadapi masalah, maka penanganannya akan mudah. Karena penggunanya terpusat. Jadi kami bisa memberikan solusi IT dengan cepat. Sedangkan consumer product pemakainya tersebar, pelayanannya akan lebih sukar," akata Hide.


Panasonic, kata Hide, belum ada rencana membuat pabrik baru lagi selain di Jepang dan Taiwan. Tetapi apakah Panasonic tertarik membuat Toughpad dan Toughbook versi ekonomis bagi end user di Indonesia?


"Bukan tidak mungkin, tapi tidak dalam waktu dekat. Tergantung bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan user di Indonesia. Kami ingin berkontribusi bagi masyarakat dengan produk kami," jawabnya diplomatis.





(rou/rou)

readmore »»  

Seru! Adu Pintar Robot Anak Sekolahan di Yogya

Yogyakarta - Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KRPY) digelar untuk ke-7 kalinya. Kontes yang mempertandingkan robot-robot karya para siswa dari mulai tingkat SD, SMP dan SMU se-DIY dan Jateng ini digelar di Exhibition Hall, Taman Pintar Yogyakarta.

Tahun ini, kontes robot diikuti sebanyak 155 tim (1 tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing). Pesertanya dari sekolah-sekolah di DIY dan Jawa Tengah seperti Magelang, Wonosobo, Sragen dan Cilacap. Kontes digelar mulai Sabtu 25 Oktober hingga Minggu 26 Oktober 2014.


Ketua pantia KRPY 2014, Krismono Adjie menjelaskan, ada 5 kategori yang dilombakan pada kontes kali ini. Kategori A (senior) mempertandingkan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam api dengan kontruksi otomatisasi tanpa mikrokontroler bagi pelajar SMA/SMK sederajat.


Kategori B (Yunior) mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler, bagi perserta pelajar SMP.


Kategori C (Expert), melombakan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam apo yang konstruksinya sudah menggunakan otomatisasi dengan aplikasi mikrokontroler, untuk pelajar SMA/SMK sederajat.


Kategori D (Umum) melombakan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar arena, untuk pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat.


Kategori E (SD) mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler bagi pelajar SD sederajat.Next


(rou/rou)

readmore »»  

SAP Core, Andalan MSIG Ekspansi Indonesia

Jakarta - Efisiensi operasional kian penting bagi perusahaan besar yang menangani banyak pelanggan seperti perusahaan perbankan, operator telekomunikasi dan asuransi. Menyadari kebutuhan efisiensi itu mendorong MSIG menggaet SAP, penyedia rangkaian solusi teknologi kelas korporasi asal Jerman.

Platform SAP Core dipilih MSIG untuk wilayah operasional Indonesia dan Singapura. Efisiensi operasional yang dilakukan dengan kolaborasi sistem Platform SAP Core Insurance diharapkan perusahaan asuransi kelas dunia itu bisa berkembang lebih cepat mencapai market dan meningkatkan layanan pelanggan.


Pemberdayaan operasional MSIG lewat sistem tunggal diklaim SAP bakalan memungkinkan pertumbuhan dan inovasi lebih baik dengan fleksibilitas yang mampu menyesuaikan kebutuhan bisnis secara cepat.


"Untuk mengimbangi industri yang terkait dengan perubahan kebutuhan pelanggan dan peraturan lingkungan yang dinamis, kami ingin solusi yang fleksibel dan scalable untuk memenuhi kebutuhan kami baik pada saat ini maupun di masa depan," kata Alan Wilson, CEO Regional MSIG Asia dalam keterangannya, Sabtu (25/10/2014).


Wilson juga memaparkan SAP memiliki pemahaman tentang industri asuransi secara baik yang diharapkan bakalan jadi kunci pendorong bagi keberhasilan bisnisnya sebagai alasan MSIG memilih perusahaan perangkat lunak yang berkantor pusat di Weinheim, Jerman sebagai rekanan.


"Memilih aplikasi SAP solutions for insurance merupakan keputusan strategis yang signifikan untuk grup bisnis kami dan sebagai investasi pokok dalam infrastruktur kami untuk memungkinkan kami mewujudkan ambisi bisnis kami di Asia," tambah Wilson.


Saat ini, MSIG sendiri memakai dua provider sebagai penyedia solusi perangkat lunak perusahaannya yang masing-masing-masing memiliki peranan dan variasi tersendiri baik di proses utama ataupun pendukungnya. Next


(rou/rou)

readmore »»  

10 Mahasiswa Berebut Kursi CEO XL

Jakarta - Program CEO Challenge yang diluncurkan XL Axiata bersamaan dengan peluncuran XL Future Leader 3 pada bulan Mei lalu mendapatkan antusiasme luar biasa dari para mahasiswa. Sebanyak kurang lebih 2.000 mahasiswa mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini.

