Rumah Belajar, Ketika 'Awan' Jadi Tempat Belajar




Screenshot Rumah Belajar


Jakarta - Merespons kian populernya penggunaan konsep e-learning, Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) pun mengembangkan layanan e-learning khusus yang diintegrasikan dalam 'Rumah Belajar'.

"Rumah Belajar adalah website e-learning yang kontennya terintegrasi terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan simulasi. Bisa diakses secara terbuka bagi siapa saja," kata Kepala Pustekkom Ari Santoso, di Pustekkom, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (13/3/2013).


Dikatakannya, portal ini bisa digunakan para guru seluruh Indonesia mengakses informasi berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Misalnya pengembangan konten untuk belajar siswa atau untuk pengembangan profesional mereka.


Bagi siswa, mereka juga bisa mengakses bahan pelajaran berupa bank soal dan aktivitas belajar mengasyikkan. Salah satu yang terbaru adalah tersedianya Wahana Jelajah Angkasa yang merupakan salah satu buah kerjasama Pustekkom dengan Microsoft Indonesia.


Penyediaan sarana Wahana Jelajah Angkasa yang menggunakan software Microsoft ini merupakan salah satu wujud komitmen Microsoft dalam peran serta di bidang pendidikan.


Rumah Belajar sendiri adalah solusi cloud tertutup pertama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dibangun dengan platform Microsoft. Fasilitas ini memungkinkan pengguna melakukan kegiatan belajar melalui teknologi real-time video conference, percakapan, forum dan lain-lain.


Rumah Belajar juga dilengkapi fasilitas email gratis untuk guru dan siswa dengan domain @guruku.my.id dan @siswa.my.id.


Untuk bisa menggunakannya dengan optimal, pengguna tinggal melakukan registrasi di website yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id, gratis.


Setelah registrasi, pengguna bisa mengupload dan mendownload konten dan melakukan banyak aktivitas belajar. Jika tidak registrasi, pengguna hanya bisa melihat konten.


Baik Ari maupun Andreas berharap, ke depannya Rumah Belajar bisa menjadi sarana proses pembelajaran bagi para pendidik maupun siswa.


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!