4 'Amunisi' Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran

Jakarta - Mudik Lebaran tahun 2014 memang masih lebih dari sebulan lagi, namun Telkomsel sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk menghadapi ritual tahunan tersebut.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan, pihaknya melakukan 4 hal untuk meningkatkan kualitas jaringan guna dapat memberikan layanan terbaik untuk Lebaran, yakni penambahan BTS, moderenisasi jaringan, upgrade dan enginering BTS.


"Tahun ini kita total akan menambah 14 ribu BTS baru. Sebanyak 8.500 BTS akan selesai akhir Mei nanti, dan akhir Juni nanti akan rampung 10.500 BTS," kata Asa, panggilannya, di sela-sela test drive jaringan Jakarta-Surabaya, Senin (9/6/2014).


Dia juga menambahkan bahwa 75% dari BTS baru tersebut merupakan BTS Node B alias 3G. Dengan komposisi sebagian besar untuk pembangunan untuk di daerah Pulau Jawa.


"Sementara untuk moderinisasi sudah dilakukan sebanyak 5.500 BTS dan kebanyakan sudah dilakukan di daerah luar pulau Jawa," tegasnya.


Telkomsel juga melakukan upgrade di sejumlah BTS dan tak lupa melakukan enginering 25 ribu BTS agar kualitas saat mengalami lonjakan bisa di-cover dengan baik.


Menyoal lonjakan saat mudik, Asa memprediksi yang lebih tinggi dari tahun lalu adalah trafik data. Dimana akan mengalami lonjakan hingga 170%.


Untuk menghadapi itu, Telkomsel juga akan melakukan antisipasi dengan ketersediaan Visitor Location Register (VLR) yakni kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.


(rou/ash)