Siapa Mau Beli? AMD Jual Markas Rp 1,5 Triliun




Ilustrasi (venturebeat)


Jakarta - Kondisi AMD yang sedang membutuhkan suntikan dana besar dilaporkan telah memaksa produsen prosesor dan kartu grafis tersebut untuk menjual salah satu markasnya yang berlokasi di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Adalah perusahaan bernama Spear Street Capital yang diketahui telah siap mengambil alih kantor AMD tersebut dengan menggelontorkan dana sebesar USD 164 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.


"Kami sedang merestrukturisasi AMD untuk mencapai kesuksesan jangka panjang melalui sejumlah langkah yang dirancang untuk mengoptimalkan bisnis kami, dan salah satu caranya adalah dengan menguangkan aset kami," ucap Devinder Kumar, Chief Financial Officer AMD.


"Penjualan 'kampus' Austin, Texas akan memberikan kami sejumlah besar modal," tambahnya.


Selain untuk menopang kebutuhan dana markas besar di Sunnyvale, alasan lain AMD menjual markas Austin, Texas diduga kuat adalah demi menutupi kerugian tahun 2012 lalu yang mencapai USD 1,18 miliar atau sekitar Rp 11,4 triliun.


Namun lebih lanjut dikabarkan, pihak AMD mengatakan tahun ini mereka yakin akan mampu membalikkan keadaan berkat kesepakatan yang telah mereka capai untuk menjadi pemasok tunggal prosesor SoC bagi Sony.


Dimana prosesor SoC garapan AMD tersebut dikabarkan akan disematkan pada konsol game generasi terbaru Sony PlayStation 4. Demikian seperti dikutip detikINET dari Venture Beat, Rabu (13/3/2013).


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!