Siasat Multimedia, Memotret Sambil Video Sekaligus!

Jakarta - Saat fasilitas kamera Anda mempunyai pilihan memotret dan merekam gambar gerak (video), manakah yang akan didahulukan saat menjumpai momen?

Kalau memotret, sayang tidak divideokan. Sebaliknya, kalau divideokan maka fotonya akan berlalu. Kalaupun meng-capture dari video, hasilnya tidak bisa maksimal.


Menyiasati kegalauan itu coba saja dengan mempraktikan trik lama. Yakni menaruh camcorder ukuran mini di hot shoe kamera. Lalu video di-roll begitu saja sementara Anda masih bebas memotret tanpa takut kehilangan momen.


Bahkan, hasilnya lebih memukau dari yang diperkirakan. Yakni dengan editing seperlunya di komputer, justru menghasilkan multimedia yang menarik. Video dan foto diolah menjadi klip pendek 20 detik seperti iklan-iklan. Fantastik!


Pertama, siapkan camcorder ukuran mini. Di pasaran, berbagai produsen menyediakan ukuran yang lebih kecil dari kamera CCTV. Namun kualitasnya sudah Full HD. Beberapa merek sudah menyediakan fasilitas time lapse segala.


Kedua, siapkan sebuah hot shoe adapter. Alat ini semacam penghubung camcorder menuju hot shoe built in flash di kamera. Harganya relatif murah mulai dari Rp 150 riu dengan berbagai variasi bentuk.


Ketiga, menghubungkan camcorder dengan hot shoe di kamera foto. Pastikan ulir hot shoe adapter mencengkeram kuat ke tatakan flash kamera supaya tidak jatuh saat kesenggol-senggol.Next


(Ari/ash)