Blog Anak Presiden Bisa Jadi Pelecut Kembali Ngeblog

Jakarta - Kendati jauh dari tulisan politik dan bergaya ceplas-ceplos, Kaesang Pangarep bisa menginspirasi anak muda untuk menulis blog. Apalagi saat ini, blog sudah banyak ditinggalkan sejak kedatangan layanan mikroblogging.

"Kebetulan hari Senin, 27 Oktober Hari Blogger Indonesia, dunia blog sudah cukup lama progressnya dan sudah lama tidak menulis, dan (blog Kaesang) ini menarik. Mungkin bisa jadi menarik orang untuk ngeblog lagi," kata pengamat media sosial Enda Nasution, kepada detikINET, Jumat (24/10/2014).


Walau tak serta merta menjadikan orang untuk kembali aktif menulis di blog. Kehadiran blog Kaesang membawa angin segar tentang pandangan bahwa keluarga presiden tak selamanya kaku dan menjaga image.


"Kaesang itu lahir ketika internet sudah ada, dan internet ya sudah menjadi kesehariannya saja. Ini sesuatu yang baru ya, walaupun saya tidak tahu apakah Ibas (Ibas Baskoro, anak SBY) juga ngeblog atau tidak. Intinya saya pribadi, ingin gaya menulisnya Kaesang ya seperti ini," katanya lagi.


Memang atas nama keamanan dan protokoler, mungkin akan ada perbedaan dengan tulisan di misterkacang.blogspot.com sebelum menjadi anak presiden dan sesudahnya. Tapi Enda berharap lantas tak mengubah kesederhanaan Kaesan.


"Etika lambat laun ada, entah dari protokoler ataupun dari pembacanya sendiri. Tapi saya inginnya, ya Kaesang apa adanya saja. Tetap sederhana dan ceplas ceplos," tandas Bapak Blogger Indonesia.


(tyo/ash)