Setelah dilakukan beberapa proses seleksi yang meliputi seleksi administrasi, orisinalitas karya tulis dan video, saat ini telah terpilih 10 orang peserta terbaik yang berasal dari universitas terkemuka di Indonesia, seperti UGM, UI, ITS, UNS, ITB dan UNPAD.


Kesepuluh orang peserta terbaik tersebut selanjutnya akan bersaing menjadi tiga kandidat terbaik melalui seleksi interview yang dilakukan oleh manajemen XL. Selanjutnya tiga orang yang menjadi pemenang akan mendapatkan pengalaman berharga menjadi CEO XL dan dua direksi XL lainnya dalam menjalankan tugasnya selama satu minggu penuh mulai tanggal 24-29 November 2014.


"Banyak sekali potensi yang dimiliki oleh generasi muda untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan, mereka hanya butuh untuk diinspirasi dan diberi kesempatan oleh kita bahwa semua orang bisa menjadi pemimpin," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi.


"Lewat program ini XL ingin mengasah kemampuan dan keberanian mereka untuk berpikir dan merasakan pengalaman bekerja menjadi seorang pemimpin, sehingga menumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan mereka," lanjutnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (25/10/2014).


Program pencarian sosok pemuda terbaik yang berani menerima tantangan mendampingi CEO XL menjalankan tugasnya selama satu minggu ini adalah program yang pertama kali di Indonesia. Program ini terbuka bagi para mahasiswa usia 18-25 tahun yang mengikuti program diploma (D1, D2, D3), program sarjana (S1), atau tercatat di Sekolah Tinggi di seluruh Indonesia dengan IPK minimal 2,8.


Setiap peserta yang mendaftar harus menyampaikan sebuah esai singkat 500-750 karakter dan mengirimkan video yang diupload di Youtube tentang 'Mengapa Saya Berhak Menjadi CEO XL'. Pendaftaran berlangsung 6 Mei-30 Juni 2014, dan pemenang akan diumumkan di bulan November 2014.


(rou/rou)



readmore »»  

Google: Android Wear Bakal Dukung iOS

Jakarta - Meski saling berkompetisi, Google ternyata tak ingin menyia-nyiakan potensi iOS yang dinilai masih punya banyak basis pengguna. Khususnya untuk mendukung pilihan konektivitas pengguna smartwatch Android.

Tak hanya beberapa layanan miliknya saja bisa dirasakan pengguna iOS, kini giliran Android Wear yang disebut bakal ikut mendukung kompatibilitas dengan sistem operasi milik Apple tersebut.


Kemungkinan itu diucapkan oleh Jeff Chang yang merupakan Product Manager Android Wear. Seperti detikINET kutip Ubergizmo, Sabtu (25/10/2014), ia mengaku tertarik untuk mengembangkan Android Wear agar bisa mendukung platform selain Android.


"Kami ingin sebanyak mungkin pengguna yang bisa menikmati pengalaman (Android Wear-red). Jadi untuk meraih lebih banyak pengguna agar memakai Android Wear, kami sangat tertarik membuatnya (mendukung platform lain, termasuk iOS-red)," ujar Chang.


Tapi bukannya tanpa rintangan, salah satu petinggi Google ini mengatakan masalah kompatibilitas adalah hal yang sangat mungkin bakal ditemui. “Memang dimungkinkan (agar Android Wear mendukung platform lain), tapi pada akhirnya kendali bukan sepenuhnya ada di kami (karena terkait platform lain),” imbuhnya lagi.


Pun bila akhirnya Android Wear bisa mendukung iOS, Windows Phone, dan BlackBerry 10, analis mengatakan smartwatch Android Wear juga tak akan mendapat akses penuh saat terhubung ke platform lain.


Karena pastinya platform lain akan membatasi akses penuh hanya untuk smartwatch garapannya seperti misalnya iOS untuk Apple Watch.


(yud/rou)



readmore »»  

Teknologi Canggih di Balik Panggung Tenis Dunia

Singapura - Teknologi dalam olahraga tenis membuat laga Women's Tennis Association (WTA) kian seru. Teknologi analisa data SAP, sebuah perusahaan perangkat lunak dari Jerman, memang telah mengubah arus informasi sampai ke tangan para atlet, pelatih, serta fans.

Pengaruh SAP dalam memajukan tenis bisa dilihat pada suasana di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Kamis (23/10/2014).


Seusai memasuki gerbang kompleks Singapore Sports Hub, pengunjung disuguhi fasilitas wahana informatif dari layar-layar sentuh yang tersedia.‎


Menengok ke dalam lapangan, tak hanya teknologi kamera hawk eye yang bisa menjadi 'hakim paling adil' guna menentukan posisi bola apakah di dalam atau di luar garis, lebih dari itu, SAP HANA (High Performance Analytical Appliance) memungkinkan para pelatih untuk mendapatkan informasi secara real time.


"Kami percaya bahwa teknologi akan memainkan peran besar dalam memodernisasi olahraga, melayani lebih kepada fans tanpa mengubah sisi integritas dari permainan itu sendiri," kata CEO and Chairman WTA Stacey Allaster dalam keterangannya.



