Secercah Harapan untuk Game Indonesia

Essen - Di antara rombongan besar yang baru saja turun dari kereta tampak satu keluarga: ayah, ibu, dan dua orang anak berlari kecil sambil tertawa.

Di sisi lain tampak kakek, nenek, dan seorang anak saling bergandengan tangan. Mereka bagian kecil dari ribuan orang lainnya yang pagi itu akan menikmati Spiel'14 Essen, sebuah ajang pameran board game terbesar di dunia.


Essen merupakan kota ke-9 terbesar di Jerman dengan populasi sekitar 600 ribu jiwa. Essen juga dikenal sebagai salah satu kota industri di Jerman. Setiap bulan Oktober, selama empat hari penuh kota Essen menjadi tuan rumah bagi para penikmat board game dari seluruh dunia. Sejak 16 Oktober hingga 19 Oktober ini, 48.000 m2 area di Messe (exhibition center) Essen telah menjadi sebuah arena bermain raksasa.


Di lima area utama setiap pengunjung bisa mencoba sekaligus membeli berbagai judul board game terbaru dari seluruh dunia.


Para publisher besar rata-rata menyediakan setidaknya 100 m2 untuk menjadi area bermain. Dilengkapi dengan meja kursi dan berbagai dekorasi untuk mendukung hadirnya pengalaman bermain terbaik.



Terlepas dari semua hal tersebut satu hal yang mungkin paling berbeda dari berbagai event lainnya adalah suasana bermain bersama yang begitu kental terasa. Tua, muda, ayah, ibu, remaja, anak-anak, semua berbaur dan menikmati game, sebagai sebuah media untuk berinteraksi satu dengan yang lain dengan gembira.Next


(ash/ash)