Uji Grafis IPad Air 2 vs Kompetitor, Siapa Juaranya?

Jakarta - Peningkatan performa grafis ternyata juga jadi perhatian utama Apple di iPad Air 2. Terbukti dalam sebuah benchmark tablet anyar Apple itu berhasil mengimbangi grafis Nvidia yang terbenam dalam prosesor Tegra K1.

Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi benchmark GFXBench 2.7 T-Rex dan 3.0 Manhattan. Kedua tes dilakukan pada resolusi 1080 pixel dalam kondisi onscreen dan offscreen.


Pada pengujian kondisi offscreen, iPad Air 2 berhasil meraih skor sebesar 72 poin pada pengujian GFXBench 2.7 T-Rex dan 32,7 poin pada pengujian GFXBench 3.0 Manhattan.


Sedangkan grafis berbasis core Keppler yang terbenam di Tegra K1 berada dibelakangnya dengan raihan 65 poin dan 31 poin. Adapun perangkat yang mewakili Tegra K1 adalah Nvidia Shield.



Namun hasil sebaliknya diperoleh iPad Air 2 saat diuji dalam kondisi onscreen. Kali ini Tegra K1 berjaya di kedua tes dengan angka 54,2 poin dan 27,6 poin. Sementara iPad Air 2 harus rela berada di belakangnya dengan torehan senilai 53 poin dan 32,7 poin.


Meski kalah di pengujian onscreen, performa grafis iPad Air 2 boleh dibilang memang tak main-main karena selisih poinnya hanya sedikit. Padahal chip grafis Keppler yang ada diusung prosesor Tegra K1 memiliki 192 core di dalamnya.


Namun Nvidia masih punya senjata lain yakni Tegra K1 versi 64 bit yang dimiliki Nexus 9. Prosesor itu disebut-sebut lebih tinggi lagi performanya, termasuk sisi grafisnya. Jadi mungkin iPad Air 2 bakal sedikit kewalahan bila menghadapinya, meski masih harus dibuktikan.


(rou/rou)