Aplikasi kepelatihan untuk WTA sudah digunakan oleh para pemain dan pelatih. Informasi yang didapat dari t‎eknologi ini bisa digunakan untuk menyusun strategi dan mengevaluasi setelah pertandingan berlangsung, demi pertandingan berikutnya.Next


(dnu/ash)

readmore »»  

BlackBerry Patenkan Unlock Ponsel via Smartwatch

Jakarta - Paten terbaru milik BlackBerry mengungkap kemungkinan perusahaan asal Kanada ini akan punya wearable device. Sebuah produk dengan penampakan mirip jam tangan pintar tampak dalam paten tersebut.

Dikutip dari Softpedia News, Jumat (24/10/2014), badan paten dan trademark Amerika Serikat mengungkapkan BlackBerry baru saja mematenkan cara meng-unlock smartphone dengan wearable device.


Metode ini akan menggantikan passcode konvensional atau sensor sidik jari yang mulai tren digunakan di smartphone. Jika benar, ini adalah sinyal langkah pertama BlackBerry memasuki pasar wearable gadget.


Indikasi ini sebenarnya sudah diperlihatkan oleh BlackBerry. September silam, President BlackBerry Enterprise Solutions John Sims mengatakan, BlackBerry punya banyak teknologi yang belum diungkapnya, termasuk mulai melirik smartwatch.


"Kami melakukan riset internal di berbagai wearable," kata Sims, dalam sebuah interview dengan sejumlah reporter di perhelatan Super Mobility Week di Las Vegas, Amerika Serikat.


Riset berkaitan dengan wearable yang dilakukan BlackBerry antara lain termasuk smartwatch dan kacamata pintar. Sims yang juga mengawasi pengembangan BlackBerry Messenger (BBM), dalam kesempatan ini juga sempat menyatakan keinginannya.


"Saya sangat senang jika ada BBM di wearable. Ini juga menjadi area riset kami," sebutnya lagi.


Paten yang baru terkuak ini, bisa jadi adalah kelanjutan mengenai keseriusan BlackBerry merambah wearable gadget. Sejumlah fitur baru berkaitan dengan keamanan dan user interface (UI) untu sistem conference calling juga termasuk dalam paten ini.


(rns/rou)



readmore »»  

Microsoft Bersih-bersih 'Nokia'

Jakarta - Microsoft memastikan bakal menghilangkan label Nokia pada ponsel pintarnya. Bahkan tak sampai di situ, pemilik OS Windows ini juga telah siap melakukan aksi bersih-bersih untuk sepenuhnya menghapus nama Nokia dari layanannya.

Yang telah berlangsung sejak lama adalah dibenamkannya berbagai aplikasi besutan Nokia pada ponsel Lumia. Namun seperti dikatakan Tuula Rytilä, Senior VP Marketing for Phones Microsoft, selepas dihilangkannya nama Nokia maka seluruh aplikasi yang ada pada Lumia sepenuhnya akan datang dari Microsoft ke depannya.


Itu dari sisi perangkat, layanan lainnya yang juga tak luput dari aksi bersih-bersih Microsoft terhadap Nokia adalah di media sosial. Secara bertahap seluruh akun yang terkait dengan Nokia akan diganti dengan nama baru. Contohnya adalah akun Nokia Lumia yang akan berubah jadi Microsoft Lumia.


“(Walau berganti nama) kami ingin mengajak para penggemar Lumia untuk terus mengikuti kami dan selalu update dengan kabar terbaru tentang perangkat kami melalui Facebook, Twitter dan Instagram,” ujar Rytila seperti detikINET kutip dari situs resmi Nokia, Jumat (24/10/2014).


Rytila melanjutkan aksi bersih-bersih Nokia ini juga termasuk perubahan nama di toko retail milik Nokia. Namun saat ditanya kapan ponsel Microsoft Lumia pertama keluar, Wanita ini dengan singkat hanya menjawab, ”Segera,”.


(yud/ash)



readmore »»  

Rudiantara Calon Kuat, Gatot Kuda Hitam

Jakarta - Nama-nama yang akan menjadi calon Menkominfo berikutnya semakin santer terdengar. Dari yang tadinya mengerucut di tiga nama, sekarang hanya menyisakan dua kandidat dimana Rudiantara menjadi calon yang terkuat.

Menurut informasi yang diterima detikINET, Jumat (24/10/2014), Rudiantara ada di posisi teratas setelah nama Direktur Utama Lembaga Penyiarapan Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) -- Rosarita Niken Widiastuti -- tak lagi masuk dalam bursa calon terbaru Menkominfo.


Sementara calon lainnya, Gatot S Dewa Broto, kabarnya ada di posisi kedua dan menjadi kuda hitam dalam bursa pencalonan menteri urusan ICT pilihan Jokowi-JK ini.


Pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 yang akrab disapa dengan inisial RA ini, kabarnya telah masuk dalam daftar calon yang dimintai klarifikasi rekam jejaknya di KPK dan PPATK.


RA yang kabarnya telah lolos dari daftar screening di kedua lembaga itu, katanya lebih diprioritaskan untuk mengisi posisi Menkominfo ketimbang Menteri BUMN.


Alasannya tentu saja karena Rudiantara lebih kental menguasai bidang ICT khususnya di industri telekomunikasi setelah lama malang melintang berkarir di Indosat, Telkomsel, XL Axiata, dan Telkom.


Saat dikonfirmasi, Rudiantara sendiri masih tak mau banyak bicara mengomentari kabar ini sampai benar-benar resmi diumumkan sebagai bagian dari kabinet Trisakti pilihan Jokowi-JK.


(rou/ash)



readmore »»  

Migrasi Flexi Dimulai dari Serang dan Kediri

Jakarta - Perlahan tapi pasti, Telkom akhirnya mulai mengeksekusi rencana migrasi empat juta pelanggan Flexi ke Telkomsel secara bertahap di beberapa wilayah. Berikut adalah area-area yang mulai dimigrasikan hingga enam bulan ke depan.

"Pertama kali sudah dilaksanakan di Serang dan Kediri. Selanjutnya di Surabaya, Bogor, Batam, dan beberapa wilayah lagi," kata Arif Prabowo, Vice President Public Relations Telkom kepada detikINET, Jumat (24/10/2014).


Secara total, migrasi yang akan dilanjutkan pekan depan akan dimulai di 15 wilayah telekomunikasi (witel). "Setiap regional sudah ada witel yang mulai menawarkan migrasi," lanjut Bobby, panggilan akrabnya.


Dalam eksekusi migrasi ini, Telkom juga menunjuk TiPhone dan PINS Indonesia sebagai pelaksana pemberian kompensasi. Seperti diketahui, TiPhone telah menjadi bagian dari keluarga besar Telkom pasca 25% sahamnya dikuasai oleh PINS Indonesia yang notabene anak usaha operator pelat merah itu.


Menurut Direktur Utama TiPhone Mobile Indonesia Tan Lie Pin, TiPhone bertanggungjawab memberikan kompensasi berupa kupon ke pelanggan Flexi yang dapat ditukarkan berupa voucher atau ponsel. "Kalau ada merek lain mau masuk tinggal datang ke TiPhone, soalnya kita yang tangani semua urusan kompensasi ini," ujarnya.


Komisaris Utama TiPhone Hengky Setiawan menambahkan proyek migrasi pelanggan Flexi adalah awal sinergi pasca PINS masuk di TiPhone. "Kami harapkan akan banyak proyek sinergi lainnya dengan Telkom. Kami juga berharap pendapatan tahun ini bisa di sekitar Rp 14 triliun, tahun depan naik menjadi Rp 18 triliun," ucap Hengky.


Seiringan dengan migrasi ini, Telkom akan mengembalikan frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk teknologi CDMA itu ke pemerintah. Kemudian melalui Kementerian Kominfo spektrum 800 MHz itu akan dikembalikan lagi ke Telkomsel agar bisa bergandengan E-GSM dengan spektrum di 900 MHz.


Telkomsel sendiri rencananya akan mengalokasikan spektrum ini untuk menggelar layanan 3G atau bahkan 4G berbasis LTE. Sejauh ini, vendor yang tengah dijajaki kerja samanya adalah Huawei.


(rou/ash)



readmore »»  

Teknologi Canggih di Balik Panggung Tenis Dunia

Singapura - Teknologi dalam olahraga tenis membuat laga Women's Tennis Association (WTA) kian seru. Teknologi analisa data SAP, sebuah perusahaan perangkat lunak dari Jerman, memang telah mengubah arus informasi sampai ke tangan para atlet, pelatih, serta fans.

Pengaruh SAP dalam memajukan tenis bisa dilihat pada suasana di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Kamis (23/10/2014).


Seusai memasuki gerbang kompleks Singapore Sports Hub, pengunjung disuguhi fasilitas wahana informatif dari layar-layar sentuh yang tersedia.‎


Menengok ke dalam lapangan, tak hanya teknologi kamera hawk eye yang bisa menjadi 'hakim paling adil' guna menentukan posisi bola apakah di dalam atau di luar garis, lebih dari itu, SAP HANA (High Performance Analytical Appliance) memungkinkan para pelatih untuk mendapatkan informasi secara real time.


"Kami percaya bahwa teknologi akan memainkan peran besar dalam memodernisasi olahraga, melayani lebih kepada fans tanpa mengubah sisi integritas dari permainan itu sendiri," kata CEO and Chairman WTA Stacey Allaster dalam keterangannya.



