Panasonic Buat Kota Pintar di Jepang

Tokyo - Tidak cuma mengembangkan teknologi yang 'membuat hidup lebih baik' saja, Panasonic berusaha mengaplikasikannya dalam situasi sebenarnya. Lewat kota pintar bernama Fujisawa Sustainable Smart Town (FSST), Panasonic mengaplikasikan teknologi masa depan yang ramah lingkungan dan terintegrasi.

"Luasnya 19 hektar di Perfektur Kanagawa. April lalu sudah ada yang mulai pindah. Diperkirakan proyek ini selesai tahun 2018," tutur guide rombongan media dari Asia Tenggara, Yukiko Adachi, di Panasonic Center, Tokyo.


Hal menonjol dari kota pintar ini adalah kemampuannya bertahan ketika bencana terjadi. Seperti yang kita tahu, Jepang adalah langganan gempa yang bisa membuat aliran listrik dari pembangkit terputus.


"Kami menggunakan panas matahari sebagai energi terbarukan. Setiap energi yang ditangkap oleh solar panel akan disimpan dalam baterai dan akan dipakai bila kondisi darurat terjadi," jelas Adachi.


Sistem terkomputerisasi akan mengintegrasikan alokasi energi ini ke rumah penduduk, rumah sakit, sekolah, dan tempat vital lainnya. Semuanya bisa terpantau dengan baik , jumlah energi yang masuk, energi keluar, maupun energi yang dihemat.


Jalan-jalan dibuat senyaman mungkin sehingga penduduknya lebih memilih berjalan kaki atau naik sepeda. Mobil-mobil juga menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.


"Target kita menurangi pencemaran CO2 sampai 70%," kata AdachiNext


(hkm/tyo)