Dibanding Negara Lain, BlackBerry Masih Juara di Indonesia




Suasana Acara Launching BlackBerry Z10 Telkomsel


Jakarta - Popularitas BlackBerry di sejumlah negara memang kerap dilaporkan meredup. Namun berbeda di Indonesia, ponsel pintar yang identik dengan BlackBerry Messenger (BBM) ini justru dianggap masih juara!

Hal itu coba ditegaskan oleh sejumlah petinggi Telkomsel dan BlackBerry saat meluncurkan BlackBerry Z10 di Jakarta Rabu (13/3/2013) malam di Senayan City, Jakarta.


Menurut Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston, pelanggan BlackBerry di Indonesia jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan negara lainnya di dunia.

"Pangsa pasar Telkomsel untuk pelanggan BlackBerry mencapai lebih dari 50%, sehingga kami yakin penjualan bundling BlackBerry Z10 dengan Telkomsel akan menuai sukses dan mendorong pertumbuhan pasar layanan berbasis data dan digital di Indonesia," lanjutnya.


Sementara menurut Ririn Widariani, Head of Strategic Marketing Group Telkomsel, kondisi pasar BlackBerry di Tanah Air bertolak belakang dengan banyak negara lain di dunia.


"Jika sebelum peluncuran BlackBerry 10 kemarin, pasar BlackBerry di negara lain turun. Tapi di Indonesia justru tetap tumbuh. Termasuk di jaringan Telkomsel sendiri," ujarnya.


Alhasil, operator terbesar di Indonesia yang telah memiliki pelanggan lebih dari 125 juta ini makin percaya diri untuk menjajakan Z10, yang merupakan handset pertama yang mengusung OS BlackBerry 10.


Sebab diyakini popularitas BlackBerry masih tinggi di sini, meski terus digempur deretan ponsel Android dan iPhone.


Telkomsel sendiri saat ini memiliki sekitar 5,8 juta pelanggan BlackBerry yang merupakan bagian dari 54,6 juta pelanggan data Telkomsel.


Ditambahkan Arief Pradetya, Division Head Device Bundling & Customization Telkomsel, proporsi pengguna BlackBerry di jajaran pengguna smartphone Telkomsel saat ini sudah lebih dari 30%. Bahkan kalau Symbian dikeluarkan, proporsi pengguna BlackBerry itu mencapai 50%.


"Jadi di akhir tahun kita optimistis dapat menambah jumlah pelanggan double digit, sekitar growth 30%-40&," tandasnya.


Telkomsel membanderol BlackBerry Z10 dengan harga Rp 6,5 juta. Jika dikalikan dengan sekitar dua ribu pemesan yang sudah membayar, maka mereka sedikitnya sudah meraih angka penjualan Rp 13 miliar.


Sebagai kelanjutan dari proses pre order, Telkomsel sudah mengundang 500 pemesan untuk mendapat kesempatan pertama memiliki Blackberry Z10 di event launching 'The Greatest Sensation Party' di The Hall Senayan City Rabu (13/3/2013) malam, termasuk salah satunya Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.


Terdapat 4 paket BlackBerry Z10 yang ditawarkan Telkomsel, yaitu paket kartuHalo 1 khusus pelanggan kartuHalo dengan nomor eksisting, Paket kartuHalo 2 dan kartuHalo 3 merupakan bundling paket data dengan komitmen pemakaian 12 bulan, serta Paket bundling Simpati gratis data 1,2 GB perbulan selama 3 bulan.


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!