Aplikasi kepelatihan untuk WTA sudah digunakan oleh para pemain dan pelatih. Informasi yang didapat dari t‎eknologi ini bisa digunakan untuk menyusun strategi dan mengevaluasi setelah pertandingan berlangsung, demi pertandingan berikutnya.Next


(dnu/ash)

readmore »»  

BlackBerry Patenkan Unlock Ponsel via Smartwatch

Jakarta - Paten terbaru milik BlackBerry mengungkap kemungkinan perusahaan asal Kanada ini akan punya wearable device. Sebuah produk dengan penampakan mirip jam tangan pintar tampak dalam paten tersebut.

Dikutip dari Softpedia News, Jumat (24/10/2014), badan paten dan trademark Amerika Serikat mengungkapkan BlackBerry baru saja mematenkan cara meng-unlock smartphone dengan wearable device.


Metode ini akan menggantikan passcode konvensional atau sensor sidik jari yang mulai tren digunakan di smartphone. Jika benar, ini adalah sinyal langkah pertama BlackBerry memasuki pasar wearable gadget.


Indikasi ini sebenarnya sudah diperlihatkan oleh BlackBerry. September silam, President BlackBerry Enterprise Solutions John Sims mengatakan, BlackBerry punya banyak teknologi yang belum diungkapnya, termasuk mulai melirik smartwatch.


"Kami melakukan riset internal di berbagai wearable," kata Sims, dalam sebuah interview dengan sejumlah reporter di perhelatan Super Mobility Week di Las Vegas, Amerika Serikat.


Riset berkaitan dengan wearable yang dilakukan BlackBerry antara lain termasuk smartwatch dan kacamata pintar. Sims yang juga mengawasi pengembangan BlackBerry Messenger (BBM), dalam kesempatan ini juga sempat menyatakan keinginannya.


"Saya sangat senang jika ada BBM di wearable. Ini juga menjadi area riset kami," sebutnya lagi.


Paten yang baru terkuak ini, bisa jadi adalah kelanjutan mengenai keseriusan BlackBerry merambah wearable gadget. Sejumlah fitur baru berkaitan dengan keamanan dan user interface (UI) untu sistem conference calling juga termasuk dalam paten ini.


(rns/rou)



readmore »»  

Microsoft Bersih-bersih 'Nokia'

Jakarta - Microsoft memastikan bakal menghilangkan label Nokia pada ponsel pintarnya. Bahkan tak sampai di situ, pemilik OS Windows ini juga telah siap melakukan aksi bersih-bersih untuk sepenuhnya menghapus nama Nokia dari layanannya.

Yang telah berlangsung sejak lama adalah dibenamkannya berbagai aplikasi besutan Nokia pada ponsel Lumia. Namun seperti dikatakan Tuula Rytilä, Senior VP Marketing for Phones Microsoft, selepas dihilangkannya nama Nokia maka seluruh aplikasi yang ada pada Lumia sepenuhnya akan datang dari Microsoft ke depannya.


Itu dari sisi perangkat, layanan lainnya yang juga tak luput dari aksi bersih-bersih Microsoft terhadap Nokia adalah di media sosial. Secara bertahap seluruh akun yang terkait dengan Nokia akan diganti dengan nama baru. Contohnya adalah akun Nokia Lumia yang akan berubah jadi Microsoft Lumia.


“(Walau berganti nama) kami ingin mengajak para penggemar Lumia untuk terus mengikuti kami dan selalu update dengan kabar terbaru tentang perangkat kami melalui Facebook, Twitter dan Instagram,” ujar Rytila seperti detikINET kutip dari situs resmi Nokia, Jumat (24/10/2014).


Rytila melanjutkan aksi bersih-bersih Nokia ini juga termasuk perubahan nama di toko retail milik Nokia. Namun saat ditanya kapan ponsel Microsoft Lumia pertama keluar, Wanita ini dengan singkat hanya menjawab, ”Segera,”.


(yud/ash)



readmore »»  

Rudiantara Calon Kuat, Gatot Kuda Hitam

Jakarta - Nama-nama yang akan menjadi calon Menkominfo berikutnya semakin santer terdengar. Dari yang tadinya mengerucut di tiga nama, sekarang hanya menyisakan dua kandidat dimana Rudiantara menjadi calon yang terkuat.

Menurut informasi yang diterima detikINET, Jumat (24/10/2014), Rudiantara ada di posisi teratas setelah nama Direktur Utama Lembaga Penyiarapan Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) -- Rosarita Niken Widiastuti -- tak lagi masuk dalam bursa calon terbaru Menkominfo.


Sementara calon lainnya, Gatot S Dewa Broto, kabarnya ada di posisi kedua dan menjadi kuda hitam dalam bursa pencalonan menteri urusan ICT pilihan Jokowi-JK ini.


Pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 yang akrab disapa dengan inisial RA ini, kabarnya telah masuk dalam daftar calon yang dimintai klarifikasi rekam jejaknya di KPK dan PPATK.


RA yang kabarnya telah lolos dari daftar screening di kedua lembaga itu, katanya lebih diprioritaskan untuk mengisi posisi Menkominfo ketimbang Menteri BUMN.


