Rudiantara Calon Kuat, Gatot Kuda Hitam

Jakarta - Nama-nama yang akan menjadi calon Menkominfo berikutnya semakin santer terdengar. Dari yang tadinya mengerucut di tiga nama, sekarang hanya menyisakan dua kandidat dimana Rudiantara menjadi calon yang terkuat.

Menurut informasi yang diterima detikINET, Jumat (24/10/2014), Rudiantara ada di posisi teratas setelah nama Direktur Utama Lembaga Penyiarapan Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) -- Rosarita Niken Widiastuti -- tak lagi masuk dalam bursa calon terbaru Menkominfo.


Sementara calon lainnya, Gatot S Dewa Broto, kabarnya ada di posisi kedua dan menjadi kuda hitam dalam bursa pencalonan menteri urusan ICT pilihan Jokowi-JK ini.


Pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 yang akrab disapa dengan inisial RA ini, kabarnya telah masuk dalam daftar calon yang dimintai klarifikasi rekam jejaknya di KPK dan PPATK.


RA yang kabarnya telah lolos dari daftar screening di kedua lembaga itu, katanya lebih diprioritaskan untuk mengisi posisi Menkominfo ketimbang Menteri BUMN.


Alasannya tentu saja karena Rudiantara lebih kental menguasai bidang ICT khususnya di industri telekomunikasi setelah lama malang melintang berkarir di Indosat, Telkomsel, XL Axiata, dan Telkom.


Saat dikonfirmasi, Rudiantara sendiri masih tak mau banyak bicara mengomentari kabar ini sampai benar-benar resmi diumumkan sebagai bagian dari kabinet Trisakti pilihan Jokowi-JK.


(rou/ash)