Cerita Jadi Karyawan Google yang Bikin Iri

Jakarta - Beberapa kali Google dinobatkan sebagai tempat kerja terbaik di Amerika Serikat. Bukan tanpa alasan memang, raksasa internet ini dikenal memanjakan para karyawan, sebuah faktor yang menunjang kesuksesannya.

Seperti apa proses penerimaan karyawan di Google dan apa saja fasilitas yang bisa mereka nikmati? Simak pemaparan menarik berikut ini yang disarikan dari Kissmetrics.


Menerima Jutaan Lamaran


Setiap tahun, Google menerima lebih dari 2,5 juta pelamar. Atau kira-kira 6.849 lamaran masuk setiap hari. Berarti pula, Google perlu meneliti satu lamaran tiap menitnya. Sebuah bukti betapa banyak orang yang bermimpi jadi karyawan Google.


Persaingannya memang sangat ketat. "Tiap tahunnya, hanya sekitar satu persen dari seluruh pelamar yang diterima. Jadi banyak orang yang sangat sukses di pekerjaannya sekarang atau mereka yang sangat berbakat pun belum bisa diterima di Google," kata Don Dodge, karyawan Google yang menangani SDM.


Pertanyaan untuk calon karyawan yang akan diseleksi terkadang nyeleneh. Misalnya saja, berapa banyak bola golf yang muat dalam sebuah bus sekolah?


Kemudian ada pertanyaan seperti ini, ada delapan buah bola. Tujuh di antaranya punya berat sama, hanya satu yang berbeda. Menggunakan timbangan, bagaimana cara Anda menemukan bola yang lebih berat itu dalam dua kali kesempatan menimbang?Next


(fyk/ash)