Alasannya tentu saja karena Rudiantara lebih kental menguasai bidang ICT khususnya di industri telekomunikasi setelah lama malang melintang berkarir di Indosat, Telkomsel, XL Axiata, dan Telkom.


Saat dikonfirmasi, Rudiantara sendiri masih tak mau banyak bicara mengomentari kabar ini sampai benar-benar resmi diumumkan sebagai bagian dari kabinet Trisakti pilihan Jokowi-JK.


(rou/ash)



readmore »»  

Migrasi Flexi Dimulai dari Serang dan Kediri

Jakarta - Perlahan tapi pasti, Telkom akhirnya mulai mengeksekusi rencana migrasi empat juta pelanggan Flexi ke Telkomsel secara bertahap di beberapa wilayah. Berikut adalah area-area yang mulai dimigrasikan hingga enam bulan ke depan.

"Pertama kali sudah dilaksanakan di Serang dan Kediri. Selanjutnya di Surabaya, Bogor, Batam, dan beberapa wilayah lagi," kata Arif Prabowo, Vice President Public Relations Telkom kepada detikINET, Jumat (24/10/2014).


Secara total, migrasi yang akan dilanjutkan pekan depan akan dimulai di 15 wilayah telekomunikasi (witel). "Setiap regional sudah ada witel yang mulai menawarkan migrasi," lanjut Bobby, panggilan akrabnya.


Dalam eksekusi migrasi ini, Telkom juga menunjuk TiPhone dan PINS Indonesia sebagai pelaksana pemberian kompensasi. Seperti diketahui, TiPhone telah menjadi bagian dari keluarga besar Telkom pasca 25% sahamnya dikuasai oleh PINS Indonesia yang notabene anak usaha operator pelat merah itu.


Menurut Direktur Utama TiPhone Mobile Indonesia Tan Lie Pin, TiPhone bertanggungjawab memberikan kompensasi berupa kupon ke pelanggan Flexi yang dapat ditukarkan berupa voucher atau ponsel. "Kalau ada merek lain mau masuk tinggal datang ke TiPhone, soalnya kita yang tangani semua urusan kompensasi ini," ujarnya.


Komisaris Utama TiPhone Hengky Setiawan menambahkan proyek migrasi pelanggan Flexi adalah awal sinergi pasca PINS masuk di TiPhone. "Kami harapkan akan banyak proyek sinergi lainnya dengan Telkom. Kami juga berharap pendapatan tahun ini bisa di sekitar Rp 14 triliun, tahun depan naik menjadi Rp 18 triliun," ucap Hengky.


Seiringan dengan migrasi ini, Telkom akan mengembalikan frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk teknologi CDMA itu ke pemerintah. Kemudian melalui Kementerian Kominfo spektrum 800 MHz itu akan dikembalikan lagi ke Telkomsel agar bisa bergandengan E-GSM dengan spektrum di 900 MHz.


Telkomsel sendiri rencananya akan mengalokasikan spektrum ini untuk menggelar layanan 3G atau bahkan 4G berbasis LTE. Sejauh ini, vendor yang tengah dijajaki kerja samanya adalah Huawei.


(rou/ash)



readmore »»  

Brand 'Nokia' Hanya untuk Ponsel Murah

Jakarta - Setelah diakuisisi Microsoft, unit bisnis Nokia bakal dipermak. Termasuk untuk urusan branding dari ponsel yang dulu punya julukan sejuta umat tersebut. Meski demikian, Microsoft takkan benar-benar mematikan brand Nokia.

Seperti disampaikan Tuula Rytilä selaku Senior VP Marketing for Phones Microsoft, nama 'Nokia' memang bakal sepenuhnya dicabut dari produk smartphone Lumia. Sebagai penggantinya telah disiapkan brand 'Microsoft Lumia'.


Tapi ternyata memang hanya sebatas seri smartphone, sedangkan untuk jenis feature phone, merek Nokia masih akan digunakan. Rytila mengatakan nama Nokia tetap akan digunakan, namun hanya sebatas pada kategori ponsel entry level yang ramah kantong.


“Ya! kategori ponsel entry-level seperti Nokia 130. (Karena) kami memang memiliki lisensi penggunaan nama Nokia untuk ponsel di kelas itu,” ujar Rytila seperti detikINET kutip dari situs resmi Nokia, Jumat (24/10/2014).


Kini tentu yang jadi pertanyaan adalah ponsel seri Asha yang juga dipasarkan Nokia. Meski mengusung sistem operasi bertajuk Asha OS, seri ponsel ini bisa dibilang masih masuk kategori feature phone.


Sejauh ini memang belum ada informasi mengenai hal tersebut, tapi sangat mungkin Microsoft bakal tetap menjualnya dengan merek Nokia.

