Teknologi Canggih di Balik Panggung Tenis Dunia

Singapura - Teknologi dalam olahraga tenis membuat laga Women's Tennis Association (WTA) kian seru. Teknologi analisa data SAP, sebuah perusahaan perangkat lunak dari Jerman, memang telah mengubah arus informasi sampai ke tangan para atlet, pelatih, serta fans.

Pengaruh SAP dalam memajukan tenis bisa dilihat pada suasana di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Kamis (23/10/2014).


Seusai memasuki gerbang kompleks Singapore Sports Hub, pengunjung disuguhi fasilitas wahana informatif dari layar-layar sentuh yang tersedia.‎


Menengok ke dalam lapangan, tak hanya teknologi kamera hawk eye yang bisa menjadi 'hakim paling adil' guna menentukan posisi bola apakah di dalam atau di luar garis, lebih dari itu, SAP HANA (High Performance Analytical Appliance) memungkinkan para pelatih untuk mendapatkan informasi secara real time.


"Kami percaya bahwa teknologi akan memainkan peran besar dalam memodernisasi olahraga, melayani lebih kepada fans tanpa mengubah sisi integritas dari permainan itu sendiri," kata CEO and Chairman WTA Stacey Allaster dalam keterangannya.



Aplikasi kepelatihan untuk WTA sudah digunakan oleh para pemain dan pelatih. Informasi yang didapat dari t‎eknologi ini bisa digunakan untuk menyusun strategi dan mengevaluasi setelah pertandingan berlangsung, demi pertandingan berikutnya.Next


(dnu/ash)