Bapak Android Andy Rubin Hengkang




Andy Rubin (AppleInsider)


California - Andy Rubin, sang 'arsitek' di balik sistem operasi (OS) Android memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Kabar ini tentunya mengejutkan mengingat Andy sebagai bapak Android sangat lekat dengan OS robot hijau.

Sebagai penggantinya, Google menunjuk Sundar Pichai. Dia sebelumnya adalah eksekutif yang mengawasi browser Chrome dan aplikasi seperti Google Drive dan Gmail.


Chief Executive Google Larry Page dalam postingan blognya memuji Andy karena telah 'mengasuh' Android dan membuatnya menjadi platform gratis dan terbuka. Kian luasnya penggunaan Android saat ini diakui Page tak lepas dari kontribusi Andy.


"Setelah melampaui semua tujuan bahkan mimpi ambisius tentang Android, Andy memutuskan sudah waktunya menyerahkan kendali dan memulai bab baru di Google. Kami menantikan gebrakan selanjutnya dari Andy," kata Larry seperti dilansir Reuters, Kamis (14/3/2013).


Sejumlah analis berspekulasi, Andy yang dikenal sangat tangkas mengembangkan produk, selanjutnya akan dipercaya memegang cikal bakal proyek-proyek penting seperti kacamata Google atau mobil autonomous Glass.


"Jika dia memang memiliki sentuhan ajaib, dia akan bisa menciptakan al hebat lainnya di Google," kata Colin Gillis, analis BGC Partners.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!