Seru! Adu Pintar Robot Anak Sekolahan di Yogya

Yogyakarta - Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KRPY) digelar untuk ke-7 kalinya. Kontes yang mempertandingkan robot-robot karya para siswa dari mulai tingkat SD, SMP dan SMU se-DIY dan Jateng ini digelar di Exhibition Hall, Taman Pintar Yogyakarta.

Tahun ini, kontes robot diikuti sebanyak 155 tim (1 tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing). Pesertanya dari sekolah-sekolah di DIY dan Jawa Tengah seperti Magelang, Wonosobo, Sragen dan Cilacap. Kontes digelar mulai Sabtu 25 Oktober hingga Minggu 26 Oktober 2014.


Ketua pantia KRPY 2014, Krismono Adjie menjelaskan, ada 5 kategori yang dilombakan pada kontes kali ini. Kategori A (senior) mempertandingkan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam api dengan kontruksi otomatisasi tanpa mikrokontroler bagi pelajar SMA/SMK sederajat.


Kategori B (Yunior) mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler, bagi perserta pelajar SMP.


Kategori C (Expert), melombakan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam apo yang konstruksinya sudah menggunakan otomatisasi dengan aplikasi mikrokontroler, untuk pelajar SMA/SMK sederajat.


Kategori D (Umum) melombakan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar arena, untuk pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat.


Kategori E (SD) mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler bagi pelajar SD sederajat.Next


(rou/rou)