(yud/ash)



readmore »»  

Digital Creative Indonesia Diganjar Award

http://us.images.detik.com/content/2014/10/24/328/pr46.jpgGeneral Manager External Communication Telkomsel Denny Abidin menerima penghargaan (tengah)


Jakarta - Perjuangan 'masuk kampus keluar kampus' untuk sharing ilmu dengan ratusan atau bahkan ribuan mahasiswa di berbagai kota demi membangun ekosistem Device, Network & Application (DNA) lewat program Digital Creative Indonesia (DCI) berbuah apresiasi.

Program Telkomsel yang sempat berduet dengan detikINET-detikcom ini diganjar penghargaan sebagai 'Best Corporate Program 2014' yang digelar oleh Majalah Mix Marketing di ajang PR Program & People of The Year 2014.


Program ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk turut menggerakkan, dan menginspirasi industri kreatif digital di Tanah Air guna membangun ekosistem DNA (Device, Network & Application) secara berkesinambungan.


VP Corporate Communication Telkomsel Adita Irawati mengatakan, sesuai dengan visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, maka DCI diluncurkan agar mampu memperkaya ekosistem digital di Indonesia melalui anak muda Indonesia yang potensial, inspiratif dan berdaya saing global.


Sepanjang tahun 2013, Telkomsel melakukan serangkaian roadshow DCI dengan detikINET ke berbagai kampus. Mulai dari Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Universitas Indonesia di Jakarta.


Pada roadshow DCI tersebut para peserta mendapat kesempatan menyerap berbagai ilmu, di antaranya mengenai digital entrepreneurship, teknik penulisan dan pembuatan video, serta seputar pembuatan aplikasi.


Antusiasme peserta begitu terasa. Hal itu bisa dilihat dari banjirnya ratusan mahasiswa yang tumplek-blek di setiap kampus yang disinggahi.




(ash/tyo)



readmore »»  

Konten Streaming Masih Lelet dan Mahal

Jakarta - Jumlah penonton streaming video saat ini berada pada level yang hampir sama dengan penonton TV konvensional. Namun untuk mendapatkan tontonan yang memuaskan tak semulus itu. Masih banyak faktor penghalang.

"Sebanyak 41% konsumen menginginkan untuk bisa menonton acara favorit mereka di mana saja. Ada dua hambatan utama untuk ini, pertama biaya untuk konten itu sendiri," kata Head of Consumer Lab Ericsson Regional South East Asia and Oceania Afrizal Abdul Rahim dalam pertemuan dengan media di Marche Restaurant, Plaza Senayan, Jakarta.


Dikatakannya, konsumen memang rela membayar demi tayangan berkualitas HD atau bahkan 4K UHDTV, Live TV eksklusif dan film box office terbaru. Namun biaya sewa atau berlangganan untuk konten tersebut dinilai 48% responden masih mahal.


Hambatan lainnya, menurut Afrizal adalah koneksi internet yang lambat. Ketika melakukan streaming konten video maupun acara TV, tak jarang konsumen mengeluhkan tayangan terputus-putus.


"Hasil dari penelitian sudah jelas. Perusahaan media perlu memikirkan bagaimana menciptakan dan mengeluarkan konten. Sedangkan fokus bagi operator, penyediaan kualitas layanan data tertinggi untuk konsumen, tak peduli di perangkat apa yang mereka gunakan untuk menonton," sebutnya.


Riset Ericsson ini juga mengungkap, konten on-demand telah mendorong kebiasaan menonton TV meningkat. Untuk TV streaming intensitasnya lebih tinggi yakni 95% ketimbang TV konvensional di angka 90%.


Sebanyak 23% orang menonton TV streaming atau video saat mereka mobile atau bepergian. Pengguna kalangan muda mendominasi dalam persentase ini. YouTube menjadi layanan paling banya digunakan di Indonesia (78%) untuk menikmati on-demand TV, menonton video streaming atau mendownload video.


(rns/ash)



readmore »»  

'Kaesang Idola Baru Keluarga Istana Setelah Ibu Ani'

Jakarta - Selesainya masa bakti Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI dan dilanjutkan ke Joko Widodo, turut mengubah arah angin idola baru di media sosial dari kalangan istana. Bila dulu Ani Yudhoyono, kini giliran Kaesang Pangarep.

Bila Ibu Ani begitu aktif di jejaring sosial Instagram, maka berbeda dengan anak bungsu Jokowi. Kaesang banyak mendapat pujian di blognya yang beralamat di misterkacang.blogspot.com.


Ya, keduanya juga punya keahlian yang berbeda. Bila Ibu Ani punya hobi fotografi yang dipamerkan di Instagram, maka Kaesang pintar meramu kata-kata lucu melalui tulisan di blognya.


Memang Jokowi mempunyai tiga anak, Gibran, Kahiyang dan Kaesang. Namun, tampaknya Kaesang yang mempunyai sorotan lebih, khususnya di media sosial.


Wajar memang, karena selain bermain blog, Kaesang juga aktif di Twitter dan Instagram pula. Bahkan di Twitter saat ini tercatat sudah diikuti 30 ribu follower.


