Indosat Mau Pemenang 4G Ditentukan Lewat 'Adu Kecantikan'




Ilustrasi (isat)


Jakarta - Regulasi untuk jaringan layanan 4G baru akan digodok Kementerian Kominfo paling cepat di akhir 2013 nanti. Namun Indosat sudah tak sabar ingin cepat-cepat bersaing dengan para operator kompetitornya untuk memperebutkan lisensi frekuensi.

"Saya harapkan alokasi frekuensi tambahan 4G bisa dilakukan oleh pemerintah secepatnya melalui beauty contest kepada para operator, seperti yang dilakukan saat ini soal tambahan frekuensi 3G," kata Erik Meijer, Director & Chief Marketing Indosat, kepada detikINET, Rabu (13/3/2013).


Erik menjelaskan, skema beauty contest merupakan yang paling tepat untuk memperebutkan pemenang 4G. Pasalnya, "ini berdasarkan pelanggan yang sudah ada, dan ini merupakan layanan tambahan dari layanan seluler yang sudah mereka miliki."


Rencana pemerintah yang akan segera menggodok regulasi 4G pun mendapat sambutan positif dari Indosat yang berharap akses jaringan generasi keempat ini mampu memenuhi permintaan akses data yang terus melonjak.


"Menurut saya ini merupakan evolusi teknologi yang baik, sesuai perubahan pola perilaku dan konsumsi konsumen. Penggunaan data oleh pelanggan broadband terus meningkat. Dari dulu hanya terbatas email, chatting, dan browsing, sekarang sudah ke arah video dan cloud-based services," papar Erik.


"Makanya, kuota dan terutama kecepatan dan kualitas data trafik, harus meningkat terus. Teknologi 4G memberi kesempatan bagi operator selular untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut," pungkas suami dari aktris Maudy Koesnaedi ini.


Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri telah menargetkan sudah bisa memulai pembahasan tentang regulasi 4G paling cepat di penghujung tahun 2013 ini usai mendapatkan pemenang tambahan seleksi 3G yang dilalui lewat skema beauty contest.


"Pak Tif (Menkominfo Tifatul Sembiring) pernah bilang paling cepat akhir tahun ini, karena 3G kan baru saja selesai. Jadi satu-satu dulu," ungkap Kepala Pusat Informasi dan Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, secara terpisah.


( rou / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!