Penyiksaan ala Toughbook, Disiram Lalu Dibanting

Kobe - Sebagai sebuah perangkat yang dibuat untuk kondisi yang tidak umum, Panasonic Toughbook punya reputasi tersendiri. Anti air, tahan goncangan, dan durabilitas tinggi adalah fitur andalan laptop tangguh ini.

Untuk menghasilkan produk yang tidak menjual harapan palsu ada sejumlah tes khusus yang dilalui Toughbook. Atas undangan Panasonic, detikINET dan beberapa media dari Asia Tenggara datang ke pabrik Toughbook di Kobe, Jepang, Rabu (22/10/2014), untuk melihat bagaimana Toughbook 'disiksa'.


Dengan dipandu Taka Sakamoto dari Panasonic, rombongan media melihat Toughbook dimandikan dua kali. Masing-masing untuk mendapatkan sertifikasi IPX4 dan IPX5 .


Ujian pertama, toughbook CF-31 disemprot dengan air bertekanan rendah dari segala arah di sebuah kotak kaca. Hasilnya, meski basah kuyup oleh air yang keluar 1,8 liter per menit itu Toughbook masih tetap menyala serta berfungsi dengan baik dan oleh karena itu lulus sertifikasi IPX4 .


Giliran tes kedua, Toughbook CF-19 disemprot oleh air berkekuatan tinggi dari selang mirip pemadam kebakaran demi mendapatkan sertifikasi IPX5. Hasilnya, Toughbook tetap bisa dipakai walau disemprot air bertekanan tinggi selama 10-15 menit.


"Disemprot 10-15 menit supaya lulus sertifikasi. Tetapi kami menyemprotnya selama 30 menit sebab pelanggan kami sering dalam kondisi serupa," kata Taka.


Next


(ash/ash)