Sama seperti di blog, di Twitter Kaesang juga me-tweet hal-hal sederhana dan lucu. Malah profilnya di header Twitternya tertulis, "Pengennya galau dalam kegalauan'. Plesetan dari bapaknya "Pengennya sederhana dalam kesederhanaan'.


Di Instagram, Kaesang yang mempunyai pengikut 14 ribu anggota ini juga rajin memposting fotonya bersama keluarga dan kerabat. Malahan dalam salah satu postingan foto, ia mengajak selfie sang ayah, ibu dan kakak perempuannya.Next


(tyo/ash)

readmore »»  

SLR dan DSLR, Apa Bedanya?

Jakarta - Apa bedanya kamera SLR dan DSLR? (Tri Oktavianto)

Jawaban:


Pada dasarnya istilah SLR (single lens reflex) dan DSLR (Digital Lens Reflex) mengacu pada desain kamera yang mengunakan sistem cermin di dalam kamera yang memantulkan sebagian cahaya ke prisma sehingga fotografer dapat melihat komposisi foto dengan mengintip di jendela bidik dengan akurat sesuai apa yang dilihat oleh lensa kamera.


Perbedaan utama DSLR adalah mengunakan sensor gambar digital, sehingga hasil output adalah gambar digital yang disimpan ke memory card, sedangkan jika SLR biasanya mengacu pada kamera yang masih mengunakan film.


Secara mekanisme desain keduanya mirip.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.


readmore »»  

1 Arena 8 Petarung di Super Smash Bros

Jakarta - Update Nintendo mengonfirmasi jika Super Smash Bros yang dirilis untuk platform Wii U memungknkan gamer bertarung hingga delapan pemain dalam satu arena. Tak hanya itu, gamer nantinya bisa membangun sebuah arena sendiri untuk dipakai dalam pertandingan.

Sebelumnya, Super Smash Bros telah lebih dahulu diluncurkan untuk platform 3DS pada 3 Oktober 204. Untuk Wii U, game pertarungan brutal ini muncul pada 21 November 2014.


Meski dikembangkan oleh perusahaan sama, namun mode permainan Super Smash Bros versi 3DS sedikit berbeda dengan Wii U.


Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (24/10/2014), melalui video berdurasi 35 menit di bawah ini, perusahaan menjabarkan berbagai perbedaan Super Smash Bros antara versi 3DS dengan Wii U. Beberapa di antaranya adalah penambahan karakter, kualitas grafis lebih tajam, arena lebih luas, dan yang paling spesial adalah mode pertarungan 8 pemain.


Sebanyak delapan pemain bisa bertarung secara bersamaan, namun hanya ketika berada dalam satu arena -- yang mana tidak online-- dan tentu saja hanya di beberapa stage tertentu yang telah disiapkan.



Nintendo mengatakan jika stage yang dipakai sangat luas dan berbeda dengan stage yang ada di 3DS. Bosan bermain di stage yang disediakan, Nintendo mengadirkan fitur dimana gamer juga bisa membuat stage sendiri menggunakan kontrol layar sentuh milik Wii U.


Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, masih banyak fitur baru dan menarik Super Smash Bros yang hanya hadir di platform Nintendo Wii U. Penasaran seperti apa? Simak videonya di bawah ini.


(ash/ash)



readmore »»  

Wow! Ada Robot Transfomers di Dunia Nyata

Jakarta - Robot transformers yang bisa berubah menjadi mobil ternyata tak cuma ada di film. Terinspirasi dari film tersebut, sebuah tim dilaporkan berhasil mengembangkan robot sungguhan yang benar-benar bisa menjadi mobil. Seperti apa?

Adalah Brave Robotics, Asratec, dan Tomy yang merupakan pencipta asli Transfomers yang bekerjasama mewujudkan hal itu. Dimensinya memang belum sebesar seukuran aslinya, tapi tetap saja robot yang diberi nama J-Deite ini terlihat menarik, terutama bagi penyuka Transformers.


Namun menariknya, meski robot J-Deite telah bisa bertransformasi secara sempurna dari bentuk robot ke mobil maupun sebaliknya, pengembangannya ternyata baru masuk tahap pertengahan. Rencana tahap finalnya adalah robot J-Deite yang punya dimensi mendekati robot transformers di film yakni setinggi 5 meter.


Robot J-Deite juga bisa melakukan banyak gerakan seperti menggerakkan tangan, kaki, dan kepala. Adapun sebagai sistem operasinya, tim yang mengembangkannya menggunakan V-Sido yang dikerjakan oleh Asratec.


“Pengembangannya (J-Deite) memang masih jauh dari selesai, tapi saat robot ini selesai kami berharap J-Deite juga akan bisa dikendarai (saat berbentuk mobil),” ujar Kenji Ishida, salah satu pengembangnya dari Brave Robotics, seperti detikINET kutip dari Mashable, Jumat (24/10/2014).


Penasaran seperti apa robot J-Deite? Berikut videonya.


(yud/ash)



readmore »»