Indonesia Paling Konsumtif Belanja Smartphone

Jakarta - Indonesia tercatat menjadi negara dengan pertumbuhan penjualan smartphone dan phablet terbesar dibandingkan negara-negara Asia tenggara lainnya.

Dalam catatan GFK, secara volume unit yang terjual di Indonesia dalam 12 bulan terakhir tumbuh 70%. Lebih tinggi dibandingkan Vietnam yang mencapai 56% dan Thailand 44%.


Sedangkan dari sisi valuasi, seperti dipaparkan lembaga riset itu dalam keterangannya, Kamis (23/10/2014), Indonesia mengalami pertumbuhan 32%. Masih lebih tinggi dibandingkan Thailand 31%, namun di bawah Vietnam yang mencapai 52%.


Secara total, penjualan smartphone dan phablet dalam setahun terakhir di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja mencapai 120 juta unit dengan valuasi USD 16,4 miliar.


Angka ini juga merefleksikan kenaikan secara total sekitar 44% dari sisi volume penjualan, dan 24% dalam hal valuasi nilai dibandingkan periode yang sama tahun 2013 lalu.


Menurut Account Director for Digital World di GfK Asia, Gerard Tan, pertumbuhan penjualan di sejumlah negara berkembang lebih banyak dipicu oleh migrasinya pengguna feature phone ke smartphone.


"Contohnya, di Indonesia, Vietnam, dan Thailand yang menunjukkan pertumbuhan rata-rata 30% di pendapatan, sedangkan unit yang dijual tumbuhnya lebih tinggi lagi," ujarnya.Next


(rou/tyo)