HP Bikin 'Spesies' Komputer Baru?

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) dikenal sebagai produsen komputer dan printer. Perusahaan asal Amerika Serikat ini sepertinya ingin mempertahankan reputasinya untuk urusan komputer dengan menciptakan perangkat baru.

Desas-desus ini pertama kali dilansir situs Re/code. Dalam laporannya, mengutip sumber internal HP yang tidak disebutkan namanya, HP kabarnya akan membuat 'spesies' perangkat baru.


Perangkat ini nantinya akan menggabungkan semua produk menjadi satu. Tanggal 29 Oktober disebut-sebut bakal menjadi hari kemunculan produk dengan nama kode 'Sprout'.


Laporan yang dikutip dari Ubergizmo, Kamis (23/10/2014), Sprout bakal berwujud komputer berbasis Windows yang punya scanner atau pemindai 3D dan proyektor built in di dalamnya.


Fitur yang disebut terakhir mungkin tidak terdengar baru, mengingat kini sudah mulai banyak smartphone bahkan tablet yang dibenamkan fungsi built in proyektor.


Nah, mungkin HP sebagai produsen komputer berpikir, mengapa tidak membenamkannya di komputer juga? Kalau soal 3D scanner, sepertinya memang terdengar menarik.


"Ini adalah perangkat overhead yang memproyeksikan gambar ke arah bawah. Pengguna bisa mengoperasikannya dengan tangan atau stylus. Mereka bisa mengubah ukuran gambar, memindahkan elemen sekitar dan mengubah warna. Mereka juga dapat dengan mudah menambahkan elemen baru pada gambar dengan memindai objek atau gambar lainnya secara langsung pada permukaan," demikian Re/code menggambarkan fitur 3D scanner ini.


Seperti diketahui, HP baru-baru ini mengumumkan akan memecah perusahaannya menjadi dua. Sprout sepertinya adalah ambisi HP membuat gebrakan yang tidak bisa diharapkan muncul dari HP 'lama'.


(rns/tyo)